Home / KESEHATAN

Senin, 8 Mei 2023 - 14:00 WIB

Apa itu Kelapa Muda Ingusan? Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

- Penulis

Kelapa Muda Ingusan

Kelapa Muda Ingusan

Moccaapedia – Air dari kelapa muda ingusan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh loh, salah satunya adalah untuk menurunkan hipertensi. Karena sebuah penelitian membuktikan jika dengan mengkonsumsinya secara rutin, dapat menurunkan kadar kolesterol hingga menurunkan hipertensi loh.

Tapi tentu yang Anda konsumsi haruslah air yang berasal dari kelapa muda yang masih ingusan.

 

Baca Juga :   Super Sehat, Ini Loh Manfaat Wortel Rebus Bagi Tubuh
 

 

Apa itu Kelapa Muda Ingusan?

Kelapa muda yang masih ingusan adalah kelapa yang masih muda usianya dan daging yang ada di dalam kelapa masih tipis. Serta masih terdapat lendir atau disebut juga ingusan.

Kelapa muda ini baik yang berasal dari kelapa biasa atau kelapa hijau, mengandung asam amino yang tinggi. Serta airnya dianggap paling isotonik dan iso enetik.

 

Manfaat Air Kelapa Muda Ingusan untuk Kesehatan

Kelapa Muda Ingusan
Kelapa Muda Ingusan

Air kelapa muda yang segar memang bisa menghilangkan dahaga dengan cepat serta menghilangkan dehidrasi. Namun di samping itu, air kelapa muda yang masih ingusan juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti:

 

1. Memperlambat Proses Penuaan Dini

Sudah lama air kelapa muda terkenal memiliki manfaat yang baik bagi kecantikan karena memiliki khasiat yang mampu membuat kulit menjadi lebih halus. Dan Anda bisa terlihat lebih muda.

Kandungan sitokinin yang ada di dalam air kelapa ini sendiri juga merupakan hormon pertumbuhan. Dengan fungsi untuk mengatur pertumbuhan sel. Mulai dari perkembangannya hingga penuaan sel.

Kandungan ini juga membuat air kelapa memiliki efek penuaan dini, anti trombotik atau anti pembekuan darah hingga anti karsinogenik.

Sitokinin juga memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kadar pH yang ada di dalam tubuh. Serta memperkuat dan menghidrasi jaringan ikan. Sekaligus memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

 

2. Mengatur Tekanan Darah dan Menurunkan Kadar Kolesterol

Tak hanya bagus untuk kesehatan jantung, air kelapa muda juga bisa membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi serta mengurangi resiko terjadinya serangan jantung hingga stroke.

Dengan kandungan kalium yang tinggi di dalam air kelapa muda. Serta natrium yang rendah dan mampu menurunkan kadar gula darah pada pengidap tekanan darah tinggi.

Air kelapa juga mampu membantu meningkatkan kolesterol baik yakni HDL.

 

3. Memperbaiki Kesehatan Pencernaan

Air kelapa dianggap mampu menjadi obat untuk hampir semua penyakit yang memiliki hubungan dengan pencernaan. Seperti penyakit cacingan, diare, infeksi kandung kemih, gangguan pada organ ginjal hingga gangguan pencernaan konstipasi.

Air kelapa pun bisa Anda gunakan sebagai pengganti cairan yang hilang dari gastrointestinal ketika mengalami diare.

Terutama kandungan enzim, asam amino, mineral hingga kandungan lemak yang ada di dalam air kelapa memiliki kandungan osmolaritas yang lebih tinggi. Bahkan jauh lebih tinggi daripada yang ada di ORS atau Oral Rehydration  Therapy.

Selain itu, kandungan klorida dan natrium yang rendah dan kandungan asam amino dan gula yang tinggi. Merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman. Agar bisa mencegah dehidrasi yang sering sekali terjadi karena adanya gangguan pencernaan.

 

Baca Juga :   Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

 

4. Mencegah Resiko Penyakit Batu Ginjal

Minum banyak air memanglah baik untuk kesehatan ginjal, karena dengan minum cukup air dapat mendukung fungsi ginjal. Namun rupanya air kelapa jauh lebih bermanfaat dan baik untuk kesehatan ginjal Anda loh.

Sebelumnya Anda harus tahu jika batu ginjal dapat terbentuk pada saat kalsium, asam oksalat hingga komponen lain mengendap menjadi kristal. Lalu terbawa di dalam urin.

Hal ini didukung oleh adanya sebuah penelitian yang memperlihatkan jika air kelapa mampu mencegah kristal yang dapat menempel baik pada ginjal maupun pada saluran kemih.

Karena air kelapa mampu meminimalisir radikal bebas yang dapat terbentuk karena kadar oksalat yang tinggi di dalam urin.

Hingga kini, masih banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui khasiat air kelapa untuk kesehatan ginjal.

 

5. Mendukung Fungsi Organ di Dalam Tubuh

Air kelapa mengandung banyak gizi yang mempunya banyak manfaat untuk keberlangsungan kerja semua organ yang ada di dalam tubuh.

Karena fakta membuktikan jika air kelapa merupakan sumber utama dari arginin. Yakni asam amino yang bisa mengatasi stress di dalam tubuh ketika berolahraga.

Pada dasarnya asam amino juga memiliki kemampuan untuk membantu membentuk protein. Sehingga air kelapa sangat bermanfaat untuk meregenerasi sel sel yang ada pada organ tubuh manusia.

Kandungan enzim yang ada di dalam air kelapa juga memiliki kemampuan untuk membantu sistem pencernaan serta metabolism yang ada di dalam tubuh.

Enzim yang ada di dalam kandungan air kelapa ini di antaranya adalah dehydrogenase, fosfatase katalase, diastase, RNA-Polimerase, peroksidase dan masih banyak yang lainnya.

 

6. Menangkal Radikal Berbagai Radikal Bebas

Selama proses metabolisme berlangsung, tubuh pun akan menghasilkan sel sel yang berbahaya. Seperti radikal bebas. Dan produksi sel ini pun dapat meningkat ketika tubuh Anda sedang mengalami stress atau sakit.

Jika terlalu banyak kandungan radikal bebas yang ada di dalam tubuh hingga mencapai pada kondisi stress oksidatif yang mampu merusak sel sel sehat yang ada di dalam tubuh.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan jika antioksidan yang ada di dalam air kelapa punya khasiat untuk meredakan stress oksidatif. Sehingga air kelapa memiliki kemampuan untuk menangkal zat radikal bebas yang berbahaya.

Akan tetapi, potensi antioksidan yang ada di dalam kandungan air kelapa masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut. Sebab masih belum ada penelitian yang sudah menguji potensi tersebut pada manusia.

Radikal bebas dapat masuk ke dalam tubuh dari mana saja. mulai dari udara yang Anda hirup setiap hari. Lalu berasal dari makanan bahkan dari sinar matahari yang memapar kulit Anda. Serta berbagai cara lainnya yang membuat radikal bebas mudah masuk ke dalam tubuh.

Di dalam tubuh, radikal bebas ini pun sangat berbahaya karena bisa merusak sel. Hingga menyebabkan peradangan dan dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

 

7. Dapat Menggantikan Cairan Tubuh yang Hilang

Air kelapa sendiri adalah minuman isotonic alami yang mampu memberikan banyak manfaat. Kandungan elektrolit yang ada di dalam air kelapa bisa menggantikan cairan di dalam tubuh yang hilang ketika Anda berolahraga.

Akan tetapi untuk dapat mengendalikan dehidrasi sehingga tubuh tidak kehilangan banyak cairan. Anda harus meminum air kelapa dalam jumlah yang banyak.

Tak hanya itu saja, air kelapa juga jauh lebih aman dan terhindar dari resiko mual, rasa kenyang hingga sakit perut yang biasa Anda dapatkan ketika meminum minuman isotonik olahan.

 

Itulah  beberapa manfaat yang ada pada air kelapa untuk membuat tubuh menjadi jauh lebih segar dan sehat. Karena kandungan elektrolit yang ada di dalam air kelapa mampu menggantikan elektrolit yang hilang di dalam tubuh setelah beraktivitas.

Maka tidak heran jika air kelapa muda ingusan bisa Anda jadikan sebagai minuman pengganti yang lebih sehat dan bermanfaat.

 

Baca Juga :   Defisit Kalori Untuk Turunkan Berat Badan, Apakah Efektif?

Share :

Baca Juga

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

KESEHATAN

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi
Waspada! Ini Gejala Infeksi Cytomegalovirus yang Wajib Anda Tahu

KESEHATAN

Waspada! Ini Gejala Infeksi Cytomegalovirus yang Wajib Anda Tahu
Yuk Kenali Perbedaan Darah Rendah Dan Kurang Darah Agar Tidak Salah Obat!

KESEHATAN

Yuk Kenali Perbedaan Darah Rendah Dan Kurang Darah Agar Tidak Salah Obat!
Manfaat Bersihkan Karang Gigi di Palu: Konsultasi Lengkap untuk Hasil Maksimal

KESEHATAN

Manfaat Bersihkan Karang Gigi di Palu: Konsultasi Lengkap untuk Hasil Maksimal
7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

KESEHATAN

7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan
8 Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan Ini

KESEHATAN

8 Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan Ini
3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

KESEHATAN

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif
Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet

FASHION

Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet