Home / KESEHATAN

Rabu, 27 Desember 2023 - 13:23 WIB

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

- Penulis

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

Moccaapedia – Trimester pertama kehamilan adalah masa-masa penting bagi pertumbuhan jabang bayi, sehingga Anda perlu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Ada banyak makanan khusus yang bisa Anda konsumsi saat sedang mengandung.

Menjaga kesehatan memang perlu dilakukan sejak awal kehamilan agar ibu dan anak tetap sehat. Selain pola makan, Anda juga perlu menjaga pola tidur dengan mengurangi begadang dan perbanyak minum air putih.

 

Baca Juga :   Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba, Supaya Tetap Kuat

 

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi
5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

 

Asupan yang ideal bagi ibu hamil tidak berdasarkan porsi makanannya saja, melainkan kandungan nutrisi yang masuk. Anda saat hamil perlu mengkonsumsi makanan yang memang dibutuhkan bayi seperti berikut ini.

 

  1. Sayuran dan Buah

Anda bisa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C khususnya pada trimester pertama. Hal ini karena makanan dengan kandungan vitamin C bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dari infeksi.

Penting juga untuk mengkonsumsi sayuran yang kaya akan kandungan zat besi agar aman dari penyakit anemia. Jadi, Anda bisa mulai rutin mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran hijau setiap harinya.

 

  1. Protein dan Daging Tanpa Lemak

Protein tanpa lemak dan daging adalah salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi rutin. Daging tanpa lemak seperti ayam dan sapi yang kaya akan protein berkualitas tinggi.

Daging sapi adalah contoh makanan yang mengandung vitamin B, kolin, dan zat besi yang jumlahnya cocok untuk ibu hamil. Mungkin akan kesulitan kalau Anda adalah seorang vegetarian, jadi bisa menggantinya dengan daging merah tanpa lemak.

Fungsinya tetap sama yaitu untuk mendapatkan kandungan zat besi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

 

  1. Produk Susu serta Olahannya

Berikutnya dengan mengkonsumsi produk susu serta olahannya yang bisa menjadi pengganti saat morning sickness. Susu memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil seperti membantu pembentukan otot, sebagai transportasi oksigen menuju janin, memperbaiki jaringan yang rusak, dan membantu pertumbuhan jaringan pada tubuh bayi.

Kalau kebutuhan protein dan mineral dalam tubuh ibu hamil bisa terpenuhi, maka pertumbuhan dan perkembangan bayi akan lancar.

 

Baca Juga :   Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

 

  1. Sayur Bayam

Rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil berikutnya adalah sayur bayam yang rasanya sangat segar. Sangat cocok untuk Anda yang masih hamil muda karena di dalamnya mengandung asam folat.

Asam folat adalah nutrisi yang dibutuhkan ibu agar bayi lahir normal atau tidak ada kekurangan. Kekurangan pada bayi yang sering terjadi adalah spina bifida dan anensefalus. Selain itu, kandungan asam folat juga akan melindungi bayi dari kelahiran prematur.

 

  1. Alpukat dan Pisang

Buah-buahan juga baik bagi ibu hamil seperti alpukat dan pisang yang kaya akan kandungan vitamin. Pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang bisa dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama karena bisa mengurangi perasaan mual.

Tidak hanya itu, pisang adalah buah yang kaya akan kalium dan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan saat masa kehamilan. Sedangkan alpukat adalah buah yang direkomendasikan untuk trimester kedua kehamilan.

Di dalamnya terkandung serat, asam folat, kalium, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, dan asam lemak baik. Asam lemak baik bermanfaat untuk pertumbuhan kulit janin dan perkembangan otak.

Kandungan kalium yang tinggi pada alpukat juga sangat bermanfaat untuk mengurangi keluhan kram kaki yang dialami oleh ibu hamil.

 

Anda sekarang tidak perlu lagi bingung memilih makanan karena bisa mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil di atas. Agar tidak bosan dan nutrisi tetap terjaga bisa mengkonsumsinya secara bergantian.

 

Baca Juga :   Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejala

Share :

Baca Juga

KESEHATAN

Peran Dancow Parenting Reward untuk Orang Tua

KESEHATAN

Inilah Doa Minta Rezeki Tak Terduga dan Halal untuk Muslim
7 Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat agar Panjang Umur

KESEHATAN

7 Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat agar Panjang Umur
Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan

KESEHATAN

Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan
Ciri Madu Bajakah Borneo Asli

KESEHATAN

Wajib Tahu, Ciri Madu Bajakah Borneo Asli Biar Tidak Tertipu
Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan

KESEHATAN

Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan
minum air putih

KESEHATAN

Tips Atur Minum Air Putih Saat Puasa agar Kebutuhan Tetap Terpenuhi
Gelembung Kakap Cina dan Manfaatnya

KESEHATAN

Gelembung Kakap Cina dan Manfaatnya