Home / KESEHATAN

Rabu, 14 Juni 2023 - 14:00 WIB

Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan

- Penulis

Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan

Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan

Moccaapedia – Manfaat gelembung ikan bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah meningkatkan kekebalan atau imun tubuh. Tidak heran jika gelembung ikan memiliki harga yang fantastis di pasaran ya.

Tapi meski begitu, masih banyak loh orang yang belum tau apa itu gelembung ikan. Jika Anda salah satunya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

 

Baca Juga :   5 Cara Mengobati Sariawan Tanpa Obat yang Ampuh Dilakukan di Rumah

 

Apa itu Gelembung Ikan?

Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan
Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan

Sebenarnya gelembung ikan merupakan sebuah organ yang ada di dalam tubuhnya. Organ ini berbentuk sebuah kantong selaput tipis yang di dalamnya berisi oksigen. Gelembung ikan atau gelembung renang ini tersusun atas kolagen dan protein.

Kolagen sendiri mempunyai banyak sekali manfaat. Khususnya untuk bidang industri, kosmetik, kesehatan, pengawet makanan, biomedis hingga pharmaceutical.

Fungsi dari organ ini sendiri adalah untuk membantu ikan terapung di dalam air. Tapi tidak semua ikan memiliki organ ini.

Dan hanya beberapa ikan saja yang punya gelembung dengan harga mahal. Yakni gelembung ikan kakap dan gelembung ikan gulama.

 

Harga Gelembung Ikan

Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan
Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan

Harga gelembung ini sendiri di pasaran sendiri sangatlah mahal. Bahkan gelembung ikan menjadi komoditas ekspor yang nilainya sangat tinggi. Hal ini karena manfaat gelembung ikan sangatlah banyak.

Seperti sumber kolagen, sebagai bahan pembuatan le, yang tahan air dan berkualitas, bahan untuk membuat benang operasi banyak lagi. Khususnya di bidang kesehatan.

Gelembung ikan ini sendiri biasa dikonsumsi dengan cara dibuat menjadi sup yang lezat. Harga menu yang terbuat dari bahan gelembung ikan ini pun, sangatlah mahal dan termasuk sebagai menu makanan mewah yang mahal.

Untuk harga ikan gelembung yang paling mahal adalah gelembung ikan gulama. Karena kini ikan gulama cukup langka sehingga sangat sulit untuk diperoleh oleh nelayan yang berada di Kawasan Merauke yang menjadi habitat terbesar ikan gulama di Indonesia.

Lalu ada juga ikan kakap yang harga gelembungnya bisa mencapai puluhan juta. Sedangkan untuk harga gelembung ikan lainnya, seperti ikan angkui atau ikan kuroh. Harganya terbilang lebih murah.

Faktor yang membuat harga gelembung ikan sangat tinggi bukan hanya karena ikannya yang langka. Namun juga karena manfaat gelembung ikan yang sangat banyak. Tidak hanya bisa menjadi bahan untuk pembuatan berbagai industri.

Manfaat gelembung ikan juga sangat baik bagi kesehatan.

 

Baca Juga :   Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?

 

Wajib Tahu, Inilah Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan

Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan
Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan

Sebagai organ yang membantu ikan mengapung di kedalaman air laut. Gelembung ikan ini sendiri mengandung banyak oksigen. Meski ada juga gelembung ikan yang berisi minyak.

Meskipun merupakan organ yang sangat penting bagi ikan, namun rupanya tidak semua ikan loh punya organ ini. karena hanya ikan yang tidak di kedalaman dan ikan dengan tulang rawan saja yang punya organ ini loh.

Selain bisa digunakan sebagai bahan pembuatan beberapa alat medis dan kecantikan. Gelembung ikan ini juga biasa dimasak menjadi sup yang harganya sangat mahal di restoran mewah.

Gelembung ikan ini biasanya dijual dalam bentuk lempengan atau seperti balon yang sudah kering. Lalu nantinya dimasak menjadi sup dan teksturnya akan berubah menjadi lebih lunak dan lembut hampir mirip seperti marshmallow.

Harganya yang mahal hingga puluhan juta ini setimpal dengan manfaat gelembung ikan yang sangat banyak bagi kesehatan.

Bahkan organ ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebab bisa meningkatkan kecerdasan dan kesehatan janin yang ada di dalam tubuhnya.

Itu hanya salah satu manfaat gelembung ikan ini. Dan berikut ini adalah manfaat yang lainnya:

 

1. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat yang pertama adalah gelembung ikan ini mampu meningkatkan metabolism tubuh yang akan memberikan banyak dampak baik bagi kesehatan. Karena dengan memiliki metabolisme yang baik, maka tubuh akan menjadi lebih fit dan berat badan pun bisa menjadi lebih stabil.

Selain itu, tubuh juga akan menjadi lebih berenergi karena pembakaran kalori yang ada di dalam tubuh juga bisa berjalan dengan baik.

Dengan metabolisme tubuh yang lebih baik, maka sel sel yang ada di dalam tubuh akan lebih mudah beregenerasi dan dapat membuang racun yang masuk ke dalam tubuh.

Tubuh pun dapat menyerap nutrisi makanan dengan lebih baik.

 

2. Sebagai Sumber Kolagen Alami yang Baik untuk Tubuh

Gelembung ikan merupakan sumber kolagen alami yang baik untuk tubuh. Karena kolagen memiliki banyak manfaat termasuk juga membuat kulit menjadi lebih sehat, kencang dan halus.

Tidak heran jika gelembung ikan pun, menjadi bahan utama dalam pembuatan kosmetik atau produk perawat kulit karena manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan kulit manusia.

 

3. Dapat Membantu Meningkatkan Kesuburan Wanita

Banyak wanita di Cina yang secara rutin mengkonsumsi olahan yang berasal dari bahan gelembung ikan. Karena gelembung ikan sendiri memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Dengan begitu, wanita diharapkan bisa cepat mendapatkan keturunan.

Tidak heran jika gelembung ikan ini pun, banyak diekspor ke Cina dan menjadi salah satu bahan makanan yang mahal di sana. Karena mereka percaya, dengan rutin mengkonsumsi gelembung ikan. Maka dapat meningkatkan kesuburan pada wanita.

Selain itu, gelembung ikan ini juga punya rasa yang sangat nikmat sehingga harganya sangat mahal di Cina.

Pantas saja, gelembung ikan menjadi bahan makanan yang sering digunakan pada masakan khas sana.

 

4. Mampu Meningkatkan Kecerdasan Bayi Sejak Dalam Kandungan

Gelembung ikan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk meningkatkan kecerdasan sang bayi sejak masih di dalam kandungan. Termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada si janin juga.

Ibu hamil yang mengkonsumsi gelembung ikan pun juga bisa menigkatkan kesehatan ibu hamil. Sehingga bisa menjaga kesehatan sang ibu dan janin hingga nanti bayi lahir dalam keadaan sehat dan selamat.

Gelembung ikan sendiri kaya akan gizi dan nutrisi yang baik bbagi pertumbuhan bayi di dalam kandungan bersama ibu hamil.

 

5. Baik untuk Kesehatan Tulang

Gelembung ikan memiliki kandungan kalsium dan kalium yang banyak. Sehingga jika mengkonsumsinya secara rutin, maka bisa membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang.

Itulah sebabnya gelembung ikan juga sangat baik untuk anak anak. Karena bisa membantu pertumbuhan tulang mereka sejak masih muda. Terutama anak anak yang masih berada di dalam masa pertumbuhan.

Lansia juga bisa menikmati sup gelembung ikan untuk membantu menjaga kesehatan tulang mereka yang mulai rapuh.

 

Jika melihat kondisi kesehatan orang Cina yang sangat baik, mulai dari anak anak hingga lansia yang masih terlihat segar dan aktif. Maka tidak mengherankan jika mereka rutin mengkonsumsi gelembung ikan dan menjadikannya sebagai bahan makanan di rumah dengan membuatnya menjadi sup.

Karena memang ada banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, gelembung ikan juga menjadi komoditi mahal karena bisa menjadi bahan produksi untuk industri farmasi dan kecantikan.

Bahkan gelembung ikan juga bisa menjadi bahan pembuatan lem super kuat dan berkualitas. Banyak sekali ya, manfaat gelembung ikan yang bukan hanya untuk kesehatan saja.

 

Baca Juga :   5 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Kena Flu

Share :

Baca Juga

Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa 

KESEHATAN

Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa 
Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?

KESEHATAN

Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?
Nyeri Tenggorokan Tanda Omicron

KESEHATAN

Nyeri Tenggorokan Tanda Omicron dan Cara Mengatasinya?
Jadwal MPASI 6 Bulan dr Tiwi Sebagai Referensi

KESEHATAN

Jadwal MPASI 6 Bulan dr Tiwi Sebagai Referensi
5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya

KESEHATAN

5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya
Yuk Kenali Perbedaan Darah Rendah Dan Kurang Darah Agar Tidak Salah Obat!

KESEHATAN

Yuk Kenali Perbedaan Darah Rendah Dan Kurang Darah Agar Tidak Salah Obat!
Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik bagi Tubuh

KESEHATAN

10 Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik bagi Tubuh
5 Manfaat Buah Untuk Kesehatan, Umur Panjang!

KESEHATAN

5 Manfaat Buah Untuk Kesehatan, Umur Panjang!