Home / KULINER

Senin, 13 Februari 2023 - 10:10 WIB

5 Olahan Makanan dari Abon Rasanya Dijamin Lezat

- Penulis

5 Olahan Makanan dari Abon Rasanya Dijamin Lezat

5 Olahan Makanan dari Abon Rasanya Dijamin Lezat

Moccaapedia – Masyarakat Indonesia pastinya mengenal abon yang terbuat dari olahan daging kemudian disuwir halus. Ternyata bahan ini bisa dibuat menjadi makanan yang lezat untuk disantap bersama. Ada banyak pilihan olahan makanan dari Abon yang bisa Anda buat.

Cara membuat abon sendiri adalah ditambah dengan berbagai bumbu kemudian dimasak sampai kering. Setelah jadi baru diolah menjadi beragam jenis makanan, apabila Anda bingung akan membuat makanan apa simak artikel berikut ini.

 

Baca Juga :   Resep Cappuccino ala Cafe Pakai Omela Foaming Milk yang Enak

 

Olahan Makanan dari Abon

Abon dinilai memiliki banyak kandungan nutrisi untuk tubuh karena seperti daging ayam, ikan, dan sapi abon juga mengandung protein. Manfaat mengonsumsi abon di antaranya menjadi sumber energi, menjaga kesehatan tulang, dan sebagainya.

 

 

1. Pastel Kering

Pastel kering adalah salah satu kue yang biasanya tersedia memasuki musim lebaran. Berbeda dengan pastel basah, kebanyakan bagian dalam pastel kering menggunakan abon.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah minyak, 200 gram abon sapi, dan 100 gram mentega. Selain itu pastel kering juga membutuhkan tepung terigu, 1 sendok makan sagu, serta 1 buah telur yang sudah dikocok.

Pastel kering adalah ide makanan dari abon yang cocok dijadikan sebagai camilan. Berbeda dengan pastel basah umumnya pastel kering bisa lebih tahan lama.

 

2. Kue Lumpur

Selain pastel kering olahan makanan dari Abon yang berikutnya adalah kue lumpur abon. Mungkin makanan ini masih terdengar asing akan tetapi rasanya sangat lezat dan cara membuatnya hampir sama dengan kue lumpur biasa.

Adapun bahan-bahannya adalah garam, gula pasir, mentega cair, 2 buah telur, tepung terigu, susu full cream, abon sapi serta irisan cabai dan daun bawang. Bahan-bahan ini mudah didapatkan di supermarket terdekat.

Anda tinggal mencampur semua bahan di atas sampai merata. Setelah itu panaskan snack maker dan tuang semua adonan ke dalam snack maker lalu tunggu sampai masak. Perlu diperhatikan jangan menggunakan api yang terlalu besar agar kue tidak gosong.

 

3. Sumpia

Rekomendasi olahan makanan dari Abon berikutnya adalah sumpia. Sumpia merupakan makanan yang bagian luarnya menggunakan kulit pangsit lalu dalamnya diberi abon. Sumpia sangat cocok untuk Anda yang doyan nyemil.

 

Baca Juga :   Resep Cumi Saus Tiram Selera, Tawarkan Kenikmatan Istimewa

 

Cara membuatnya juga mudah, setelah menaburi abon pada kulit pangsit Anda bisa menggulungnya lalu digoreng sampai kering. Banyak orang yang menjual sumpia dalam bentuk kemasan atau kiloan dan rasanya sangat gurih dan manis.

 

4. Roti Abon

Buat Anda yang ingin membuat roti abon bisa menyiapkan bahan-bahannya seperti tepung terigu dengan kandungan protein tinggi, ragi instan, air mineral, gula pasir, susu bubuk putih, kuning telur, sedikit garam, dan pengembang.

Anda juga perlu menyiapkan susu cair dan mayonaise sebagai bahan olesan, sedangkan abon sapinya bisa dijadikan sebagai toping. Pastikan Anda menaburkan toping secara merata agar kelezatannya dapat terasa.

Olahan makanan dari Abon ini juga bisa didapatkan di toko roti.

 

5. Lemper Abon

Jika pada umumnya lemper memiliki isian berupa daging ayam, Anda bisa membuat lemper dari abon sapi. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah beras ketan (rendam 1 jam), santan dari setengah kelapa, garam, gula pasir, daun pandan, dan abon secukupnya.

Sebelum itu Anda bisa mengukus ketan terlebih dahulu selama 10 hingga 15 menit. Langkah berikutnya adalah rebus santan, daun pandan, garam, dan gula secara bersamaan sampai mendidih lalu tambahkan ketan.

 

Olahan makanan dari Abon bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang suka abon. Anda bisa membuatnya menjadi makanan yang lezat salah satunya adalah lemper abon. Bahan makanan yang terbuat dari daging sapi ini memiliki kandungan protein.

 

Baca Juga :   Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat

 

5 Olahan Makanan dari Abon Rasanya Dijamin Lezat

Share :

Baca Juga

5 Kuliner Jogja Malam Khusus Pencinta Kuliner

KULINER

5 Kuliner Jogja Malam Khusus Pencinta Kuliner
Resep Olahan Daging Sapi Praktis dan Mudah

KULINER

Resep Olahan Daging Sapi Praktis dan Mudah
10 Brand Minyak Goreng Terbaik di Indonesia

KULINER

10 Brand Minyak Goreng Terbaik di Indonesia
cumi saus tiram

KULINER

Resep Cumi Saus Tiram Selera, Tawarkan Kenikmatan Istimewa
apa itu pengolahan makanan

KULINER

Apa Itu Pengolahan Makanan? Ini Dia Penjelasannya Simakya
10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling

KULINER

10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling
13 Makanan Terenak di Dunia, Ada dari Indonesia

KULINER

13 Makanan Terenak di Dunia, Ada dari Indonesia
5 Pusat Kuliner Palembang yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

KULINER

5 Pusat Kuliner Palembang yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi