Home / KULINER

Senin, 10 Oktober 2022 - 10:22 WIB

7 Makanan Tempo Dulu yang Sudah Jarang Ditemui

- Penulis

Makanan Tempo Dulu (Detikfood)

Makanan Tempo Dulu (Detikfood)

Makanan Tempo Dulu

Moccaapedia – Makanan tempo dulu mempunyai aroma dan rasa yang khas dan nikmat, tetapi sudah jarang ditemui di era modern seperti sekarang, ketahui beberapa daftarnya!

Di era modern seperti sekarang, mungkin makanan tempo dulu sudah jarang ditemui. Terutama di kota-kota besar, mengingat makanan siap saji atau instan lebih mendominasi.

Padahal Makanan zaman dulu mempunyai rasa yang khas dan nikmat. Namun, pembuatannya kebanyakan cukup rumit sehingga sebagian besar orang malas membuatnya.

 

Baca Juga :   13 Makanan Khas Jepang yang Super Unik

 

Makanan Tempo Dulu yang Lezat dan Eksis

Di bawah ini akan memaparkan beberapa daftar makanan zaman dulu yang sudah jarang ditemui sekarang. Meskipun ada, kemungkinan hanya dari penjual generasi lama.

 

1. Koya

Makanan yang satu ini terbuat dari tepung kacang. Di dalamnya juga berisi kacang dan berbentuk mini bulat atau persegi. Terkadang ada ukiran angka juga di bagian permukaannya.

Rasa dari jajanan ini sangat enak, gurih, dan manis. Selain itu, juga lebih menyehatkan daripada snack yang banyak tersedia sekarang. Hal itu karena kacang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

 

2. Es Kue Hits

Bagi kamu yang kelahiran tahun 90-an, jajanan ini mungkin sudah sering menikmatinya dulu. Namun, sekarang sudah jarang sekali orang yang membuat atau menjual es kue ini.

Bahan dasar dari makanan ini adalah tepung hongkue, gula, santan, dan diberi sedikit garam. Rasanya enak dan seperti gabus ketika digigit. Oleh karena itu, di sebagian daerah, makanan ini disebut es gabus.

 

3. Gulo Puan

Jajanan ini adalah khas dari Palembang. Rasanya manis karena bahannya terbuat dari susu kerbau dan juga gula pasir. Pada zaman dulu, makanan ini hanya disuguhkan untuk para raja.

Saat ini, sudah jarang orang yang membuatnya. Apalagi susu kerbau juga cukup sulit didapatkan. Jika pun menggunakan jenis susu lainnya, tentu akan menghasilkan rasa yang berbeda.

 

4. Bassang

Jajanan ini berada dari Sulawesi dan terbuat dari bahan jagung dan santan. Penyajiannya sama seperti bubur. Kemungkinan kamu masing asing dengan makanan ini karena memang jarang ditemui, terutama di daerah lain.

 

Baca Juga :   Realme 10 Pro Hadir 10 Januari di Indonesia, Cek Harga dan Speknya!

 

Meskipun begitu, saat ini ada beberapa orang yang memproduksinya kembali. Namun, dijadikan sebagai makanan cepat saji. Rasa yang dihasilkan tentu akan sedikit berbeda karena pengolahannya tidak menggunakan cara tradisional.

 

5. Putu Bambu

Kuliner tempo dulu selanjutnya adalah putu bambu. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras. Di dalamnya diisi dengan gula merah dan penyajiannya ditaburi dengan kelapa parut.

Kue putu ternyata sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Proses memasaknya sangat unik sehingga rasa yang dihasilkan memiliki ciri khas tersendiri. Dahulu, banyak sekali yang menjualnya secara berkeliling.

Selain itu, suara siulan dari cetakan putu tanpa henti menandakan adanya penjual putu bambu. Jadi, para penjual tidak perlu berteriak-teriak untuk memanggil pembeli.

Sedangkan sekarang, hanya sedikit yang menjualnya dan tidak jarang kue ini hanya ada di acara-acara festival.

 

6. Kue Rangi

Makanan ini adalah khas Betawi, bentuknya seperti kue pancong, tetapi mempunyai ukuran yang lebih kecil. Bahan dasarnya adalah tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa.

Kemudian, di bagian atasnya ditambahkan potongan gula merah. Rasanya gurih, lembut, dan nikmat.

Kue ini akan lebih enak jika menggunakan pengolahan dengan cara tradisional.

Misal, tepung berasnya hasil dari tumbukan dan menggunakan tungku kayu bakar untuk memasaknya.

Dengan begitu, akan mempunyai aroma yang khas dengan rasa lebih nikmat. Selain itu, juga lebih enak jika dimakan ketika masih panas.

 

7. Permen Gulali

Jajanan unik ini juga termasuk makanan zaman dulu yang sudah jarang ditemui. Rasanya manis karena terbuat dari gula. Biasanya penjual akan membuat permen gulali dengan berbagai macam warna.

Selain itu, juga akan dibuat dengan berbagai bentuk unik, seperti bunga dan lain sebagainya.

Jadi, bisa lebih menarik perhatian pembeli, termasuk anak-anak. Pembuatan makanan tempo dulu ini cukup mudah daripada jajanan lainnya.

 

Baca Juga :   Resep Puding Nutrijel Leci Warnanya Apa Saja Selain Putih?

 

7 Makanan Tempo Dulu yang Sudah Jarang Ditemui

Share :

Baca Juga

Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat

KULINER

Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat
Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat

KESEHATAN

Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat
Bumbu gudeg Nangka Sunda

KULINER

Rahasia Bumbu Gudeg Nangka Sunda Otentik dan Khas
7 Makanan Khas Meksiko yang Rasanya Pas di Lidah

KULINER

7 Makanan Khas Meksiko yang Rasanya Pas di Lidah
Resep Sayur Lodeh Labu Siam Super Gampang

KULINER

Resep Sayur Lodeh Labu Siam Super Gampang
5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama

KULINER

5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama
Resep Cireng Crispy Bumbu Gurih, Mudah di Buat!

KULINER

Resep Cireng Crispy Bumbu Gurih, Mudah di Buat!
Resep Tumis Cumi Asin Sederhana dan Mudah

KULINER

Resep Tumis Cumi Asin Sederhana dan Mudah