Home / FINANCE

Minggu, 3 Desember 2023 - 13:59 WIB

Apa Makna dari Keberagaman Ekonomi? Berikut Penjelasannya

- Penulis

Apa Makna dari Keberagaman Ekonomi? Berikut Penjelasannya

Apa Makna dari Keberagaman Ekonomi? Berikut Penjelasannya

Moccaapedia – Indonesia tidak hanya terkenal dengan negara keberagaman budaya, tetapi juga keberagaman ekonomi. Lantas apa makna dari keberagaman ekonomi yang harus diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia?

Sebenarnya negara lain juga memiliki keberagaman ekonomi yang berbeda-beda dan menjadi ciri khas dari negara tersebut. Begitu pula di Indonesia, terdapat keberagaman ekonomi yang menggambarkan bagaimana kondisi negara ini.

 

Baca Juga :   5 Jenis Tabungan BCA, Bisa Untuk Mahasiswa

 

Apa Makna dari Keberagaman Ekonomi

Apa Makna dari Keberagaman Ekonomi? Berikut Penjelasannya
Apa Makna dari Keberagaman Ekonomi? Berikut Penjelasannya

 

Keberagaman ekonomi adalah kondisi masyarakat di negara tertentu yang memiliki perbedaan dari segi perekonomian. Hal ini digambarkan tentang pendapatan yang pekerja dapatkan selama kurun waktu tertentu.

Ada juga yang menjelaskan bahwa keberagaman ekonomi adalah semua kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup. Suatu wilayah dengan tingkatan ekonomi tertentu sangat mudah Anda ketahui dari letak geografisnya.

Selain itu, Anda juga bisa tahu bagaimana kondisi masyarakat tersebut dengan melihat kondisi tempat tinggal mereka. Contohnya adalah warga yang tinggal daerah pesisir pantai pasti memiliki kondisi ekonomi berbeda dengan warga yang tinggal di perkotaan.

 

Jenis-jenis Keberagaman Ekonomi

Setelah mengetahui apa makna dari keberagaman ekonomi berikutnya adalah jenis-jenis keberagaman ekonomi yang ada di Indonesia apa saja?

 

  1. Perkebunan

Perkebunan adalah kegiatan berupa usaha untuk menanam lahan dengan tumbuhan keras. Contoh tumbuhan keras adalah tebu, kelapa sawit, karet, dan sebagainya. Perkebunan terbagi menjadi dua jenis sebagai berikut.

  • Perkebunan Besar

Pengelola perkebunan besar adalah pemerintah dan biasa menanam kelapa, kelapa sawit, karet, tebu, dan sebagainya. Nanti, hasil perkebunan ini akan pemerintah gunakan untuk menjualnya keluar negeri sehingga devisa negara meningkat.

  • Perkebunan Rakyat

Berikutnya adalah perkebunan rakyat yang langsung dikelola oleh rakyat itu sendiri dan keuntungannya milik rakyat pribadi.

 

  1. Perikanan

Selain perkebunan ada lagi yaitu perikanan dan terbagi menjadi dua yaitu perikanan laut dan perikanan darat, berikut penjelasannya.

  • Perikanan Laut

Perikanan laut adalah usaha untuk menangkap ikan di laut atau pantai serta kegiatan budidaya ikan laut bisa dilakukan di tambak.

  • Perikanan Darat

Sedangkan perikanan darat adalah aktivitas memelihara dan menangkap ikan di wilayah daratan.

 

  1. Kehutanan

Berdasarkan pengertian apa makna dari keberagaman ekonomi di atas bahwa keberagaman ekonomi menandakan taraf ekonomi tiap orang berbeda-beda. Hal ini bisa terlihat dari mata pencahariannya.

Ada yang bekerja di bidang kehutanan untuk mendapatkan produk hutan yang bermanfaat seperti kayu, damar, rotan, dan kemenyan. Kemudian produk hutan tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat produk sehari-hari, namun tetap jaga keseimbangan alam dengan tidak menebang sembarangan.

 

  1. Perdagangan

Perdagangan adalah aktivitas ekonomi berupa kegiatan menyalurkan jasa atau barang dari produsen ke konsumen. Adapun aktivitas perdagangan antar negara disebut dengan kegiatan impor dan ekspor.

Impor adalah kegiatan membeli barang dari luar negeri sedangkan ekspor adalah kegiatan menjual barang dari luar negeri.

 

Baca Juga :   Rekomendasi Jasa Convert Paypal Terpercaya, Jangan Sampai Tertipu!

 

  1. Perindustrian

Ada lagi yaitu perindustrian adalah usaha untuk mengubah bahan baku mentah menjadi bahan yang bisa Anda gunakan. Contohnya adalah proses pengolahan ikan menjadi makanan kaleng atau proses pengolahan karet menjadi ban.

 

  1. Pertambangan

Lalu apa makna dari keberagaman ekonomi pertambangan? Pertambangan adalah kegiatan untuk memanfaatkan mineral dengan alasan kesejahteraan manusia. Mineral tersebut terletak di bagian perut bumi sehingga harus mengambilnya dengan alat tertentu.

 

  1. Peternakan

Peternakan adalah aktivitas untuk memelihara binatang dan dimanfaatkan menjadi usaha seperti kambing, kelinci, ayam, sapi, dan sebagainya.

 

  1. Pertanian

Terakhir adalah pertanian yaitu aktivitas untuk memanfaatkan hasil pertanian untuk memenuhi kebutuhan seperti cengkeh, karet, kelapa sawit, jagung, padi, dan sebagainya.

 

Sekarang Anda sudah tahu bukan apa makna dari keberagaman ekonomi? Keberagaman ekonomi menandakan segala aktivitas yang dilakukan manusia untuk bertahan hidup.

 

Baca Juga :   8 Ide Bisnis Fashion yang Hasilin Banyak Cuan

Share :

Baca Juga

Kelemahan Bisnis Frozen Food

FINANCE

Cari Tahu Kelemahan Bisnis Frozen Food Sebelum Terjun Bisnis Ini
5 Jenis Tabungan BCA, Bisa Buat Mahasiswa

FINANCE

5 Jenis Tabungan BCA, Bisa Untuk Mahasiswa
Cara Mencairkan Gopay Paylater

FINANCE

Cara Mencairkan Gopay Paylater Mudah dan 100% Berhasil
5 Tips Beli IPO Saham Agar Tidak Rugi, Siapa Pemiliknya?

FINANCE

5 Tips Beli IPO Saham Agar Tidak Rugi, Siapa Pemiliknya?
Kelemahan Usaha Bubble Drink dan Cara Mengatasinya

FINANCE

Kelemahan Usaha Bubble Drink dan Cara Mengatasinya
Jasa Convert Paypal Terpercaya

FINANCE

Rekomendasi Jasa Convert Paypal Terpercaya, Jangan Sampai Tertipu!
Pinjaman Online Bank BCA

FINANCE

Cara Mengajukan Pinjaman Online Bank BCA dan Syaratnya
Asuransi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Pengusaha

FINANCE

Asuransi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Pengusaha