Home / KULINER

Kamis, 16 Februari 2023 - 10:14 WIB

7 Daftar Makanan Jaman Dulu yang Rasanya Nikmat Bikin Nagih!

- Penulis

7 Daftar Makanan Jaman Dulu yang Rasanya Nikmat Bikin Nagih!

7 Daftar Makanan Jaman Dulu yang Rasanya Nikmat Bikin Nagih!

Moccaapedia – Makanan jaman dulu memiliki kenangan tersendiri karena selain lezat harganya juga murah. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya zaman makanan tempo dulu sudah banyak yang tergantikan.

Padahal jaman dulu makanan ini banyak ditemukan di lingkungan sekolah.

Sangat jarang menemukan makanan tempo dulu di zaman sekarang, kalaupun ada itu pasti hanya di beberapa tempat saja. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena bisa membuatnya sendiri di rumah.

 

Baca Juga :   4 Wisata Saat Ramadhan di Jogja Bersama Keluarga

 

Makanan Jaman Dulu

Ketika menyebutkan merk makanan tertentu anak-anak jaman sekarang mungkin akan kebingungan. Hal ini dikarenakan jajanan tersebut hanya pernah dinikmati oleh anak kelahiran 90’an – 2000 saja. Berikut ini beberapa contoh makanan tempo dulu.

"Makanan

 

1. Koya

Koya merupakan makanan yang dibuat dari tepung kacang dan di dalamnya juga ada kacang. Koyaa menjadi makanan kesukaan anak-anak jaman dulu akan tetapi sekarang sudah sulit menemukannya.

Bentuk koya adalah bulat dan biasanya penjual akan mengukir bentuk angka pada permukaan makanan. Koya termasuk salah satu makanan sehat karena terbuat dari kacang yang diketahui memiliki banyak manfaat.

Tidak seperti makanan sekarang yang banyak kandungan MSG-nya.

 

2. Es Kue

Siapa yang pernah mencicipi es kue? Es kue juga termasuk salah satu makanan jaman dulu yang memiliki warna pelangi. Nama lainnya adalah es gabus yang terbuat dari gula, sedikit garam, hungkue, dan santan jadi ketika digigit maka rasanya seperti gabus.

Menariknya adalah warnanya adalah merah, kuning, hijau sehingga banyak orang yang penasaran bagaimana rasanya. Sama seperti koya, sekarang sudah jarang orang yang menjual es gabus ini padahal rasanya lezat walaupun bentuknya tipis.

 

3. Gulali

Gulali juga termasuk ke salah satu makanan jaman dulu yang memiliki keunikannya tersendiri. Biasanya penjual akan menawarkan kepada pembeli akan memesan gulali dengan bentuk seperti apa karena tersedia beragam model seperti sisir, love, dot, burung, dan kupu-kupu.

Selain itu warna yang dipakai membuat gulali juga sangat beragam sehingga menarik dan rasanya sangat manis. Apabila memakan gulali yang baru dibuat biasanya akan terasa panas di lidah tetapi itu tidak berbahaya.

 

Baca Juga :   5 Pusat Kuliner Palembang yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

 

4. Putu Mayang

Makanan jaman dulu berikutnya adalah putu mayang yang dibuat dari tepung beras kemudian dicampur dengan warna hijau, putih, dan merah muda. Ciri khasnya adalah putu mayang dibentuk seperti mie.

Cara memakannya adalah dengan menambahkan kuah gula merah atau santan agar rasanya bertambah nikmat. Makanan ini dulu sangat terkenal akan tetapi seiring berkembangnya zaman sudah jarang orang menjual putu mayang kecuali pada acara tertentu saja.

 

5. Kue Cubit Laba-Laba

Makanan berikutnya adalah kue cubit laba-laba yang bentuknya memang mirip hewan laba-laba. Sebenarnya makanan ini masih ada sampai sekarang hanya saja tidak lagi dibentuk seperti laba-laba.

Sekarang kue cubit mengalami perkembangan dan dijual dengan beragam rasa atau topping. Adonannya juga tidak jauh berbeda dengan kue cubit jaman dulu tetapi tentu saja kue cubit jaman dulu memiliki rasa yang berbeda.

 

6. Es Mambo

Makanan jaman dulu berikutnya adalah es mambo yang dijual seperti bentuk es lilin yaitu menggunakan plastik. Es mambo tersedia dalam berbagai rasa dan warna mulai dari merah muda, kuning, dan coklat (kacang hijau). Mana nih rasa es mambo yang paling kamu suka?

 

7. Lidi

Jajanan lidi-lidian adalah jajanan pedas yang sudah ada sejak jaman dulu tetapi masih eksis sampai sekarang. Akan tetapi bedanya dulu hanya menyediakan rasa pedas saja sekarang beragam rasa mulai dari pedas, original, keju, rumput laut, pizza, dan sebagainya.

Memakan makanan jaman dulu mungkin akan membuat Anda flashback ke masa-masa sekolah. Semua makanan di atas adalah makanan legendaris dan tidak semuanya bertahan sampai saat ini.

 

Baca Juga :   Rahasia Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak Enak

Share :

Baca Juga

4 Makanan Khas Bondowoso yang Wajib Anda Coba!

KULINER

4 Makanan Khas Bondowoso yang Wajib Anda Coba!
Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh

KULINER

Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh
7 Makanan Populer Korea di Indonesia / Sumber: Pexels

KULINER

7 Makanan Populer Korea di Indonesia

KULINER

Tepung Maizena Terbuat dari Apa? Ini Jawaban dan Olahannya!
13 Makanan Khas Jepang yang Super Unik

KULINER

13 Makanan Khas Jepang yang Super Unik
Kelemahan Usaha Bubble Drink dan Cara Mengatasinya

FINANCE

Kelemahan Usaha Bubble Drink dan Cara Mengatasinya
Kuliner Khas Banyuwangi

KULINER

Rekomendasi 11 Kuliner Khas Banyuwangi Asli Wajib Coba
Angsle Ronde Terdekat di Kota Surabaya

KULINER

Angsle Ronde Terdekat di Kota Surabaya, Dijamin Enak