Home / KESEHATAN

Rabu, 27 Desember 2023 - 13:28 WIB

10 Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik bagi Tubuh

- Penulis

Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik bagi Tubuh

Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik bagi Tubuh

Moccaapedia – Manusia tentu membutuhkan makanan sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga tubuhnya bisa kembali beraktivitas seperti semula. Hal ini agar Anda tidak mudah lemas dan lelah saat beraktivitas.

Jarang mengkonsumsi makanan sehat juga membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh seperti sulit berkonsentrasi dan pusing. Salah satu makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi adalah sayur-sayuran.

 

Baca Juga :   Tips Mengatasi Jerawat dengan Alami Agar Wajah Sehat

 

Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik bagi Tubuh
Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik bagi Tubuh

 

Makanan sehat adalah makanan yang di dalamnya mengandung segala zat yang menjadi kebutuhan tubuh seperti protein dan karbohidrat. Selain itu, tubuh juga membutuhkan makanan dengan kandungan lemak dan mineral. Berikut ini beberapa contoh makanan sehat dan bergizi yang bisa Anda konsumsi.

 

  1. Buah-buahan

Anda perlu mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin seperti buah-buahan secara rutin. Contoh buah-buahan kaya vitamin adalah alpukat, semangka, apel, pepaya, mangga, jeruk, dan pisang.

 

  1. Kentang

Kentang adalah contoh makanan sehat yang di dalamnya terdapat kandungan protein tinggi serta lemaknya terbilang rendah. Anda bisa mengkonsumsi kentang rebus secara rutin jika ingin diet secara sehat.

 

  1. Ubi

Selain kentang, makanan sehat dan bergizi berikutnya yang tidak kalah bermanfaat adalah ubi. Ubi adalah makanan dengan kandungan vitamin B6, C, dan A serta ada kandungan kalium. Jadi, Anda juga bisa mengkonsumsi ubi sebagai pengganti kalau bosan makan kentang.

 

  1. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayur-sayuran yang di dalamnya terdapat vitamin B kompleks serta K. Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B6, B5, B12, riboflavin, dan B3. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan berupa asam lemak omega 3 seperti yang ada pada ikan.

 

  1. Minyak Zaitun

Tidak hanya bermanfaat bagi wajah saja, minyak zaitun bisa Anda konsumsi secara rutin lho!. Jarang sekali memang masyarakat Indonesia yang menggunakan minyak zaitun, padahal kaya akan polifenol, vitamin E, serta lemak tidak jenuh.

 

Baca Juga :   Cara Memilih Makanan Sehat untuk Jaga Kesehatan Tubuh

 

  1. Kale

Kale adalah jenis sayur-sayuran yang memiliki banyak kandungan vitamin K yaitu sekitar 817 mikrogram atau sekitar 778 persen dari asupan kale harian.

 

  1. Sayuran dengan Daun Hijau

Sayuran dengan daun hijau juga termasuk salah satu makanan sehat dan bergizi yang bisa Anda konsumsi secara bergantian. Contoh sayuran dengan daun hijau adalah kubis dan bayam yang efektif mengatasi diabetes tipe 2.

Bayam adalah sayuran yang kaya akan sifat antioksidan khususnya kalau Anda mengkonsumsi bayam rebus. Di dalamnya terdapat kandungan nutrisi lain yaitu vitamin K, E, C, A, dan B6 yang sangat baik.

 

  1. Daging dan Telur

Berikutnya adalah daging sapi tanpa lemak dan telur yang memiliki kandungan protein dan zat besi tinggi daripada jenis daging lainnya. Adapun telur adalah makanan dengan kandungan protein, vitamin, mineral, lemak tak jenuh, dan asam amino non esensial dan esensial lengkap.

 

  1. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan juga termasuk produk makanan bergizi yang tidak boleh Anda lewatkan karena kaya akan mineral. Makanan yang renyah dan kaya akan sarat ini juga memiliki kandungan vitamin E dan magnesium.

Kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik, jadi sangat direkomendasikan untuk Anda seorang vegetarian.

 

  1. Susu

Minuman ini adalah produk makanan sehat terakhir yang termasuk dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Susu kaya akan mineral, protein hewani, vitamin, serta lemak sehat. Anda juga akan mendapatkan nutrisi kalsium dari susu.

 

Makanan sehat dan bergizi di atas bisa Anda konsumsi setiap hari untuk sarapan atau makan malam. Anda bisa mengganti menu atau mengkombinasikannya agar tidak bosan.

 

Baca Juga :   Level Taksonomi Marzano yang Tertinggi Adalah Self Sistem

Share :

Baca Juga

Kondisi Serius, Ini Pengertian Gangguan Kecemasan Menyeluruh

KESEHATAN

Kondisi Serius, Ini Pengertian Gangguan Kecemasan Menyeluruh
Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu

KESEHATAN

Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu
Tips Mengatasi Jerawat dengan Alami Agar Wajah Sehat

KESEHATAN

Tips Mengatasi Jerawat dengan Alami Agar Wajah Sehat
Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru

KESEHATAN

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru
Ketahui Penyebab Pendarahan Otak, Sebelum Berakibat Fatal!!

KESEHATAN

Ketahui Penyebab Pendarahan Otak, Sebelum Berakibat Fatal!!
Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa 

KESEHATAN

Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa 

KESEHATAN

Inilah Doa Minta Rezeki Tak Terduga dan Halal untuk Muslim
Apa itu Sinus Jenis-jenis dan Fungsi Pentingnya Bagi Manusia

KESEHATAN

Apa itu Sinus? Jenis-jenis dan Fungsi Pentingnya Bagi Manusia