Home / KULINER

Jumat, 7 Oktober 2022 - 10:51 WIB

7 Inspirasi Menu Makan Siang Kekinian, Bikin Nagih!

- Penulis

Menu Makan Siang Kekinian (Ig/Eelllizarr)

Menu Makan Siang Kekinian (Ig/Eelllizarr)

Menu Makan Siang Kekinian

Moccaapedia – Bingung mau makan apa atau bosan dengan menu yang itu-itu saja? Langsung saja eksekusi menu makan siang kekinian homemade, dijamin bikin nagih!

Bingung mencari inspirasi menu makan siang kekinian yang praktis, namun tetap enak dan sehat? Jika ini tujuanmu, tentu makanan rumahan yang dibuat sendiri atau homemade menjadi pilihan yang paling tepat.

Dengan memasak sendiri, kamu bisa mengetahui kandungan gizinya dan memastikan bahwa makanan tersebut benar-benar higienis. Kedua hal itu menjadi poin penting, apalagi saat ini musim mudah sekali berubah-ubah.

Baca Juga :   Inilah 4 Wisata Pantai Situbondo yang Harus Kamu Ketahui

Inspirasi Menu Makan Siang Kekinian

Meski ada embel-embel “kekinian”, bukan berarti kamu harus memasak makanan yang ribet atau kebarat-baratan. Tak perlu berlama-lama, ini dia sederet inspirasi menu lunch, baik untuk makan di rumah maupun bekal:

Nasi Kari

Bagi yang suka makanan kaya akan rempah-rempah, nasi kari ini bisa menjadi pilihan tepat. Apalagi saat ini sudah ada bumbu kari dalam bentuk blok yang membuat proses memasak menjadi semakin mudah dan praktis.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan hanya kentang, wortel, dan kacang polong. Sementara bumbunya ada bawang bombay, saus tomat, garam, lada, gula, dan terakhir adalah kari blok.

Nugget Ayam Tumis

Siapa bilang, nugget hanya bisa digoreng saja? Kali ini, kamu bisa mengoperasikannya menjadi makanan super enak untuk makan siang bersama keluarga. Tidak perlu tambahan bahan makanan lainnya, cukup siapkan beberapa bumbu saja.

Di antaranya, bawang putih dan bombay, garam, merica, kecap, dan saus. Jika untuk anak-anak, kamu bisa menghilangkan saus atau gunakan varian tomatnya saja. Dijamin, mereka akan nambah lagi dan lagi.

Kimbap

Kimbap sendiri ialah makanan yang berasal dari Korea dengan tampilan menyerupai sushi Jepang. Bedanya, isian kimbab cenderung menggunakan bahan-bahan matang, seperti kimchi, ham, tuna kalengan, dan lain-lain.

Namun untuk menu makan siang, kamu bisa menggantinya dengan sayuran dan lauk kesukaan. Jangan lupa, bungkus juga menggunakan nori atau rumput laut dan potong sesuai besarnya satu suapan.

Onigiri Telur

Secara konsep onigiri dan kimbab sama saja, yakni berupa nasi dan isian dalam porsi mini. Bedanya ada pada cara pengolahan makanan, dimana semua bahan perlu kamu masak terlebih dahulu.

Untuk bumbu sendiri tidak neko-neko, cukup margarin dan minyak wijen untuk memasak semua bahan sebentar. Kepal menggunakan tangan atau cetakan khusus onigiri, lalu bungkus dengan nori lembaran.

Baca Juga :   Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur yang Lagi Hits

Tumis Sosis Sayur

Sosis termasuk salah jenis makanan sejuta umat, artinya penggemar sosis tidak hanya anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa. Alih-alih menggoreng atau membakarnya begitu saja, kini kamu bisa menjadikan sosis sebagai bahan tumisan.

Bumbu dasarnya hanya terdiri dari bawang putih dan bombay, saus tomat, serta saus tiram. Sementara untuk menambah kandungan gizinya, sertakan juga beberapa sayuran, seperti wortel dan brokoli.

Egg Tofu

Tofu adalah endapan dari hasil pemerasan biji kedelai dan sudah mengalami proses koagulasi. Secara sepintas memang sangat mirip dengan tahu, tetapi tekstur tofu lebih kenyal, lembut, dan lunak.

Langsung saja potong-potong tofu, lalu siram dengan kocokan telur dan goreng sampai setengah matang. Tumis bersama bumbu bawang merah dan bombay, jahe, dan irisan daun bawang. Harumnya masakan egg tofu dijamin membuat perut protes.

Salad Ayam

Meski sedang menjalankan program diet, bukan berarti kamu harus menghapus jadwal makan, terutama makan siang. Kuncinya, carilah menu yang sehat, enak, tetapi tetap mengenyangkan, seperti salad ayam.

Sesuai namanya, menu ini adalah perpaduan dari salad yang berisikan sayuran dengan daging ayam panggang atau kukus. Selain enak, daging ayam di sini bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan protein hewani.

Dari ketujuh ide menu makan siang kekinian di atas, mana yang paling menarik? Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa menyesuaikan tekstur rasa dan porsi makan sesuai kebutuhan. Jangan berlebihan, karena cukup adalah yang terbaik.

Baca Juga :   Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat

7 Inspirasi Menu Makan Siang Kekinian, Bikin Nagih!

 

Share :

Baca Juga

Rekomendasi Street Food Jakarta, Tak Boleh Terlewatkan! (Govinsider)

KULINER

Rekomendasi Street Food Jakarta, Tak Boleh Terlewatkan!
Ayam Goreng Bumbu Rujak

KULINER

Rahasia Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak Enak
Sayur Indonesia

KULINER

7 Sayur Indonesia yang Langka Ditemukan di Luar Negeri
Resep Pie Buah Tintin Reyner dan Cara Membuatnya 100% Mudah

KULINER

Resep Pie Buah Tintin Reyner dan Cara Membuatnya 100% Mudah
Cara Membuat Minas atau Ongol Ongol Kesukaan Song Ji Hyo

KULINER

Cara Membuat Minas atau Ongol Ongol Kesukaan Song Ji Hyo
Cara Menyimpan Tempe yang Baik Agar Tidak Mudah Basi

KULINER

Cara Menyimpan Tempe yang Baik Agar Tidak Mudah Basi
10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling

KULINER

10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling
14 Makanan Khas Madura Hadirkan Citra Rasa Indonesia

KULINER

14 Makanan Khas Madura Hadirkan Citra Rasa Indonesia