Home / KESEHATAN

Kamis, 10 November 2022 - 10:25 WIB

Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu

- Penulis

Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu

Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu

Menjaga Kesehatan Ginjal

Moccaapedia – Agar fungsi ginjal di dalam tubuh bisa berjalan dengan normal, kamu harus berupaya untuk menjaga kesehatan ginjal secara konsisten dan disiplin.

Ginjal merupakan organ yang memiliki fungsi cukup penting bagi tubuh, terutama dalam membersihkan darah dari semua zat atau senyawa yang mengandung racun sebelum dialirkan ke seluruh jaringan tubuh. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk menghasilkan hormon yang membantu produksi vitamin D untuk kesehatan tulang, dan sel darah merah eritropoietin untuk mengatur tekanan darah agar tetap stabil.

Dengan perannya yang sangat penting, sudah semestinya kamu menjaga kesehatan ginjal agar bisa hidup dengan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Lebih baik mencegah kerusakan ginjal sedini mungkin dari pada harus mengobatinya dikemudian hari. Ada banyak cara mudah untuk pencegahannya yang bisa kamu lakukan sehari-hari. Simak ulasannya berikut!

Baca Juga :   4 Olahraga Menaikkan Berat Badan Paling Efektif

5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Berikut cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu lakukan, cobalah untuk terus konsisten dan disiplin ya.

1. Menjaga pola makan

Memperhatikan asupan makanan sehari-hari tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama pada ginjal. Karena sebagian besar dari munculnya penyakit ginjal adalah  diabetes dan tekanan darah tinggi, dimana keduanya bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat.

Seperti terlalu banyak mengkonsumsi lemak, makanan manis, minuman berkafein, dan lainnya. Kamu bisa mulai untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayuran, protein nabati, dan hewani dalam jumlah yang cukup.

Semua makanan dimasak dengan cara yang benar agar nutrisinya tetap terjaga dan bisa diserap oleh tubuh dengan maksimal. Jika memungkinkan, usahakan untuk membatasi konsumsi makanan yang banyak mengandung purin dan lemak, misalnya jeroan. Karena makanan tersebut bisa meningkatkan kadar asam urat yang akan mengganggu kinerja ginjal.

2. Minum air putih dalam jumlah yang cukup

Minum air putih dua liter per hari ternyata bisa membantu kinerja ginjal untuk mempermudah proses penyaringan senyawa beracun pada darah. Melalui penyaringan ini, ginjal membuang zat yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh. Air akan membantu saluran pembuluh darah tetap terbuka, sehingga darah bisa dengan lancar melewati ginjal.

Baca Juga :   Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa

Selain itu, minum air putih dalam jumlah yang cukup juga bisa menjaga keseimbangan mineral dan cairan dalam tubuh, karena ginjal memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga konsistensi jumlah cairan dan mineral harian untuk membuat otot, saraf, dan jaringan berfungsi dengan sangat baik.

3. Berolahraga secara rutin

Cara menjaga kesehatan ginjal yang selanjutnya adalah melakukan olahraga secara rutin. Pasalnya, olahraga bisa membantu tubuh mengontrol tekanan darah, jumlah kolesterol, dan glukosa dalam tubuh. Ketiga hal tersebut sangat perlu dikendalikan untuk mencegah munculnya penyakit ginjal.

Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan hingga sedang terlebih dahulu seperti jalan santai, bersepeda, senam, dan lainnya. Kamu bisa melakukan jenis olahraga apapun yang disukai, yang terpenting kamu bisa secara konsisten dan disiplin dalam menjalankannya.

4. Jangan meminum obat tanpa resep dokter

Mengkonsumsi obat-obatan terlalu sering dalam jumlah yang cukup banyak dapat merusak ginjal. Mengapa demikian? Karena ginjal berperan untuk membuang sisa-sisa obat dari tubuh. Oleh sebab itu, jangan pernah sembarangan mengkonsumsi obat tanpa anjuran dari dokter karena cepat atau lambat dapat merusak ginjal.

5. Hindari rokok

Sejumlah zat beracun yang terkandung dalam rokok bisa masuk ke dalam tubuh dan menghambat aliran darah, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah, hal ini tentunya bisa menyebabkan hipertensi yang bisa memicu timbul penyakit ginjal. Maka dari itu, segeralah berhenti merokok untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat.

Itulah lima cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu coba. Tidak ada kata terlambat untuk merawat dan menjaga kesehatan tubuhmu.

Baca Juga :   5 Masalah Kesehatan Saat Puasa Sering Terjadi Ini Solusinya

 

Share :

Baca Juga

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

KESEHATAN

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi
5 Cara Mengobati Sariawan Tanpa Obat yang Ampuh Dilakukan di Rumah

KESEHATAN

5 Cara Mengobati Sariawan Tanpa Obat yang Ampuh Dilakukan di Rumah
Khasiat Madu Bajakah Borneo Bagi Kesehatan

KESEHATAN

Khasiat Madu Bajakah Borneo Bagi Kesehatan
Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba Biar Stay Strong Walau Udara Panas Dingin  

KESEHATAN

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba, Supaya Tetap Kuat
Pertolongan Pertama saat Asam Lambung

KESEHATAN

Sesak Napas? Ini Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik
7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

KESEHATAN

7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan
4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur

KESEHATAN

4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur
Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?

KESEHATAN

Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?