Home / KESEHATAN

Senin, 7 Agustus 2023 - 23:37 WIB

5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

- Penulis

5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Moccaapedia – Makanan yang mengandung protein sangat dibutuhkan oleh tubuh karena sangat baik bagi kesehatan tubuh. Protein bermanfaat untuk memperbaiki sel pada tubuh, memproduksi sel baru, serta membantu proses metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein secara rutin. Makanan dengan kandungan protein tinggi juga cocok bagi seseorang yang sedang melakukan diet sehat sehingga dapat meningkatkan massa otot.

 

Baca Juga :   Resep Cappuccino ala Cafe Pakai Omela Foaming Milk yang Enak

 

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi
5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

 

Bagi Anda yang ingin hidup sehat dan menurunkan berat badan dengan cara sehat bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein. Beberapa makanan ini bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

  1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan yang mengandung protein tinggi sekitar setiap 100 gram brokoli mengandung 2.8 gram protein. Tidak hanya terdapat protein saja, di dalam brokoli juga ada vitamin K dan vitamin C. Lalu apa saja manfaat mengkonsumsi brokoli bagi kesehatan?

  • Memelihara Organ Pencernaan

Sayuran ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan organ pencernaan. Anda bisa memberikan brokoli kepada anak agar organ pencernaan tidak mengalami masalah seperti sembelit.

  • Menjaga Berat Badan Anak

Selain itu, brokoli juga bermanfaat untuk menjaga berat badan anak agar tetap sehat dan ideal. Brokoli adalah sayuran yang memiliki kandungan glikemik rendah serta cocok untuk menurunkan berat badan. Tentu saja dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin, akan terhindar dari risiko terjadinya obesitas.

  • Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat dari brokoli yang berikutnya adalah bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Selain serat dan protein, kandungan lain yang terdapat dalam brokoli adalah vitamin C.

Peran dari vitamin C sendiri adalah untuk menangkal radikal bebas, memperkuat jaringan pada tubuh, dan mengusir infeksi yang disebabkan oleh kuman. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memberikan brokoli kepada anak agar bisa suka mengkonsumsi sayuran.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Selain itu, brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata anak yang sering bermain gadget. Ada kandungan A di dalam brokoli termasuk zeaxanthin dan lutein yang bisa melindungi mata dari kerusakan akibat gadget dan sinar ultraviolet.

 

  1. Daging Dada Ayam

Contoh makanan yang mengandung protein adalah daging dada ayam yang juga rendah lemak. Daging dada ayam bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang Anda suka, karena dalam 100 gram daging dada ayam mengandung 31 gram protein.

Kandungan  lain yang terdapat di daging dada ayam adalah selenium, kolin, dan vitamin B. Akan tetapi, agar manfaatnya bisa terasa sebaiknya tidak mengkonsumsi daging dada ayam dengan kulit.

Hal ini karena kulit dari dada ayam memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi dan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi daging dada ayam tanpa kulit.

  • Membangun Otot

Buat Anda yang ingin menambah beban otot bisa mengkonsumsi daging dada ayam karena kandungan protein di dalamnya bisa mempertahankan massa otot. Daripada menumpuk lemak, sebaiknya meningkatkan massa otot agar tubuh terlihat lebih sehat.

Namun, agar massa otot bisa cepat bertambah Anda perlu mengkonsumsi dada ayam dan diiringi dengan latihan kekuatan. Menjaga asupan protein pada tubuh akan membantu mencegah kehilangan banyak massa otot selama proses diet.

  • Menguatkan Tulang

Semua ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi. Protein dan kalsium bekerja sama dalam tubuh untuk menyehatkan tulang. Namun, sebaiknya tidak mengkonsumsi dada ayam dengan kulit agar proses penurunan berat badan Anda tidak gagal.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Terakhir adalah bisa menurunkan tekanan darah menjadi lebih stabil. Selain menyeimbangkan tekanan darah, diet dengan mengkonsumsi dada ayam juga bisa membantu Anda dalam mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Kandungan lain seperti vitamin B3 dalam dada ayam juga membawa efek positif bagi tubuh yaitu menurunkan kadar kolesterol.

 

Baca Juga :   7 Jenis Tanaman Obat yang Kaya Akan Manfaat

 

  1. Telur

Jenis makanan yang mengandung protein tinggi adalah telur yang berisi 6 gram protein. Tentu saja ada banyak manfaat apabila Anda rutin mengkonsumsi telur yaitu sebagai berikut.

  • Meningkatkan Fungsi Kognitif

Telur bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kognitif karena di dalamnya juga mengandung banyak nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi telur secara rutin akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Selain protein ada juga kandungan lain yang memiliki peran penting dalam telur yaitu lemak. Mengapa telur bisa membantu seseorang untuk diet? Hal ini karena memakan telur dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Anda bisa mengkonsumsi telur saat sarapan sehingga rasa kenyang dapat bertahan lebih lama. Tidak hanya itu, telur juga membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh.

  • Menyehatkan Kulit

Perawatan kulit sebaiknya tidak hanya dilakukan dari luar sana tetapi juga dari dalam yaitu dengan menjaga pola makan. Kandungan yang berperan dalam menyehatkan kulit adalah selenium karena bisa membuat kulit menjadi lebih cerah.

Caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi telur setiap pagi maka hasilnya akan terlihat dari kulit yang menjadi lebih ternutrisi.

 

  1. Kacang-Kacangan

Makanan yang mengandung protein adalah kacang-kacangan yang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Setiap 100 gram kacang-kacangan terdapat 26 gram protein, sedangkan dalam 28 gram kacang almond, ada 6 gram protein di dalamnya.

Selain kacang almond, Anda juga bisa mengkonsumsi kacang tanah yang direbus karena banyak kandungan lain di dalamnya selain protein. Adapun manfaat mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan Fungsi Arteri

Kacang-kacangan dapat meningkatkan fungsi arteri agar proses aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Tidak hanya ada protein saja, tetapi juga kandungan lain seperti arginin.

Arginin sendiri merupakan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses aliran darah dalam pembuluh darah.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Berikutnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung karena kadar kolesterol berkurang. Konsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang cukup bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

  • Menjaga Kesehatan Bagi Penderita Diabetes

Terakhir adalah bermanfaat bagi penderita diabetes karena ada kandungan karbohidrat di dalamnya sehingga tekanan gula darah tetap stabil. Kacang-kacangan juga memiliki zat antiradang sehingga bisa mengalami peradangan yang terjadi dalam tubuh.

 

  1. Makanan Laut

Makanan laut termasuk bahan pangan yang memiliki kandungan protein tinggi, dalam 100 gram makanan laut terdapat 100 gram protein. Contoh makanan laut adalah kerang dan ikan yang juga mengandung merkuri. Oleh karena itu, dalam membeli ikan perlu hati-hati. Adapun manfaat mengkonsumsi makanan laut yaitu sebagai berikut.

  • Baik Bagi Kesehatan Mental

Tidak hanya baik bagi fisik saja, makanan laut juga bagus untuk kesehatan mental karena bisa meningkatkan suasana hati. Ada kandungan berupa asam lemak omega 3 yang bisa mengatasi masalah pada kesehatan mental. Namun, bukan berarti ikan bisa menyembuhkan secara total gangguan mental, hanya saja bisa menstabilkan kondisinya.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Terakhir adalah menjaga kesehatan otak yang bisa menurun seiring bertambahnya umur. Padahal masalah otak bisa dijaga selagi muda dengan mengkonsumsi makanan sehat.

 

Semua makanan yang mengandung protein di atas adalah makanan sehat dan bergizi yang juga mengandung zat gizi lain.

 

Baca Juga :   Gejala Alergi Susu Formula, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Share :

Baca Juga

8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

KESEHATAN

8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan
Mengetahui Titik Umum Akupuntur Untuk Asam Lambung Serta Manfaatnya!

KESEHATAN

Mengetahui Titik Umum Akupuntur Untuk Asam Lambung Serta Manfaatnya!
Nyeri Tenggorokan Tanda Omicron

KESEHATAN

Nyeri Tenggorokan Tanda Omicron dan Cara Mengatasinya?
20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat

KESEHATAN

20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat
4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur

KESEHATAN

4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur
5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

KESEHATAN

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi
Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan

KESEHATAN

Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan

KESEHATAN

Inilah Doa Minta Rezeki Tak Terduga dan Halal untuk Muslim