Home / FINANCE

Senin, 13 November 2023 - 22:41 WIB

Kenapa Gaji Cepat Habis? Ini Jawabannya

- Penulis

Kenapa Gaji Cepat Habis? Ini Jawabannya

Kenapa Gaji Cepat Habis? Ini Jawabannya

Moccaapedia – Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pekerja adalah kenapa gaji cepat habis? Padahal Anda sudah berusaha untuk hidup hemat dengan mengurangi pengeluaran yang kurang penting. Namun tetap saja gaji seperti numpang lewat.

Tidak sampai situ saja, bahkan seringkali ada pekerja yang tidak bisa menabung atau sekedar menyimpan uang di rekening. Seperti merasa bahwa seolah-olah kebutuhan tidak ada habisnya dan uang lenyap begitu saja.

 

Baca Juga :   Investasi Emas Aman, Apakah Benar?

 

Kenapa Gaji Cepat Habis?

Kenapa Gaji Cepat Habis? Ini Jawabannya
Kenapa Gaji Cepat Habis? Ini Jawabannya

 

Alasan mengapa gaji jadi cepat habis bisa karena beberapa hal yang tidak disadari orang. Oleh karena itu, agar Anda bisa menyimpan uang sebaiknya cari tahu dulu apa yang menjadi alasan mengapa tidak ada pemasukan tersisa.

 

  1. Memiliki Cicilan yang Berlebih

Kemungkinan pertama mengapa gaji bisa cepat habis adalah karena Anda memiliki cicilan yang besar dan berlebihan. Saat Anda memiliki cicilan berlebihan namun tidak bisa menyesuaikannya dengan pendapatan maka akan kesulitan menabung.

Tidak hanya itu, cicilan yang menggunung juga akan membuatAnda terlilit banyak utang sehingga lebih sering mengeluarkan uang daripada menyimpan uang. Hal ini jika tidak segera diatasi maka bisa memperburuk kondisi keuangan di masa depan.

 

  1. Hobi yang Mahal

Tidak ada salahnya setiap manusia memiliki hal yang ia suka atau hobi, namun Anda juga perlu mengevaluasi diri dan memikirkan nasib keuangan. Hobi mahal hanya memuaskan ego pribadi saja dan menguras terus menerus keuangan Anda.

Beberapa contoh hobi mahal yang sebenarnya bisa ditahan adalah selalu memberi barang-barang branded atau senang menghabiskan waktu di luar bersama teman-teman. Bahkan jika Anda adalah tipe orang yang suka lapar mata ketika ada ponsel baru rilis, juga bisa disebut sebagai hobi mahal.

Sebaiknya Anda mengatur prioritas keinginan dan kebutuhan diri dengan lebih bijak lagi. Anda bisa menahan diri untuk tidak membeli barang-barang baru dan memilih menggunakan barang yang masih bisa digunakan seperti tas, ponsel, sepatu, baju, dan sebagainya.

 

  1. Pengelolaan Keuangan yang Buruk

Alasan kenapa gaji cepat habis bisa juga karena tidak pandai dalam mengatur keuangan. Contoh kalau Anda masih tidak bisa mengelola keuangan adalah menuruti kemauan diri dengan belanja terus menerus bahkan membeli barang-barang yang diinginkan bukan dibutuhkan.

Selain itu, kebiasaan gengsi membeli barang-barang lebih murah juga bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki pengelolaan keuangan buruk. Suka makan di luar daripada masak sendiri juga menjadi penyebab mengapa gaji Anda hanya numpang lewat.

 

Baca Juga :   Cara Melaporkan Pinjaman Ilegal yang Sudah Terlanjur Pinjam

 

  1. Baru Pertama Kali Memegang Banyak Uang

Alasan lain kenapa gaji cepat habis adalah karena baru pertama kali merasakan rasanya memegang banyak uang. Hal ini seringkali dialami oleh orang yang baru mendapatkan kerja dan merasakan namanya momen gajian pertama.

Sebenarnya bisa memegang uang sendiri adalah momen yang bisa membuat bangga karena akhirnya bisa mendapatkan uang dari hasil kerja keras. Hanya saja, perasaan itu membuat sebagian orang menghaburkan uang untuk hal-hal yang kurang penting bahkan berlanjut hingga mendapat gaji berikutnya.

Sebaiknya Anda menyisihkan sedikit gaji tadi untuk ditabung dan membuat anggaran pengeluaran sehari-hari. Anda juga perlu menahan diri agar tidak hidup boros karena hanya akan membuat uang cepat habis.

 

  1. Mudah Terpengaruh Tren

Terakhir adalah karena orang tersebut mudah terpengaruh dengan tren atau orang-orang sekarang menyebutnya adalah FOMO. Apa yang sedang menjadi tren membuat Anda tertarik untuk membelinya agar tidak ketinggalan zaman.

 

Kelima alasan kenapa gaji cepat habis di atas bisa Anda jadikan sebagai bahan evaluasi diri kalau ingin memiliki tabungan jangka panjang.

Baca Juga :   5 Perusahaan Asuransi Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

Share :

Baca Juga

Cara Mendaftar Jadi Reseller Lazada

FINANCE

Cara Mendaftar Jadi Reseller Lazada, Ternyata Gampang Banget
Potensi Shiba Inu Meme Coin dan Analisisnya di Tahun 2023

FINANCE

Potensi Shiba Inu Meme Coin dan Analisisnya di Tahun 2023
Super Mudah dan Cepat Cara Cek Bantuan UMKM

FINANCE

Super Mudah dan Cepat Cara Cek Bantuan UMKM
Apa Makna dari Keberagaman Ekonomi? Berikut Penjelasannya

FINANCE

Apa Makna dari Keberagaman Ekonomi? Berikut Penjelasannya
Apa itu Bisnis Multi Level Marketing?

FINANCE

Apa itu Bisnis Multi Level Marketing? Dan Keuntungannya
Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya

FINANCE

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya
Sistem Penjualan Langsung Adalah, dan Keuntungannya

FINANCE

Sistem Penjualan Langsung Adalah, dan Keuntungannya
5 Jenis Tabungan BCA, Bisa Buat Mahasiswa

FINANCE

5 Jenis Tabungan BCA, Bisa Untuk Mahasiswa