Home / TEKNOLOGI

Jumat, 29 Desember 2023 - 11:53 WIB

9 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan dalam Kehidupan

- Penulis

9 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan dalam Kehidupan

9 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan dalam Kehidupan

Moccaapedia – Ada banyak contoh teknologi ramah lingkungan yang didesain khusus untuk memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Teknologi tersebut akan membantu manusia sekaligus melindungi dari hal berbahaya.

Penggunaan teknologi yang ramah lingkungan adalah salah satu upaya untuk memelihara kesehatan lingkungan dari pencemaran dan polusi. Tidak hanya itu, teknologi ramah lingkungan juga rendah risiko dan lebih hemat.

 

Baca Juga :   5 Cara Membersihkan Furniture Kayu Agar Awet, Tahan Lama

 

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

9 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan dalam Kehidupan
9 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan dalam Kehidupan

 

Semua contoh teknologi ramah lingkungan bisa memberikan dampak baik dalam kehidupan sehari-hari walaupun biaya penyediaannya mahal. Biayanya teknologi di bawah ini memang lebih murah daripada teknologi konvensional. Berikut beberapa contoh dari teknologi yang aman.

 

  1. Biogas

Biogas adalah hasil dari fermentasi kotoran hewan, limbah domestik dan manusia yang memiliki kandungan metana dan karbondioksida. Manfaat biogas adalah untuk bahan bakar kendaraan serta menghemat daya dan listrik yang bisa dijadikan sebagai sarana pengolahan limbah.

 

  1. Lemari Es Tanpa Listrik

Sekarang sudah mulai ada yang menggunakan lemari es tanpa listrik yang terbuat dari bahan pasir, styrofoam, dan air dingin. Fungsinya adalah untuk memastikan agar sayuran tersebut bisa tahan dalam waktu berminggu-minggu.

 

  1. Mobil Listrik

Adapun contoh teknologi ramah lingkungan berikutnya adalah penggunaan mobil listrik dalam kehidupan sehari-hari. Mobil listrik adalah hasil dari inovasi pembuatan mobil yang lebih aman untuk lingkungan.

Tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan emisi dan bahan bakar fosil yang berlebihan karena bisa mencemari lingkungan.

 

  1. Pengolahan Air Limbah

Contoh berikutnya adalah alat yang bisa digunakan untuk mengolah air limbah agar tidak mencemari lingkungan. Hal ini karena jika air limbah tidak diolah dengan sebaik mungkin maka bisa mengancam kesehatan satwa liar dan manusia.

 

  1. Panel Surya

Panel surya juga contoh teknologi yang bersifat ramah lingkungan sehingga sangat aman untuk digunakan. Menggunakan sinar matahari membuat panel surya dapat menghasilkan listrik dan banyak digunakan di berbagai negara termasuk Indonesia.

Selain bermanfaat untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, panel surya juga dapat mengatasi masalah efek rumah kaca yang dapat mengganggu kesehatan lingkungan. Tidak hanya itu, penggunaan panel surya juga bisa menghemat biaya pengeluaran listrik.

Hal ini karena energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya bisa memenuhi kebutuhan listrik di banyak hunian bahkan dalam bisnis.

 

Baca Juga :   Sejarah Ponsel Lipat di Dunia yang Kini Banyak Diminati

 

  1. Green House atau Green Building

Berikutnya adalah green house atau green building adalah sebuah bangunan yang desainnya sesuai dengan efisiensi energi dna manajemen limbah. Pembangunan rumah ini juga menggunakan peralatan yang ramah lingkungan sehingga aman.

Tujuan pembangunan green house adalah untuk meminimalisir pencemaran limbah konstruksi serta dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

 

  1. Lampu LED

Adapun contoh berikutnya adalah lampu LED yang dapat mengonversi energi listrik menjadi energi cahaya. Lampu LED dapat menghasilkan cahaya tanpa perlu energi panas seperti jenis lampu lainnya.

Tentu saja ini yang menjadi alasan mengapa banyak kendaraan yang menggunakan lampu LED karena dinilai lebih ramah lingkungan.

 

  1.     Teknologi Natural Green Boilers

Berikutnya adalah teknologi bernama natural green boilers yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi energi. Fungsinya adalah agar lebih sedikit energi yang dibuang dari hasil pemanasan atau uap air.

 

  1.     Pengolahan Limbah Organik

Terakhir adalah pengolahan limbah organik yang bisa Anda manfaatkan sebagai pupuk. Fungsinya adalah untuk mengurangi jumlah limbah di pembuangan akhir.

 

Semua contoh teknologi ramah lingkungan di atas adalah produk yang dihasilkan demi menjaga kesehatan manusia dan lingkungan dalam kehidupan.

Baca Juga :   6 Lowongan Kerja Jurusan Teknologi Pendidikan, Apa Saja?

Share :

Baca Juga

Ponsel Terbaru 2023, Ada Incaranmu?

TEKNOLOGI

Ponsel Terbaru 2023, Ada Incaranmu?
Aplikasi Live Bar Bar Tanpa Lock Room (100% Free)

TEKNOLOGI

Aplikasi Live Bar Bar Tanpa Lock Room (100% Free)
Galaxy A33 5G Harga dan Spesifikasi

TEKNOLOGI

Samsung Galaxy A33 5G Harga dan Spesifikasinya
Daftar Toko Resmi Apple di Indonesia / Sumber: Apple

TEKNOLOGI

Daftar Toko Resmi Apple di Indonesia
Line, Aplikasi Chat Gratis dengan Berbagai Fitur

TEKNOLOGI

Line, Aplikasi Chat Gratis Dengan Berbagai Fitur
Manfaat Water Heater Pemanas Air Bagi Kehidupan

TEKNOLOGI

Manfaat Water Heater Pemanas Air Bagi Kehidupan
Cocok untuk Jualan, Begini Cara Gandakan WA di HP Oppo

TEKNOLOGI

Cocok untuk Jualan, Begini Cara Gandakan WA di HP Oppo
Lampu CCTV Tidak Menyala, Kenapa?

TEKNOLOGI

Lampu CCTV Tidak Menyala, Kenapa?