Home / KESEHATAN

Rabu, 18 Oktober 2023 - 09:37 WIB

Bahan Pewarna Alami yang Baik Dikonsumsi

- Penulis

Bahan Pewarna Alami yang Baik Dikonsumsi

Bahan Pewarna Alami yang Baik Dikonsumsi

Moccaapedia – Bahan pewarna alami bisa digunakan untuk mempercantik makanan yang berasal dari buah, sayur, dan bumbu-bumbu dapur lainnya. Bahan pewarna tersebut aman dikonsumsi dan digunakan pada makanan bahkan baik untuk kesehatan.

Sekarang, kalau Anda ingin mempercantik makanan bisa dengan pewarna alami saja yang mudah ditemukan di mana-mana. Tidak hanya itu, pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan juga harganya sangat murah sehingga mengandung banyak nutrisi.

 

Baca Juga :   Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa¬†

 

Bahan Pewarna Alami

Bahan Pewarna Alami yang Baik Dikonsumsi
Bahan Pewarna Alami yang Baik Dikonsumsi

 

Pewarna alami tidak hanya untuk mempercantik tampilan makanan saja tetapi juga untuk menambah citra rasa sekaligus menutrisi tubuh. Pewarna makanan sintetis memang lebih menarik, hanya saja berbahaya bagi kesehatan.

 

  1. Wortel untuk Pemberi Warna Orange

Sayuran wortel sangat terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk mata karena mengandung vitamin A. Selain itu, wortel juga bermanfaat sebagai pewarna alami orange karena mengandung banyak beta karoten.

Tidak hanya memberikan warna orange tetapi wortel juga bersifat antioksidan sehingga bisa menjaga kesehatan tubuh. Caranya sangat mudah yaitu cukup mencampurkan jus wortel dalam makanan secukupnya saja contohnya saja adonan kue.

 

  1. Bluberi dan Ubi Ungu untuk Pemberi Warna Ungu

Pewarna dari bahan alami berikutnya adalah ungu yang berasal dari ubi ungu dan bluberi. Warna ungu tersebut berasal dari pigmen alami dari antosianin. Kandungan tersebut baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena bersifat sebagai antioksidan.

Tidak hanya ubi ungu, bluberi juga berperan dalam memberikan warna ungu dengan adanya pigmen antosianin. Bluberi bisa menjadi alternatif lain untuk memberikan warna ungu pada makanan selain ubi ungu.

 

  1. Jus Bayam Warna Hijau

Berikutnya ada jus bayam yang bisa menjadi pewarna alami sehingga menghasilkan warna hijau. Pada produk mie sehat berwarna hijau, pewarna tersebut berasal dari jus bayam. Selain bayam, sayuran lain seperti kale dan brokoli juga bisa menjadi pewarna karena di dalamnya terdapat zat warna hijau.

Tidak hanya bermanfaat untuk mempercantik makanan, klorofil dalam sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung antioksidan dan vitamin. Warna hijaunya memang tidak menarik seperti pewarna sintetis, walaupun begitu ada banyak kandungan nutrisi.

 

  1. Jus Bit untuk Warna Pink

Jus bit bisa menjadi salah satu bahan pewarna alami yang bisa menimbulkan warna merah muda cerah. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit jus bit ke masakan Anda lalu akan muncul perubahan warna menjadi merah muda.

Bit merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki kandungan berupa pigmen merah dan terkenal dengan istilah betanin. Mencampurkan jus bit ke kue atau mie dapat memberikan warna pink sehingga tampilannya menjadi lebih menarik.

 

  1. Paprika Warna Merah

Berikutnya adalah paprika yang bisa menghasilkan warna merah dan berasal dari senyawa alami bernama capsanthin serta capsorubin. Anda tidak hanya bisa menggunakan paprika pada makanan tetapi juga pada obat-obatan dan produk kecantikan.

 

Baca Juga :   5 Manfaat Buah Untuk Kesehatan, Umur Panjang!

 

  1. Kuning dari Kunyit

Kuning dari kunyit adalah pewarna alami pada bahan makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Warna kuning tersebut berasal dari senyawa alami bernama kurkumin yang terkandung di dalam kunyit.

Kunyit sebagai bumbu dapur bisa bermanfaat sebagai bahan makanan contohnya untuk opor ayam atau nasi kuning. Tidak hanya memberikan warna kuning pada makanan, kunyit juga bisa menambah citra rasa dan nutrisi dalam makanan sehingga tubuh menjadi sehat.

 

  1. Daun Pandan

Bahan pewarna alami berikutnya adalah daun pandan yang bisa menghasilkan warna hijau. Daun pandan sering menjadi pewarna makanan tradisional walaupun makanan jaman sekarang sehingga tampilannya menjadi lebih cantik.

Makanan yang menggunakan daun pandan bisa membuat makanan menjadi lebih wangi dan sedap. Anda bisa menggunakan daun pandan dalam bentuk bubuk pandan, kering, pasta, maupun daun pandan yang masih segar.

 

  1. Sawi Hijau

Anda bisa menggunakan sawi hijau untuk menghasilkan warna hijau seperti pakcoy serta sawi caisim. Anda bisa mendapatkan warna hijau pada sawi sama dengan bayam, hanya saja hindari sawi pahit karena akan berpengaruh pada rasa makanan.

 

  1. Buah Naga

Buah yang bisa menjadi pewarna alami adalah buah naga karena kaya akan antioksidan. Pada bagian kulitnya memiliki nutrisi karena bagian dalamnya berwarna merah. Agar bisa mendapatkan warna dari buah naga bisa menggunakan kulitnya lalu mencucinya sampai bersih.

Setelah itu, keringkan kulit buah naga lalu potong-potong kecil. Kemudian blender potongan kulit sampai halus menjadi bubur kemudian saring sampai halus. Anda bisa mencampurkan hasil saringan tersebut pada makanan dan lihat bagaimana warna makanan akan berubah menjadi merah.

 

  1. Biru dari Bunga Telang

Apakah Anda membutuhkan warna biru dari pewarna alami untuk makanan? Anda bisa menggunakan bunga telang yang merupakan salah satu jenis tanaman perdu. Bunga telang memiliki pigmen antosianin yang memberikan warna alami.

Cara membuatnya juga terbilang mudah yaitu cukup petik beberapa bunga telang lalu tumbuk dan campurkan dengan air. Setelah itu peras bunga telang lalu saring ekstraknya dan gunakan sebagai pewarna alami.

 

  1. Warna Coklat dari Biji Kakao

Berikutnya adalah warna coklat yang bisa dihasilkan dari biji tanaman kakao yang sudah dibentuk menjadi bubuk. Cara membuatnya juga mudah karena tinggal menumbuk biji coklat sampai halus lalu campurkan bubuk tersebut pada kue dan makanan.

 

  1. Warna Hitam dari Arang Merang

Tahukah Anda apa itu arang merang? Arang merang adalah bahan pewarna makanan alami yang bisa memunculkan warna hitam. Arang merang sendiri berasal dari batang padi yang sudah mengering lalu Anda bisa membakarnya menjadi arang.

Setelah itu, rendam arang yang sudah dibakar sampai warnanya berubah menjadi hitam. Pakai pewarna tersebut dalam makanan atau kue yang akan Anda buat.

 

  1. Warna Putih dari Santan

Santan atau sari pati kelapa bisa menghasilkan warna putih seperti susu sehingga warnanya tampak alami. Cara membuatnya juga sangat mudah yaitu cukup parut kelapa dan tambahkan dengan sedikit air.

Peras parutan tersebut lalu hasilnya adalah berupa air berwarna putih. Anda bisa menggunakan santan tersebut untuk mengolah makanan dan kue apapun agar lebih sehat dan nikmat.

 

  1. Bawang Bombay dan Bawang Merah

Berikutnya adalah pewarna alami merah yang berasal dari bawang bombay dan bawang merah. Anda bisa memanfaatkan kulit bawang merah tersebut karena mengandung pigmen berwarna merah dari antosianin.

Sedangkan pada bawang bombay memiliki pigmen kulit berwarna kuning kecoklatan yang berasal dari rentang coklat muda menuju ke area bawang. Sekarang sudah banyak orang yang menggunakan bawang bombay dan bawang merah sebagai pewarna makanan alami.

  1. Alpukat

Buat lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai bahan pewarna alami adalah alpukat. Alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin serta mampu menghasilkan warna coklat. Adapun kulit dan bijinya bisa menghasilkan dua warna yaitu merah muda dan coklat.

 

  1. Daun Ketapang

Terakhir adalah daun Ketapang yang terkenal di Kawasan pantai dan sering dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir. Pigmen daun Ketapang adalah kecoklatan, namun jika dicampur dengan larutan tertentu warnanya berubah menjadi hitam.

 

Semua bahan pewarna alami di atas aman untuk dikonsumsi bahkan bisa juga meningkatkan citra rasa pada makanan.

 

Baca Juga :   Menyibak Mitos Perawatan Rambut dan Faktanya Sebenarnya

Share :

Baca Juga

Yuk Kenali Perbedaan Darah Rendah Dan Kurang Darah Agar Tidak Salah Obat!

KESEHATAN

Yuk Kenali Perbedaan Darah Rendah Dan Kurang Darah Agar Tidak Salah Obat!
Obat Luka Bakar Alami Agar Cepat Pulih

KESEHATAN

Obat Luka Bakar Alami Agar Cepat Pulih
masker wajah

KESEHATAN

5 Tips Perawatan Kulit Sehat dengan Masker Wajah
Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan

KESEHATAN

Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan
Mengenal Olimex Minyak Ikan Gabus dan Manfaatnya

KESEHATAN

Mengenal Olimex Minyak Ikan Gabus dan Manfaatnya
4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur

KESEHATAN

4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur
Gejala Alergi Susu Formula

KESEHATAN

Gejala Alergi Susu Formula, Penyebab, dan Cara Mengatasi
8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa Bulan Ramadhan

KESEHATAN

8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa Bulan Ramadhan