Home / KULINER

Kamis, 12 Oktober 2023 - 20:50 WIB

14 Makanan Khas Madura Hadirkan Citra Rasa Indonesia

- Penulis

14 Makanan Khas Madura Hadirkan Citra Rasa Indonesia

14 Makanan Khas Madura Hadirkan Citra Rasa Indonesia

Moccaapedia – Kalau Anda sedang berkunjung ke Pulau Garam, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Madura yang rasanya sangat lezat. Salah satu makanan yang bisa Anda cicipi adalah sate Madura yang telah menjamur di luar Pulau Madura.

Tentu saja makanan dari Madura tidak hanya ada sate saja, ada makanan lain yang harus Anda cicipi kalau datang ke Madura. Kalau bisa, Anda membawa makanan dari Madura sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah agar bisa merasakan lezatnya makanan Madura.

 

Baca Juga :   5 Resep Olahan Keju, Kejunya Lumer di Lidah

 

Makanan Khas Madura

14 Makanan Khas Madura Hadirkan Citra Rasa Indonesia
14 Makanan Khas Madura Hadirkan Citra Rasa Indonesia

 

Madura adalah salah satu pulau di Indonesia yang tidak hanya memiliki bentang alam yang indah namun makanannya juga sangat lezat. Jangan lupa untuk mencicipi semua makanan di bawah ini agar tidak menyesal setelah pergi ke Madura.

 

  1. Lorjuk

Lorjuk adalah makanan khas daerah Madura yang terbuat dari olahan kerang dengan tambahan bumbu khusus. Cara mengolah lorjuk sangat beragam yaitu bisa jadi lorjuk goreng, rengginang lorjuk, dan tumis lorjuk.

Rasanya sangat gurih sehingga cocok bagi Anda yang tidak suka makanan pedas. Lorjuk bisa menjadi makanan ringan juga bisa menjadi makanan berat yang sayang kalau Anda lewatkan ketika di Madura.

 

  1. Topak Ladhe

Berikutnya adalah topak ladhe yang bisa Anda temukan di hari-hari besar seperti Idul Fitri. Orang yang baru pertama kali melihatnya pasti akan mengira topak ladhe adalah ketupat sayur. Namun ketika Anda mencicipinya, rasanya sangat berbeda ketupat sayur yang pada umumnya.

Makanan topak ladhe adalah makanan berkuah yang kuahnya terbuat dari berbagai jenis rempah-rempah, parutan kelapa, serta ada tambahan campuran berupa daging sapi. Bahan-bahan tersebut yang membuat topak ladhe memiliki rasa gurih namun tetap terasa nikmat.

 

  1. Nasi Serpang

Nasi serpang adalah rekomendasi makanan khas Madura yang termasuk jenis makanan berat. Anda bisa menemukan nasi serpang di daerah Bangkalan dengan campuran berupa lauk pauk serta hidangan pelengkap lainnya.

Anda bisa menemukan lauk pauk seperti kerupuk kulit, tahu, soun, mie, pepes tongkol udang, dendeng sapi, telur asin, kerang, dan semua bahan-bahan tersebut disiram dengan kuah dari santan. Masyarakat Madura sering menambahkan terasi agar nasi serpan semakin gurih.

 

  1. Kue Apem Asli Madura

Apakah Anda membutuhkan kue ringan setelah memakan makanan berat? Anda bisa mengkonsumsi kue apem asli Madura yang termasuk jajanan tradisional. Bahan utama pembuatan kue apem adalah kayu manis dengan jahe.

Kemudian semua bahan tersebut disiram dengan saus dari gula merah. Rasa manis berasal dari rempah-rempah tersebut dan menjadi kunci kelezatan akan kue apem.

 

  1. Soto Madura

Suka soto dan sedang berada di Madura? Anda bisa mencicipi soto Madura yang dijual di rumah makan. Kuahnya terbuat dari rempah-rempah pilihan dan dimasak dengan menggunakan santan.

Keunikan soto Madura yang tidak dimiliki oleh soto-soto daerah lainnya adalah cara memasak semua bahan soto tidak direbus melainkan digoreng. Hal ini yang membuat kuah soto Madura memiliki rasa gurih.

 

Baca Juga :   Tips Buat Dapur Catering yang Menarik dan Fungsional

 

  1. Sate Madura

Sudah tidak asing lagi bukan dengan makanan ciri khas Madura satu ini? Rasanya pasti berbeda apabila mencicipi sate Madura di kampung halaman dengan di daerah asalnya. Bahan dasar pembuatan sate Madura adalah daging kambing atau daging ayam.

Bagian paling enak dari sate Madura adalah siraman saus kacang yang rasanya gurih. Ditambah lagi dengan daging sate yang sangat empuk, benar-benar membuat Anda ketagihan hingga ingin tambah lagi.

 

  1. Es Kobbu

Butuh yang segar-segar di siang hari yang panas? Anda bisa mengkonsumsi es kobbu. Bahan pembuatan es kobbu adalah air pandan, pala, jahe, cengkeh, dan gula aren lalu semuanya direbus bersama-sama.

Anda bisa menambahkan es kobbu dengan cincau, es batu, atau kelapa muda agar rasanya menjadi lebih segar. Anda tidak perlu khawatir menghabiskan kantong, karena harga es kobbu sangatlah terjangkau.

 

  1. Tajin Sobih

Makanan khas adat Madura selanjutnya adalah tajin sobih yang berasal dari Desa Sobih Kabupaten Bangkalan dan tentunya sangat terkenal. Rasa tajin sobih sangatlah manis dan gurih dengan campuran banyak bahan.

Beberapa bahan dari tajin sobih adalah tepung beras, tepung kanji, tepung beras, kelapa parut, santan, gula merah, air, mutiara merah, garam, gula pasir, sagu, dan daun pandan. Semua bahan tersebut langsung tercampur dalam satu wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

Penjual biasanya menyediakan berbagai pilihan saos yaitu saus gula coklat, kuah santan, kuah putih, dan kuah coklat. Anda bisa mencicipi semua tajin sobih kalau memang penasaran dengan rasanya.

 

  1. Loopis Emas

Loopis emas adalah jajanan yang rasanya sangat manis dan terbuat dari bahan beras ketan. Bentuknya segitiga yang terbungkus rapi dengan daun pisang. Cara menyajikan loopis emas cukup mudah karena tinggal menaruhnya di atas pincuk dan ditambah baluran gula merah dan parutan kelapa.

 

  1. Kaldu Kokot

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar istilah kaldu kokot? Kaldu kokot adalah makanan dari Madura yang terbuat dari kulit sapi dan campuran organ sapi lainnya.

Semua potongan daging dicampur dengan rempah-rempah seperti daun bawang, bawang putih, bawang merah, pala, kacang hijau, dan pala. Rasanya bertamabah lezat karena penyajiannya bersamaan dengan singkong goreng atau dikukus.

 

  1. Kue Apen Dulit

Kue apen dulit adalah salah satu makanan khas Madura yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Pulau Garam. Bahan dasar kue apen dulit adalah kelapa, ragi, santan, dan tepung beras.

Setelah masak, kue apen dulit akan diguyur dengan saus yang terbuat dari daun pandan, kayu manis, jahe, dan gula merah.

 

  1. Bubur Manggul

Ada lagi yaitu bubur manggul yang merupakan makanan Madura dari tepung beras dan dicampur dengan garam, daun salam, dan santan. Ada juga yang menambahkan bubur manggul dengan rempah-rempah lainnya.

Mulai dari daun jeruk, kemiri, ketumbar, kencur, lengkuas, kunyit, cabai merah, bawang putih, dan bawang merah. Masyarakat Madura biasanya menyajikan bubur manggul dengan serundeng kelapa, sambal goreng udang, dan lontong.

Rasa yang muncul setelah mencicipi bubur manggul adalah gurih campur pedas. Anda bisa menemukan bubur manggul di warung-warung Madura pada pagi hari.

 

  1. Rujak Cingur

Anda juga bisa mendapatkan rujak cingur yang juga sudah dikenal oleh banyak orang di luar Pulau Madura. Cingur sendiri berasal dari bahasa Madura yang artinya adalah mulut dan rasa rujaknya juga cukup asin.

Adapun bahan pembuatan rujak cingur adalah kacang panjang, kangkung, kecambah, cingur, tempe, tahu, dan lontong. Ada juga tambahan berupa buah-buahan seperti timun, bengkuang, mangga muda, kedondong, dan nanas.

 

  1. Jubede Sumenep

Kalau datang ke Sumenep jangan lupa mencicipi jubede yang merupakan makanan khas Madura andalan. Anda bisa menjadikan jubede sebagai oleh-oleh karena dijjual di berbagai pusat oleh-oleh Madura.

Bahan utamanya adalah tepung yang dicampur dengan air dan gula merah. Bahan tersebut dibiarkan dulu sampai kental lalu bisa Anda konsumsi.

 

Berbagai makanan khas Madura di atas bisa menjadi pilihan yang tepat apabila sedang berlibur ke Pulau Garam dan ingin berburu kuliner.

 

Baca Juga :   5 Resep Olahan Nangka untuk Camilan

Share :

Baca Juga

Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar

KULINER

Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar
Resep Olahan Daging Sapi Praktis dan Mudah

KULINER

Resep Olahan Daging Sapi Praktis dan Mudah
Rahasia Resep Soto Ayam Kuah Santan Kuning Super Enak

KULINER

Rahasia Resep Soto Ayam Kuah Santan Kuning Super Enak
5 Resep Olahan Nangka untuk Camilan

KULINER

5 Resep Olahan Nangka untuk Camilan
Angsle Ronde Terdekat di Kota Surabaya

KULINER

Angsle Ronde Terdekat di Kota Surabaya, Dijamin Enak
10 Kuliner Bandung Unik, Murah, dan Terpopuler

KULINER

10 Kuliner Bandung Unik, Murah, dan Terpopuler
5 Kuliner Indonesia yang Mendunia Memiliki Cita Rasa Lezat dan Nikmat (Shutterstock)

KULINER

Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Coba
5 Makanan Vegetarian Simpel Untuk Sehari-Hari

KULINER

5 Makanan Vegetarian Simpel Untuk Sehari-Hari