Home / KULINER

Minggu, 5 Februari 2023 - 10:05 WIB

5 Rekomendasi Kuliner Khas Jepara, Bikin Nagih !!

- Penulis

5 Rekomendasi Kuliner Khas Jepara, Bikin Nagih !! / TribunTravel.com/ Nurul Intaniar

5 Rekomendasi Kuliner Khas Jepara, Bikin Nagih !! / TribunTravel.com/ Nurul Intaniar

Moccaapedia – Kuliner khas Jepara, Jawa Tengah memiliki beragam provinsi dan salah satunya adalah Jepara. Tempat kelahiran R.A. Kartini ini ternyata memiliki kuliner khas Jepara yang sangat lezat dan jarang diketahui banyak orang. Makanan dari Jepara memiliki ciri khas sehingga banyak ketagihan.

Banyak warung makan yang lokasinya berada di sekitar pantai sehingga makanan khasnya kebanyakan dari laut seperti kakap, patikoli, badong, dan kerapu. Akan tetapi ada juga makanan lain yang bisa Anda nikmati.

 

Baca Juga :   5 Kuliner Indonesia yang Mendunia Memiliki Cita Rasa Lezat dan Nikmat

 

Kuliner Khas Jepara

Bagi Anda yang belum pernah pergi ke Jepara dan ingin liburan tidak ada salahnya mengunjungi kota itu. Anda bisa menikmati rekomendasi makanan dari Jepara di bawah ini untuk mendapatkan pengalaman liburan menyenangkan.

 

1. Horok-Horok

Horok-Horok termasuk salah satu makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung. Tepung yang digunakan tidak sembarangan karena berasal dari pohon aren.

Sayangnya makanan ini termasuk makanan legendaris sehingga saat ini sulit ditemukan. Cara membuatnya adalah dengan mencampur tepung, gula pasir, dan santan.

Horok-horok juga bisa diolah kembali menjadi teman makan bakso, gulai, dicampur petis, dan dinikmati dengan minuman hangat. Biasanya horok-horok ada di pasar yang dijual seharga 5 ribu saja.

 

2. Moto Belong

Moto Belong adalah salah satu kuliner khas Jepara yang patut Anda coba. Mot0 Belong juga sama seperti horok-horok yang merupakan makanan tradisional Jepara, jadi Anda bisa mendapatkannya di pasar tradisional.

Mengapa dinamakan mata belong? Karena makanan ini dibentuk seperti mata yang sedang melotot atau belong. Bahan dasarnya adalah singkong yang diparut lalu dibentuk bundar dan ditambah pisang di bagian tengahnya. Harganya juga terjangkau yaitu 5 ribu rupiah saja.

 

3. Singit

Ingin mencoba makanan Jepara yang lain? Anda bisa mencicipi kelezatan singit. Makanan yang dijual dengan harga 20 ribu per porsi ini terbuat dari daging sengkel dan dimasak menggunakan bahan-bahan lain.

Seperti gula merah, garam, kecap manis, bawang putih, bawang merah, dan santan. Singit memiliki ciri khas dari rasanya yang hampir sama dengan rendang, perbedaannya terdapat pada bumbu singit yang lebih cair.

 

Baca Juga :   8 Makanan Khas Bali yang Halal Dimakan

 

Adapun bagian daging sengkel yang digunakan untuk membua singit adalah bagian dalam (jeroan) dari sapi. kuliner khas Jepara

 

4. Bongko Mento

Kuliner khas Jepara yang berikutnya adalah Bongko Mento yang dibuat khusus dari ayam suwir dan dipadukan dengan beragam bumbu seperti mi sahoun, jamur, serta santan. Bagi orang luar Jepara yang pertama kali melihat Bongko Mento mungkin mengira ini pepes.

Bentuknya sama hanya saja perbedaannya terdapat pada bagian isinya, jika pepes isiannya berupa ikan dan tahu akan tetapi bongko mento berupa daging ayam.

Langkah pertama membuat bongko mento adalah dengan mengukusnya dulu menggunakan daun pisang. Setelah matang baru bisa dihidangkan, bongko mento sangat cocok untuk teman makan, snack acara, atau camilan.

Harganya juga sangat murah yaitu hanya 3 ribu rupiah dengan harga semurah ini Anda bisa memborong banyak bongko mento.

 

5. Sup Pangsit

Rekomendasi makanan asli Jepara yang terakhir bernama sup pangsit. Apabila selama ini Anda lebih sering memakan sup dari dari wortel dan sayuran saja, di Jepara Anda bisa menemukan sup dengan pangsit.

Menurut orang Jepara sup pangsit adalah makanan kesukaan R.A. Kartini lho! Pangsit yang dibuat juga berbeda dari pangsit kebanyakan yaitu bentuknya mirip dengan pangsit Jepang rolade yang dibuat dari telur dadar serta kulitnya tebal.

Beberapa rekomendasi kuliner khas Jepara di atas bisa Anda nikmati ketika liburan ke Jepara. Semua makanan tersebut adalah makanan tradisional sehingga sudah ada sejak zaman dulu.

Jangan lupa untuk membawakan oleh-oleh makanan Jepara buat keluarga di rumah ya!

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Makanan Cepat Saji Lezat dan Nikmat

 

5 Rekomendasi Kuliner Khas Jepara, Bikin Nagih !!

Share :

Baca Juga

5 Kuliner Khas Batam, Terbuat dari Bahan Pilihan

KULINER

5 Kuliner Khas Batam, Terbuat dari Bahan Pilihan
Aneka Kue Kering Lebaran Kekinian, Emak-emak Pasti Suka

KULINER

Aneka Kue Kering Lebaran Kekinian, Emak-emak Pasti Suka
5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama

KULINER

5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama
Resep Sayur Lodeh Labu Siam Super Gampang

KULINER

Resep Sayur Lodeh Labu Siam Super Gampang
Wisata Kuliner Bandung Malam yang Wajib Di Coba (Traveloka)

KULINER

Wisata Kuliner Bandung Malam yang Wajib Di Coba
Angsle Malang Terbaik dan Terenak Wajib Coba

KULINER

Angsle Malang Terbaik dan Terenak Wajib Coba
5 Rekomendasi Makanan Cepat Saji Lezat dan Nikmat

KULINER

5 Rekomendasi Makanan Cepat Saji Lezat dan Nikmat
Bandros Resep dan Cara Membuatnya 100% Mudah

KULINER

Bandros Resep dan Cara Membuatnya 100% Mudah