Home / KESEHATAN

Senin, 5 Juni 2023 - 14:00 WIB

Gelembung Kakap Cina dan Manfaatnya

- Penulis

Gelembung Kakap Cina dan Manfaatnya

Gelembung Kakap Cina dan Manfaatnya

Moccaapedia – Gelembung Kakap Cina atau juga bernama gelembung renang (fish maw) adalah salah satu organ yang ada pada ikan. Dan berisikan gas seperti oksigen sehingga mempunyai tekanan yang berubah-ubah.

Organ ini sendiri memiliki fungsi yang sangat penting pada ikan. Karena organ ini membantu ikan untuk dapat mengapung. Sehingga memungkinkan ikan untuk tidak harus berenang secara terus-menerus saat berada di dalam air.

Selain itu, organ ini juga dapat mempertahankan posisi ikan saat berada di air.

Gelembung ikan sendiri akan bertugas untuk mengatur volume yang ada di tubuh ikan. Sehingga bisa menyesuaikan dengan berat jenis air yang ada di kedalaman tertentu. Tak hanya itu saja, gelembung ikan juga menjadi salah satu alat yang bisa membantu ikan untuk beradaptasi dengan sekitarnya.

Namun meski punya banyak manfaat pada ikan, organ ini sendiri tidak bisa ditemukan di semua jenis ikan. Artinya tidak semua ikan mempunyai organ gelembung ini. Hanya ikan yang tinggal di laut dalam saja yang memilikinya.

Gelembung Kakap Cina sendiri adalah salah satu gelembung ikan yang paling laris di pasaran dan paling banyak dicari. Selain karena kaya akan manfaat, harganya juga cukup mahal dan stabil.

Itulah sebabnya, gelembung ikan ini selalu diburu oleh nelayan.

 

Baca Juga :   Cara Meratakan Gigi Gingsul dan Bahanyanya Bagi Kesehatan

 

Apa itu Gelembung Kakap Cina?

Gelembung Kakap Cina dan Manfaatnya
Gelembung Kakap Cina dan Manfaatnya

 

Gelembung atau pelampung yang ada pada ikan sendiri merupakan organ yang berfungsi untuk mempertahankan posisi ikan di dalam air. Agar mereka bisa berenang dan bergerak secara lebih stabil.

Organ satu ini, terbilang sangatlah penting bagi kehidupan ikan. Karena juga berfungsi untuk mengatur volume udara yang ada di dalam tubuh ikan. Sekaligus membantu mereka untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Meskipun begitu, ternyata tidak semua ikan memiliki organ gelembung ini di dalam tubuhnya ya. Hanya ada beberapa jenis ikan saja yang memilikinya. Salah satunya adalah ikan kakap Cina atau biasa juga disebut dengan hangkui.

Ikan kakap Cina sendiri biasa terdapat di perairan yang tidak terlalu dalam maupun dangkal. Dengan air yang sedikit keruh. Bentuk ikan kakap Cina sendiri hampir sama dengan ikan kakap putih.

Akan tetapi ada sedikit perbedaan antara ikan kakap Cina dan ikan kakap putih. Yakni terletak pada warna kekuningan yang ada pada tubuh kakak Cina. Warna kekuningan ini terletak pada bagian kepala hingga ekor ikan kakap Cina.

Untuk gelembung ikan ini sendiri sebenarnya sangat mudah ditemukan, karena gelembung ini memiliki bentuk yang unik. Yakni seperti telinga yang ada di area kanan dan kiri tubuh ikan.

Harga gelembung ikan ini pun sangatlah mahal dan terbilang cukup stabil di pasaran. Namun harganya biasanya berbeda antara ikan kakap jantan dan ikan kakap betina. Karena harga gelembung untuk ikan kakap Cina jantan jauh lebih mahal mencapai puluhan juta rupiah jika dibandingkan dengan ikan kakap betina.

Hal ini dipengaruhi oleh bentuk gelembung yang mana bentuk gelembung ikan jantan lebih pipih pada bagian pinggir dan tebal pada bagian tengahnya. Sedangkan ikan betina memiliki bentuk gelembung yang tebal di bagian pinggir dan pipih di bagian tengahnya.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah, Cocok Dikonsumsi !

 

Apa Saja Manfaat Gelembung Kakap Cina?

Gelembung Kakap Cina dan Manfaatnya
Gelembung Kakap Cina dan Manfaatnya

 

Sesuai dengan informasi yang didapatkan dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KPP). Menyebutkan gelembung ikan ini tidak hanya punya fungsi bagi ikan itu sendiri sebagai salah satu organ di dalam tubuhnya.

Namun gelembung ikan ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan untuk manusia. Manfaat gelembung ikan ini antara lain akan sebagai sumber kolagen, mampu untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh, hingga dapat membantu untuk meningkatkan kecerdasaan balita toh.

Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat gelembung kakap Cina bagi kesehatan:

 

1. Sumber Kolagen yang Alami

Kolagen sendiri memang banyak sekali ditemukan di dalam produk kecantikan. Karena kolagen memiliki fungsi yang mampu untuk menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap segar dan kencang. Kolagen juga membantu kulit untuk tidak mudah keriput ya.

Selain itu, kolagen juga memiliki kemampuan untuk menjaga kulit secara keseluruhan. Dan membuat kulit tampak lebih sehat alami.

Fungsi kolagen yang lainnya, juga mampu untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Karena kolagen mampu membangun beberapa organ bagian tubuh, yang mana di antaranya adalah tulang, gigi, otot dan sendi.

Kandungan kolagen normal yang ada di dalam tubuh manusia adalah 30% dari jumlah keseluruhan protein tubuh. Sehingga kolagen yang ada pada gelembung kakap Cina ini mampu memenuhi kebutuhan kolagen pada tubuh manusia.

 

2. Mampu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat gelembung ikan bagi tubuh manusia yang lainnya adalah mampu untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh. Peningkatan metabolisme pada tubuh kita sendiri pastinya dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Sebab dengan metabolisme yang baik, maka pembakaran kalori yang ada di dalam tubuh kita juga bisa berjalan dengan baik. Dampaknya bagi kesehatan tubuh adalah, tubuh kita  tidak akan mudah sakit.

Karena metabolisme yang meningkat di dalam tubuh mampu memperbaiki kerusakan yang ada di dalam tubuh. Racun yang ada di dalam tubuh pun, akan dikeluarkan. Sehingga tubuh dapat menyerap semua nutrisi yang ada di dalam makanan agar masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh.

Selain itu, tubuh juga akan menjadi lebih fit, lebih berenergi hingga menjaga berat badan agar tetap ideal.

 

3. Meningkatkan Kecerdasan pada Bayi

Pasti Anda juga baru tahu kan, jika gelembung ikan juga mampu meningkatkan kecerdasan otak pada janin yang ada di dalam Rahim ibu. Karena gelembung ikan yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil memiliki nutrisi yang baik untuk janinnya.

Sehingga secara tidak langsung, gelembung ikan bisa menambah kecerdasan otak bayi serta membantu untuk melancarkan sirkulasi darah yang ada pada janin.

 

Berapa Harga Gelembung Kakap Cina?

Gelembung Kakap Cina dan Manfaatnya
Gelembung Kakap Cina dan Manfaatnya

 

Dengan semua manfaat yang ada pada gelembung kakap Cina, tidak heran jika harga jualnya cukup tinggi.

Bentuk dan teksturnya yang mirip dengan kerupuk mentah dan keras ini rupanya punya nilai jual yang terbilang fantastis loh.

Karena harganya yang mahal inilah, maka para nelayan yang rela untuk berada di tengah laut puluhan hari, hanya untuk mencarinya.

Harga dari gelembung ikan ini sendiri biasanya dipengaruhi oleh jenis kelamin ikan tersebut. Karena pada gelembung ikan jantan, pada bagian pinggirnya cenderung memiliki bentuk yang tipis, sedangkan bagian tengahnya lebih tebal.

Sehingga harga dari gelembung dari ikan jantan cenderung lebih mahal. Sedangkan pada ikan betina, permukaan gelembungnya lebih tebal, sementara pada bagian di tengahnya atau dalamnya lebih sedikit. Dan membuat harganya cenderung lebih rendah.

Untuk harganya, gelembung kakap Cina bisa di hargai hingga puluhan juta rupiah per kilogramnya.

 

Harga yang terbilang cukup mahal memang, maka tidak heran jika gelembung ikan ini sangat di buru oleh para nelayan. Karena nilainya yang terbilang sangat tinggi. Selain itu, manfaatnya pun juga sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita. Sehingga jangan heran, jika harga gelembung kakap Cina terbilang sangat mahal.

 

Baca Juga :   14 Makanan untuk Darah Tinggi yang Menyehatkan

Share :

Baca Juga

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

KESEHATAN

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif
7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala

KESEHATAN

7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala
12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan

KESEHATAN

12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan

KESEHATAN

Peran Dancow Parenting Reward untuk Orang Tua
5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

KESEHATAN

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi
Ciri Ciri Jerawat Pubertas

KESEHATAN

Wow, Kenali Ciri Ciri Jerawat Pubertas dan Penyebabnya
Kelapa Muda Ingusan

KESEHATAN

Apa itu Kelapa Muda Ingusan? Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
8 Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan Ini

KESEHATAN

8 Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan Ini