Home / KULINER

Rabu, 4 Oktober 2023 - 12:40 WIB

14 Makanan Khas Sumbawa yang Unik-unik

- Penulis

14 Makanan Khas Sumbawa yang Unik-unik

14 Makanan Khas Sumbawa yang Unik-unik

Moccaapedia – Ketika berkunjung ke Pulau Sumbawa, Anda bisa mencicipi berbagai makanan khas Sumbawa yang memiliki keunikan masing-masing. Ada banyak sekali menu kuliner yang bisa Anda cicipi mulai dari makanan berat hingga makanan manis.

Tentu saja semua makanan yang terdapat di Sumbawa akan mengantarkan pada pengalaman yang berbeda. Anda akan merasa betah di pulau yang terdapat di NTB itu karena bisa mencicipi berbagai makanan andalan.

 

Baca Juga :   3 Resep Olahan Cumi dengan Segudang Rasa

 

Makanan Khas Sumbawa

14 Makanan Khas Sumbawa yang Unik-unik
14 Makanan Khas Sumbawa yang Unik-unik

 

Menu makanan di bawah ini semua tersdia di Sumbawa Nusa Tenggara Barat yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Para wisatawan selalu mengincari menu di bawah ini karena rasanya tidak ada duanya.

 

  1. Palumara

Palumara adalah olahan berupa kepala ikan kuah santan berupa kakap, cakalang, dan ikan tongkol. Selain itu, makanan ini juga ditambah dengan belimbung wuluh dan tomat merah untuk bahan pembuatan kuah. Anda bisa mengkonsumsi palumara di siang hari karena kuahnya tampak segar.

Jenis makanan ini adalah makanan yang tersedia di berbagai tempat di Sumbawa seperti Gunung Tambora, Pantai Kenawa, dan Pantai Lakey. Palumara adalah makanan yang sangat lezat dan harganya juga cukup terjangkau.

 

  1. Uta Londe Puru

Uta londe puru adalah makanan khas suku Sumbawa yang terbuat dari olahan ikan bandeng berukuran jumbo dengan kuah. Keunikannya adalah terdapat pada bumbu bandeng bakar karena hanya menggunakan air garam. Walaupun begitu rasanya bisa sedikit manis dan sangat gurih.

Adapun bahan pelengkap uta londe paru adalah berupa potongan jeruk lemon cui dengan campuran sambal kecap. Anda bisa menikmati kelezatan uta londe paru dengan keluarga sambil menikmati keindahan pantai di Sumbawa.

 

  1. Uta Janga Puru

Wisata kuliner berikutnya yang juga khas Sumbawa adalah uta janga paru berupa ayam berukuran sedang. Caranya membuatnya adalah ayam tersebut dibekak dulu lalu penjual akan memberikan tambahan berupa minyak sayur, garam, merica putih, bawang putih, dan bawang merah.

Setelah ditambah dengan bumbu-bumbu tersebut dalam waktu beberapa menit, pedagang akan langsung membakarnya sampai kecoklatan. Sambal dhoco sia dungga adalah teman makan uta janga paru. Khusus pencinta makanan manis, Anda bisa meminta untuk menambahkan madu sebelum ayam masuk proses bakaran.

Tidak sulit untuk mencari uta janga paru di Sumbawa karena hampir semua rumah makan menjual makanan ini. Bahkan Anda bisa menikmati uta janga paru di pinggir pantai Sumbawa dengan keluarga.

 

  1. Gecok

Gecok adalah salah satu makanan khas Sumbawa yang rasanya gurih dan sangat berlemak. Gecok terbuat dari bahan utama jeroan, hati, dan daging sapi. Cara mengolahnya adalah dengan menggoreng daging sapi dan mencampurnya dengan bumbu tumis khas Sumbawa.

Untuk penambah rasa, pedagang biasanya menambahkan irisan belimbing wuluh sehingga rasanya menjadi segar. Anda bisa membeli gecok di rumah-rumah makan di perjalanan menuju Kota Sumbawa.

 

  1. Rumpu Rampe

Rumpu Rampe adalah kuliner Sumbawa yang terbuat dari daun pepaya. Kebanyakan orang mengira bahwa daun pepaya memiliki rasa pahit sehingga enggan untuk memakannya. Namun, berbeda apabila Anda memakan rumpu rampe di Sumbawa karena daun pepayanya tidak pahit.

Hidangan daun pepaya dicampur dengan bumbu tumis khas masyarakat Sumbawa sehingga rasanya tidak pahit. Bahkan ada pedagang yang juga menambahkan daun singkong sebagai pelengkap.

 

Baca Juga :   11 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba

 

  1. Jagung Catemak

Jagung catemak adalah rekomendasi makanan khas suku Sumbawa berupa kudapan yang memiliki rasa khas seperti kolak. Terdapat tambahan berupa kacang hijau dan labu serta irisan gula merah.

Campuran bahan-bahan tersebut membuat jagung catemak mengeluarkan rasa manis dan gurih secara bersamaan. Anda sebaiknya mengkonsumsi jagung catemak dalam kondisi hangat karena baik untuk tubuh.

 

  1. Sepat

Sepat adalah salah satu makanan Sumbawa yang memiliki keunikan di dalamnya. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan dan rasa sepat lebih difokuskan pada kuahnya. Kuah makanan ini terbuat dari asam asli Sumbawa, kemiri, tomat, ketimus belimbing wuluh, daun aru, manga muda, dan terong.

Kuah yang rasanya asam itu bisa Anda santap dengan ikan bakar seperti baronang atau kakap. Sebagai tambahan, pedagang biasanya memberikan sambal tomat, irisan mentimun, dan nasi putih.

Orang Sumbawa memiliki cara memakan yang cukup unik yaitu menyuwir daging ikan lalu dicelupkan ke dalam kuah. Setelah itu, mereka akan mencocolnya dengan sambal tomat, rasanya pasti segar karena tidak menggunakan cuka.

 

  1. Tumi Sepi

Makanan khas Sumbawa berikutnya adalah tumi sepi yang terbuat dari bahan dasar belimbing wuluh, cabai rawit, dan cabai kerit. Semua bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu hingga memunculkan rasa yang sangat lezat.

Agar lebih lengkap, Anda bisa mengkonsumsinya dengan sayur bening, sayur asam, lalapan, dan cabai rawit dengan tambahan perasan jeruk purut. Rasa yang muncul adalah segar dan pedas dan cocok untuk dikonsumsi saat siang hari.

 

  1. Mangge Mada

Mangge mada adalah makanan dari Sumbawa yang berbahan dasar jantung pisang seperti pisang raja. Alasan menggunakan pisang raja adalah karena bisa menimbulkan rasa gurih yang diolah dengan cabai rawit, rebung, udang bakar, dan daging ayam cincang.

Setelah itu, pedagang biasanya akan menyiram makanan ini dengan kuah putih kecokelatan yang terbuat dari santan kelapa dan jantung pisang bakar.

 

  1. Rarit

Rarit terbuat dari olahan daging sapi cindang setengah kering. Makanan ini terkenal kaya akan rempah-rempah dan aromanya bisa menggugah selera makan. Anda harus mencoba rarit kalau berkunjung ke Sumbawa ya!

 

  1. Putri Mandi

Putri Mandi adalah kue khas daerah Sumbawa yang bisa Anda temukan ketika Bulan Ramadhan. Bahan dasarnya adalah tepung ketan yang dibentuk bulat gepeng lalu direbus sampai mengembang.

Proses pembuatannya dari gula merah yang direbus dengan parutan kelapa setengah tua dengan sedikit air. Setelah gula hancur, Anda bisa menambahkan rebusan ketan dan bisa langsung memakan putri mandi dengan air jahe atau teh hangat sebagai pelengkap.

 

  1. Manjareal

Manjareal adalah kue yang sangat unik dan memiliki aroma khas yang dicetak langsung menggunakan daun lontar. Bahan dasar pembuatan manjareal adalah gula putih dan kacang tanah. Jajanan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Sumbawa karean sangat enak.

 

  1. Permen Jadi

Ada juga permen jadi yang merupakan makanan manis dari daerah Sumbawa dan terbuat dari susu sapi atau kerbau serta gula merah. Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan sampai mengental lalu masukkan ke cetakan.

Setelah itu, potong adonan dalam cetakan menjadi bentuk kecil dan bungkus. Masyarakat biasanya menambahkan ramuan khusus dari asam, terrung para, dan daun pohon lita agar adonan mengental.

 

  1. Dodol Rumput Laut

Dari namanya saja sudah terlihat unik yaitu dodol rumput laut yang selalu menjadi incaran para wisatawan. Masyarakat Sumbawa adalah penghasil rumput laut sehingga menjadikannya komoditas unggulan.

Dodol rumput laut memiliki tekstur lengket dan lembek dengan warna yang mirip seperti jelly yaitu orange, hijau, kuning, cokelat, dan merah. Rasanya juga bermacam-macam ada nanas, melon, durian, labu siam, tomat, dan sebagainya.

 

Makanan khas Sumbawa di atas bisa Anda coba ketika berkunjung ke Sumbawa ya! Anda bisa menjadikannya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah yang tidak pernah berkunjung ke Sumbawa.

 

Baca Juga :   Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat

Share :

Baca Juga

4 Resep Salad Sayur Mudah dan Menyehatkan

KULINER

4 Resep Salad Sayur Mudah dan Menyehatkan
Resep Olahan Susu untuk Menu Camilan di Rumah

KULINER

Resep Olahan Susu untuk Menu Camilan di Rumah
Khusus untuk pencinta keju, mencoba berbagai resep olahan keju adalah ide menarik karena ada banyak makanan berbahan keju yang lezat.

KULINER

5 Resep Olahan Keju, Kejunya Lumer di Lidah
5 Rekomendasi Makanan Cepat Saji Lezat dan Nikmat

KULINER

5 Rekomendasi Makanan Cepat Saji Lezat dan Nikmat
5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama

KULINER

5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama
10 Brand Minyak Goreng Terbaik di Indonesia

KULINER

10 Brand Minyak Goreng Terbaik di Indonesia
Cara Membuat Minas atau Ongol Ongol Kesukaan Song Ji Hyo

KULINER

Cara Membuat Minas atau Ongol Ongol Kesukaan Song Ji Hyo
Resep Sambal Terasi yang Enak dan Lezat, Gampang Buatnya

KULINER

Resep Sambal Terasi yang Enak dan Lezat, Gampang Buatnya