Home / KULINER

Sabtu, 3 Juni 2023 - 13:24 WIB

Apa Itu Pengolahan Makanan? Ini Dia Penjelasannya Simakya

- Penulis

apa itu pengolahan makanan

apa itu pengolahan makanan

Moccaapedia – Berdasarkan penjelasan dari e-modul Teknik Pengolahan Makanan apa itu pengolahan adalah proses mengubah bahan pangan menjadi makanan. Setiap bahan pangan memiliki karakteristik berbeda sehingga perlu proses yang tepat untuk mengolahnya.

Adapun tujuan apa itu pengolahan makanan adalah menjadikan makanan tersebut mudah dicerna, bebas dari sumber penyakit, meningkatkan nafsu makan dan penampilan makanan, serta menambah citra rasa. Oleh karena itu proses pengolahan makanan tidak bisa dilakukan sembarangan agar aman.

 

Baca Juga :   8 Rekomendasi Makanan Khas Sunda Enak, Sehat, dan Murah

 

Jenis Bahan Pangan

Terdapat jenis bahan pangan yang digunakan untuk menghasilkan makanan lezat. Pertama adalah bahan pangan nabati serta bahan pangan hewani dan keduanya sangat dibutuhkan oleh manusia.

 

1. Bahan Pangan Nabati

Bahan pangan nabati berasal dari tanaman atau tumbuhan yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Adapun kandungan di dalamnya berupa mineral, serat, karbohidrat, protein, zat besi, vitamin, dan karbohidrat. Berikut ini beberapa contoh bahan pangan yang berasal dari tumbuhan:

  • Rempah-Rempah

Rempah-rempah bermanfaat untuk menguatkan rasa pada makanan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat lain adalah meningkatkan sistem imun, menjaga organ pencernaan, menurunkan gula darah, mengatasi sakit perut, dan sebagainya.

Contoh rempah-rempah adalah ketumbar, ginseng, jintan, serai, jahe, kayu manis, kencur, kunyit, dan sebagainya.

  • Umbi-Umbian

Jenis bahan pangan nabati berikutnya adalah umbi-umbian yang terbentuk dari tanah. Kebanyakan umbi-umbian memiliki kandungan serat, pati, protein, vitamin, dan sebagainya. Contoh bahan pangan umbi-umbian adalah singkong, talas, bawang, dan ubi jalar.

Berdasarkan pengertian dari apa itu pengolahan makanan tentu proses pengolahan makanan dari rempah-rempah berbeda dengan umbi-umbian. Diperlukan proses khusus agar manfaat dari umbi-umbian tetap terjaga.

  • Sayur-Sayuran

Sayuran merupakan bahan pangan yang memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Contohnya adalah kangkung, selada, kol, buncis, mentimun, sawi, bayam, dan terong. Semua jenis sayuran tersebut memiliki kandungan kalium, kalsium, zat besi, dan folat.

 

Baca Juga :   Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat

 

2. Bahan Pangan Hewani

Jenis bahan pangan tidak hanya berasal dari tumbuhan saja melainkan juga hewan. Bahan pangan hewani lebih banyak mengandung lemak dan protein. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan kecerdasan, menjaga kesehatan tubuh, serta memperbaiki jaringan tubuh manusia.

  • Ikan

Ikan adalah salah satu contoh bahan pangan hewani dengan kandungan protein tinggi. Ikan juga kaya akan yodium, lemak tak jenuh, vitamin B12, serta asam lemak omega 3. Apabila Anda sedang hamil sebaiknya perbanyak konsumsi ikan demi kesehatan janin.

Manfaat lainnya adalah mencegah terkena resiko diabetes, asma, dan depresi, serta meningkatkan kekuatan tulang. Beberapa contoh ikan yang bisa Anda konsumsi adalah sarden, kakap, tuna, teri, tongkol, salmon, dan kod.

  • Susu

Apakah Anda ingin memiliki tulang yang sehat? Dapat rutin mengkonsumsi susu. Susu adalah minuman yang bisa dikonsumsi oleh semua orang berbagai usia. Beberapa kandungan dalam susu adalah vitamin C, vitamin B1, B2, kalium, natrium, dan zinc.

Manfaat mengkonsumsi susu adalah menurunkan terjadinya penyakit kanker, meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan tulang, serta sumber energi.

  • Telur

Selain susu jenis bahan pangan hewani lainnya adalah telur yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tidak hanya terjangkau rasa telur juga sangat nikmat apalagi kuning telur yang kaya akan nutrisi. Manfaat telur adalah untuk menjaga kesehatan tubuh agar nutrisi terjaga.

 

Berdasarkan penjelasan di PT Sriboga Raturaya dan apa itu pengolahan makanan? Pengolahan makanan adalah proses menjadikan bahan pangan nabati dan hewani tersebut menjadi sumber makanan lezat tanpa menghilangkan nutrisi di dalamnya.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Kuliner Khas Jepara, Bikin Nagih !!

Share :

Baca Juga

Cara Menyimpan Tempe yang Baik Agar Tidak Mudah Basi

KULINER

Cara Menyimpan Tempe yang Baik Agar Tidak Mudah Basi
4 Resep Olahan Strawberry yang Bikin Nagih

KULINER

4 Resep Olahan Strawberry yang Bikin Nagih
8 Rekomendasi Makanan Khas Sunda Enak, Sehat, dan Murah

KULINER

8 Rekomendasi Makanan Khas Sunda Enak, Sehat, dan Murah
5 Makanan Khas Cirebon dngan Keanekaragaman Rasa

KULINER

5 Makanan Khas Cirebon dengan Keanekaragaman Rasa
Omela Cappucino

KULINER

Resep Cappuccino ala Cafe Pakai Omela Foaming Milk yang Enak
11 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba

KULINER

11 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba
10 Makanan Terpedas di Dunia, Menu Andalan Pencinta Pedas

KULINER

10 Makanan Terpedas di Dunia, Menu Andalan Pencinta Pedas
Udang Saus Lada Hitam

KULINER

Resep Udang Saus Lada Hitam Nikmat dan Cara Membuatnya