Home / KULINER

Rabu, 1 November 2023 - 21:49 WIB

4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus

- Penulis

4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus

4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus

Moccaapedia – Sagu adalah salah satu bahan makanan khas masyarakat Papua yang menjadi pangan utama. Adapun tepung sagu didapatkan dari hasil mengolah batang rumbia yang memang mudah ditemukan di daerah timur. Sekarang, ada banyak olahan sagu yang bisa dibuat tidak hanya oleh masyarakat Papua saja.

Bahan makanan sagu terkenal dengan kandungan karbohidratnya yang tinggi sehingga sering dijadikan sebagai makanan pokok. Tidak hanya itu, sagu juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan kue.

 

Baca Juga :   10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling

 

Olahan Sagu

4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus
4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus

 

Ada banyak makanan yang bisa Anda buat dari sagu menjadi makanan lezat dengan kandungan nutrisi tinggi. Makanan dari sagu di bawah ini tidak hanya menjadi menu makanan utama tetapi juga bisa untuk camilan.

 

  1. Papeda

Papeda adalah olahan bahan dasar tepung sagu yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Makanan ini merupakan makanan asli Papua yang menggugah selera karena rasanya begitu lezat.

Bentuk asli papeda sebenarnya sama dengan bubur hanya saja pembuatannya memanfaatkan tepung sagu serta teksturnya sangat lengket mirip seperti lem. Rasa papeda yang tawar membutuhkan sajian lain sehingga rasa gurihnya semakin terasa.

Anda bisa mengkonsumsi papeda dengan mubara atau ikan tongkol dengan tambahan kunyit. Papeda adalah makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti serat dan rendah kolesterol sehingga aman.

 

  1. Lompong Sagu

Lompong sagu adalah salah satu olahan sagu yang rasanya lezat seperti papeda. Masyarakat Minang sering memasak lompong sagu dan termasuk jenis jajanan tradisional yang sudah mulai sulit ditemukan saat ini.

Bahan utamanya adalah tepung sagu dengan campuran gula aren, kelapa, pisang kepok, dan santan. Cara memasak makanan ini cukup mudah yaitu dengan memanggangnya langsung di atas bara api sehingga aroma panggangannya sangat terasa.

Biasanya masyarakat Minang membuat lompong sagu dengan balutan daun pisang dan tersaji dalam kondisi hangat karena rasa manisnya sangat terasa.

 

Baca Juga :   Sajian Khas Ramadhan di Beberapa Masjid Indonesia, Mau Coba?

 

  1. Sagu Lempeng

Ada lagi namanya sagu lempeng yang merupakan makanan pokok masyarakat Papua dan sangat terkenal di sana. Orang Papua sering menyebutnya dengan istilah roti khas Papua dan bisa Anda nikmati dengan meminum kopi atau teh.

Sesuai dengan namanya, lempeng sagu adalah makanan yang bentuknya berupa lempengan dan cara membuatnya terbilang mudah. Caranya adalah Anda cukup mengolahnya di atas cetakan berbentuk persegi panjang kemudian bakar sampai matang.

Awalnya, rasa yang muncul adalah rasa tawar namun Anda bisa menambahkan gula agar rasa manisnya semakin terasa. Tekstur sagu lempeng sangat keras sehingga Anda perlu mencelupkannya ke cairan seperti teh agar teksturnya semakin melunak.

 

  1. Sagon

Contoh olahan tepung sagu lainnya adalah sagon yang berasal dari Yogyakarta dan termasuk salah satu jajanan tradisional. Sagon walaupun sudah ada sejak dulu namun masih terkenal sampai saat ini karena kelezatannya.

Namun, sudah jarang orang membuat sagon padahal banyak yang menyukainya. Anda bisa menemukan sagon ketika memasuki hari besar seperti Idul Fitri karena termasuk jajanan yang sering dibuat masyarakat.

Bahan-bahannya adalah gula pasir, kelapa parut, tepung sagu, dan tepung ketan. Semua bahan-bahannya dicampur dan dituang ke adonan dengan bentuk lingkaran yang mirip dengan loyang kue tart. Anda bisa memanggangnya di atas anglo yang merupakan kompor dengan arang.

 

Berbagai olahan sagu bisa Anda buat sesuai dengan penjelasan di atas agar Anda bisa mendapatkan makanan yang rasanya lezat. Makanan yang terbuat dari sagu tentu mengandung banyak nutrisi seperti serat dan karbohidrat sehingga baik bagi kebugaran tubuh.

 

Baca Juga :   Resep Olahan Gurita Khusus untuk Keluarga di Rumah

Share :

Baca Juga

10 Kuliner Bandung Unik, Murah, dan Terpopuler

KULINER

10 Kuliner Bandung Unik, Murah, dan Terpopuler
Cemilan Kekinian Zaman Now, Enak dan Mudah Dibuat (Eduas.tv)

KULINER

7 Cemilan Kekinian Zaman Now, Enak dan Mudah Dibuat
Nasi Bebek Khas Madura

KULINER

Rekomendasi Resto Nasi Bebek Khas Madura di Jakarta
Wisata Kuliner Bandung Malam yang Wajib Di Coba (Traveloka)

KULINER

Wisata Kuliner Bandung Malam yang Wajib Di Coba
Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba

KULINER

Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba
5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama

KULINER

5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama
5 Kuliner Khas Bengkulu yang Menyimpan Citra Rasa

KULINER

5 Kuliner Khas Bengkulu yang Menyimpan Citra Rasa
Makanan Dari Huruf F

KULINER

Tantangan Alfabet, Sebutkan Makanan Dari Huruf F!