Home / KESEHATAN

Minggu, 30 Oktober 2022 - 10:21 WIB

Yuk Ketahui Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh

- Penulis

Yuk Ketahui Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh (Shutterstock)

Yuk Ketahui Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh (Shutterstock)

Pentingnya Air Putih

Moccaapedia – Ketahui pentingnya air putih bagi tubuh. Mulai dari untuk menjaga cairan dalam tubuh, sampai mencegah obesitas loh. Simak ulasan lengkapnya!

Air putih merupakan cairan yang sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Tidak hanya manusia, bahkan hewan dan tumbuhan pun membutuhkan air putih. Tak heran edukasi tentang pentingnya air putih dalam kehidupan harus terus dilakukan agar kita semua mengetahui cara menjaga kesehatan dengan air putih.

Saat ini sudah banyak bermunculan minuman-minuman dengan berbagai rasa. Meskipun bagi sebagian orang rasanya dinilai enak, tapi kita tetap tidak boleh melupakan air putih. Minum air putih setiap hari harus dilakukan demi menjaga kesehatan.

Baca Juga :   MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa

Pentingnya Air Putih Untuk Tubuh

Apa pentingnya minum air putih? Pertanyaan tersebut sering muncul dari para penggemar minuman selain air putih. Jawabannya adalah air putih penting untuk dikonsumsi karena mengandung banyak manfaat.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari minum air putih. Tidak sekadar menyegarkan dan menghilangkan dahaga, tapi juga bermanfaat bagi tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian ilmiah, ada banyak manfaat minum air putih bagi tubuh. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, tapi minum air putih juga memiliki peran penting untuk kesehatan psikis. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini.

Mencegah Dehidrasi

Manfaat minum air putih yang paling utama adalah mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Sebagaimana diketahui, 60 persen tubuh terdiri dari cairan. Oleh karena itu sangat penting minum air putih untuk mencegah dehidrasi sekaligus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Sendi dan Otot

Minum air putih secara rutin juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan sendi dan otot. Karena setiap sendi dalam tubuh memerlukan pelumas yang berasal dari cairan agar tidak kaku dan bisa bergerak dengan leluasa. Selain itu, air putih juga membantu memberikan energi pada otot agar tidak mudah lelah.

Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Sudah menjadi rahasia umum bahwa minum air putih bisa membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Racun-racun penyebab penyakit kronis itu biasanya bersarang di saluran pencernaan, ginjal, dan organ dalam tubuh lainnya.

Baca Juga :   Khasiat Madu Bajakah Borneo Bagi Kesehatan

Peran air putih adalah membantu meluruhkan racun-racun agar bisa keluar bersama kotoran-kotoran. Namun perlu diingat bahwa minum air terlalu banyak juga tidak baik karena bisa berpotensi tubuh mengalami keracunan dan gangguan fungsi otak. Jadi alangkah baiknya jika minum air secukupnya sesuai anjuran.

Mencegah Kenaikan Berat Badan

Konsumsi air putih ternyata juga bisa mencegah kenaikan berat badan. Karena air putih akan membantu membakar lemak yang masuk dalam tubuh dan membuangnya bersama kotoran yang keluar dari tubuh. Dengan terbakarnya lemak, maka secara tidak langsung akan mencegah kenaikan berat badan.

Membantu Otak Lebih Fokus

Selain bermanfaat untuk tubuh secara fisik, rajin minum air putih juga bermanfaat secara psikis untuk membantu otak lebih fokus. Otak membutuhkan cairan yang cukup agar tetap bisa bekerja dengan optimal. Oleh karena itu air putih sebagai salah satu sumber cairan dalam tubuh sangat penting dikonsumsi untuk membantu otak lebih fokus.

Jadwal Minum Air Putih yang Baik

Sesuai dengan hasil penelitian ilmiah yang dijadikan standar WHO, minum air putih dengan rutin sangat penting bagi tubuh manusia. Bagi orang dewasa, setidaknya dalam satu hari minum delapan gelas air putih atau 2 liter.

Bagi kamu yang merasa kesulitan untuk mengatur jadwal minum air yang baik, ikuti aturan yang disarankan oleh para dokter dan ahli kesehatan berikut ini.

  • Bangun tidur (1 gelas)
  • Sebelum makan pagi (1 gelas)
  • Setelah makan pagi (1 gelas)
  • Sebelum makan siang (1 gelas)
  • Setelah makan siang (1 gelas)
  • Sebelum makan malam (1 gelas)
  • Setelah makan malam (1 gelas)
  • Sebelum tidur (1 gelas)

Selain jadwal tersebut, kamu juga bisa minum air putih di waktu-waktu lain sesuai kebutuhan. Misal sebelum dan setelah olahraga. Hal yang perlu diperhatikan adalah dalam kurun waktu 1 jam tidak dianjurkan minum air putih lebih dari 1 liter.

Meskipun minum air putih baik untuk kesehatan, tapi tetap ingat bahwa pentingnya air putih bagi tubuh juga memiliki batasan sesuai anjuran dari dokter dan ahli kesehatan.

Baca Juga :   Cara Cek E-KTP Lewat HP Menggunakan NFC, Awas Palsu!

 

Share :

Baca Juga

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba Biar Stay Strong Walau Udara Panas Dingin  

KESEHATAN

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba, Supaya Tetap Kuat
Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

KESEHATAN

Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya
8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

KESEHATAN

8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan
Level Taksonomi Marzano yang Tertinggi Adalah Self Sistem

KESEHATAN

Level Taksonomi Marzano yang Tertinggi Adalah Self Sistem
8 Bahan Alami untuk Rambut Rontok, Dijamin Ampuh

KESEHATAN

8 Bahan Alami untuk Rambut Rontok, Dijamin Ampuh
Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan

KESEHATAN

Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan
masker wajah

KESEHATAN

5 Tips Perawatan Kulit Sehat dengan Masker Wajah
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa

KESEHATAN

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa