Home / FINANCE

Senin, 14 Agustus 2023 - 20:06 WIB

Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?

- Penulis

Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?

Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?

Moccaapedia – Dokter adalah salah satu profesi yang menjadi impian banyak orang karena bagi mereka, gaji dokter sangat tinggi. Apalagi jika Anda menjadi seorang dokter spesialis, besaran gaji yang juga cukup menjanjikan.

Sesuai dengan namanya, dokter spesialis adalah dokter yang memiliki keahlian tertentu. Biasanya untuk menjadi seorang dokter spesialis Anda perlu mendapatkan gelar spesialis dan pendidikan dokter umum dulu. Lantas berapa gaji yang Anda dapatkan kalau menjadi dokter spesialias?

 

Baca Juga :   Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Generasi Milenial

 

Gaji Dokter Spesialis

Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?
Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?

 

Ada banyak dokter spesialis di Indonesia yang mendapatkan gaji berbeda-beda. Hal ini juga tergantung dari beberapa aspek yang berpengaruh terhadap pemberian gaji tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai gaji seorang dokter spesialis.

 

  1. Dokter Spesialis Anak

Hal yang mempengaruhi pendapatan dokter spesialis anak adalah tempat praktik dokter tersebut. Berikut perkiraan pendapatan dokter spesialis anak berdasarkan lama waktu bekerja dan tempat kerja.

  • Dokter spesialis anak yang bekerja di rumah sakit swasta mendapatkan gaji sebesar 15 juta sampai 25 juta per bulan
  • Dokter spesialis anak yang bekerja di rumah sakit umum mendapatkan gaji 20 sampai 30 juta per bulan
  • Dokter spesialis anak yang sudah senior mendapatkan gaji 50 sampai 75 juta rupiah per bulan (rumah sakit umum maupun swasta)

Akumulasi total pendapatan seorang dokter spesialis anak setiap tahunnya bisa mencapai sekitar 240 juta rupiah. Ada juga dokter spesialis anak yang mendapatkan gaji sebesar 2.4 miliar.

 

  1. Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Dokter spesialis penyakit dalam atau Sp.PD merupakan dokter yang bertugas untuk menangani penyakit bagian dalam tubuh yang terjadi pada pasien lansia dan dewasa. Misalnya penyakit yang menyerang imunitas, jantung, hipertensi, penyakit pencernaan, ginjal, penyakit pernapasan, dan sebagainya. Lantas berapa gaji dari dokter penyakit dalam?

Pendapatan rata-rata yang seorang dokter spesialis penyakit dalam? Kalau gaji dokter anak bisa mencapai belasan juta perbulan, ini dia pendapatan dokter spesialis penyakit dalam.

  • Pendapatan dokter penyakit dalam di klinik swasta bisa mencapai 20 sampai 30 juta per bulan
  • Pendapatan dokter spesialis penyakit dalam di rumah sakit pemerintahan mulai dari 30 sampai 50 juta per bulan
  • Pendapatan dokter spesialis penyakit dalam di rumah sakit swasta adalah 50 juta sampai 100 juta rupiah.

 

  1. Dokter Spesialis Saraf

Dokter spesialis saraf adalah dokter yang bertugas untuk merawat dan menangani masalah yang berkaitan dengan keluhan saraf seperti saraf tulang belakang dan saraf tepi. Tugas dokter Sp.N adalah untuk menangani pasien penyakit tumor, autoimun yang menyerang saraf, kejang, dan gangguan saraf lainnya.

Adapun pendapatan seorang dokter spesialis saraf beragam mulai dari 12 juta sampai 30 juta rupiah. Tentu saja ada beberapa faktor yang mempengaruhi pendapatan seorang dokter adalah pendidikan, pengalaman bekerja, lokasi kerja, dan instansi tempat dokter tersebut bekerja.

 

  1. Gaji Dokter Spesialis Ginekologi dan Kandungan

Dokter spesialis ginekologi dan kandungan atau Sp.OG adalah dokter ahli yang menangani proses melahirkan, kehamilan, dan kesehatan reproduksi. Dokter spesialis kandungan dapat melayani masalah kehamilan normal atau bermasalah.

Adapun pendapatan seorang dokter spesialis kandungan juga tidak sama dengan pendapatan dokter lainnya. Rata-rata pendapatan dokter spesialis kandungan per bulan di Indonesia adalah 24 juta.

Akan tetapi ada juga dokter yang mendapatkan gaji sebesar 15 sampai 35 juta per bulan. Gaji ini tentu tidak sama dengan dokter kandungan di luar negeri seperti di Amerika Serikat yang mencapai 23 ribu dolar. Sedangkan untuk dokter kandungan di Australia gajinya mencapai AUD 20.800.

 

  1. Gaji Dokter Bedah

Berapa pendapatan dokter bedah? Tentu saja gajinya sesuai dengan risiko dan beban pekerjaan seorang dokter. Rentang pendapatan seorang dokter bedah tiap bulannya adalah mulai dari 20 juta sampai 45 juta.

Tentu saja ada beberapa faktor yang mempengaruhi pendapatan seorang dokter bedah seperti pendidikan, pengalaman, kemampuan, rumah sakit tempat bekerja, dan status kepegawaian. Selain itu, dokter bedah juga mendapatkan penghasilan tambahan apabila bekerja di lebih dari satu tempat praktik.

 

Baca Juga :   Perbedaan Asuransi Syariah vs Konvensional

 

  1. Gaji Dokter Spesialis Kejiwaan

Dokter spesialis kejiwaan atau psikiater adalah dokter yang bertugas mendiagnosa dan merawat pasien dengan gangguan kesehatan mental. Psikiater memiliki kemampuan yang baik mengenai kesehatan fisik dan mental karena saling berkaitan, lantas berapa gaji yang seorang psikiater setiap bulan?

Rata-rata gaji seorang psikiater beragam mulai dari 8 juta sampai dengan 12 juta rupiah. Sama seperti dokter lainnya, ada juga psikiater yang praktik di tempat lain sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

 

  1. Dokter Spesialis Mata

Sesuai dengan namanya, dokter spesialis mata adalah dokter yang bertugas untuk mengatasi segala permasalahan mata. Gelar yang dimiliki oleh dokter spesialis mata adalah Sp.M dan gajinya juga berbeda dari dokter spesialis lainnya.

Pendapatan per bulan seorang dokter spesialis mata cukup tinggi yaitu mencapai 21 juta per bulan. Namun, angka itu bisa berubah tergantung dari reputasi dokter, pengalaman yang dimiliki, dan lokasi praktik.

Ada juga dokter spesialis mata yang digaji hingga 50 juta rupiah per bulan dan biasanya dokter tersebut praktik di wilayah perkotaan. Berbeda dengan dokter mata yang bekerja di wilayah kecil karena pendapatannya sebesar 10 sampai 15 juta rupiah.

 

  1. Dokter Spesialis THT

Dokter spesialis THT adalah dokter yang bertugas untuk menangani, mendiagnosa, dan merawat pasien yang memiliki masalah pada hidung, tenggorokan, dan telinga. Pendapatan dokter spesialis THT per bulan adalah 15 juta sampai dengan 34 juta. Gaji tersebut bisa berubah tergantung dari pengalaman yang dimiliki dan tempat praktik dokter.

 

  1. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Adapun tugas seorang dokter spesialis kulit dan kelamin di Indonesia adalah menangani masalah pada dua bagian tubuh tersebut. Sedangkan pendapatan yang didapatkan ke dokter spesialis kulit dan kelamin per bulannya adalah 20 sampai 30 juta tiap bulan.

 

Mengapa Gaji Dokter Spesialis Tinggi?

Melihat besaran pendapatan dokter spesialis di atas yang sangat tinggi Anda pasti penasaran mengapa gajinya bisa menyentuh angka dua digit. Berikut alasan mengapa gaji seorang dokter spesialis sangat tinggi.

 

  1. Risiko Kerja

Risiko kerja yang dibebankan kepada dokter spesialis memang sangat tinggi dan kompleks. Ada banyak pedoman kerja yang harus dipatuhi oleh seorang dokter karena berkaitan dengan keselamatan pasien.

Salah menganalisa atau melakukan sedikit kelalaian bisa berakibat fatal pada pasien yang ditangani. Selain itu, kesalahan tersebut juga bisa menyebabkan seorang dokter mendapat tuduhan melakukan malpraktik dan tuntutan hukum.

 

  1. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan seorang dokter spesialis juga sangat tinggi dibandingkan dengan bidang lain. Setiap universitas juga mematok biaya yang besar bahkan mencapai puluhan juta rupiah untuk menuntaskan pendidikan di jurusan kedokteran. Tentu saja ada biaya lain juga yang dibebankan dalam perjalanan meraih gelar dokter.

 

Gaji dokter spesialis di atas bisa menjadi bayangan untuk Anda yang ingin terjun ke dunia kesehatan. Melihat gajinya yang tinggi juga berkaitan dengan besarnya risiko pekerjaan yang dilakukan.

 

Baca Juga :   Apa Makna dari Keberagaman Ekonomi? Berikut Penjelasannya

Share :

Baca Juga

5 Tips Beli IPO Saham Agar Tidak Rugi, Siapa Pemiliknya?

FINANCE

5 Tips Beli IPO Saham Agar Tidak Rugi, Siapa Pemiliknya?
Apa itu Venom Network Dan Cara Nenggunakannya

FINANCE

Apa itu Venom Network? Dan Cara Nenggunakannya
Cara Mendaftar Jadi Reseller Lazada

FINANCE

Cara Mendaftar Jadi Reseller Lazada, Ternyata Gampang Banget

FINANCE

Peluang Usaha Martabak Mini Dan Analisa Usahanya
Menabung emas di Bank

FINANCE

Ini Kelebihan & Kekurangan Menabung Emas di Bank
Ide franchise dibawah 100 juta di bawah ini bisa jadi referensi bagi Anda, yang masih terbilang pemula di bidang bisnis.

FINANCE

Ide Franchise dibawah 100 Juta untuk Pemula
Deposito Terbaik di Bank Apa Ya? Ini Rekomendasinya

FINANCE

Deposito Terbaik di Bank Apa Ya? Ini Rekomendasinya
Jenis-jenis Kredit Pinjaman dalam Dunia Keuangan

FINANCE

Jenis-jenis Kredit Pinjaman dalam Dunia Keuangan