Home / KESEHATAN

Senin, 20 November 2023 - 18:47 WIB

7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala

- Penulis

7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala

7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala

Moccaapedia – Demam adalah penyakit yang umum menyerang manusia dan bisa menjadi pertanda suatu penyakit muncul pada tubuh. Demam bisa disebabkan oleh perubahan suhu atau iklim yang tidak menentu oleh karena itu Anda perlu menyediakan obat demam alami untuk jaga-jaga.

Hal ini karena demam bisa menyerang kapan saja sehingga Anda bisa melakukan pertolongan pertama dengan obat-obatan alami. Kategori demam ringan berada di 38 derajat dan jika lebih maka Anda perlu pergi ke dokter.

 

Baca Juga :   Tips Atur Minum Air Putih Saat Puasa agar Kebutuhan Tetap Terpenuhi

 

Obat Demam Alami

7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala
7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala

 

Ketika demam masih dalam kondisi normal sebaiknya Anda perlu memperbanyak istirahat saja dan mengkonsumsi obat-obatan alami. Contohnya adalah air jahe yang memiliki kandungan tertentu untuk meredakan demam.

 

  1. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya dapat berperan sebagai bahan makanan saja melainkan juga bisa menjadi obat-obatan alami karena cukup ampuh. Cara mengkonsumsinya adalah dengan menyiapkan bawang putih lalu dihaluskan ke makanan atau teh lalu Anda bisa mengkonsumsinya.

Di dalam bawang putih terdapat kandungan berupa antiseptik, antibiotik, dan antivirus yang bermanfaat untuk menyerang infeksi karena demam. Manfaat bawang putih dalah bisa mengeluarkan racun penyebab demam sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

 

  1. Kelor

Kelor adalah obat demam alami yang memiliki kandungan berupa antioksidan, mineral, dan vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Cara kerja kelor adalah dengan mengeluarkan racun penyebab demam dari dalam tubuh.

 

  1. Kayu Manis

Berikutnya ada kayu manis yang juga sering menjadi bahan masakan dan ternyata terbilang ampuh dalam meredakan gejala demam. Cara membuat obat demam dari kayu manis adalah dengan mencampurkan bahan masakan tersebut ke madu dan air panas.

Setelah itu Anda bisa langsung mengkonsumsinya secara rutin sampai demam membaik. Adapun kandungan dalam kayu manis adalah antiperadangan, antivirus, analgesik, dan antibakteri yang bisa menurunkan demam secara cepat.

 

  1. Air Jahe

Jahe adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang juga membawa banyak manfaat bagi tubuh salah satunya adalah demam. Cara membuat obat demam dari jahe adalah dengan menggiling atau memarutnya sampai halus dan masukkan ke air panas.

Anda bisa meminum air jahe tersebut ketika sudah mulai mendingin agar lebih nyaman saat diminum. Obat demam satu ini terbilang ampuh untuk mengatasi demam karena di dalamnya mengandung antiperadangan dan zat antimikroba.

Tidak hanya demam, Anda bisa mengandalkan air jahe untuk mengatasi beberapa penyakit lain seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan flu. Selain itu, And ajuga bisa menambahkan madu agar rasa air jahe tidak terlalu pahit saat diminum.

 

Baca Juga :   8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa Bulan Ramadhan

 

  1. Astragalus

Astragalus adalah salah satu obat demam alami yang juga terbilang ampuh sehingga sangat bisa untuk menurunkan demam tinggi. Manfaat astragalus adalah bisa membentuk antibodi, meningkatkan sistem imunitas tubuh, dan meningkatkan produksi sel darah putih.

 

  1. Kayu Putih

Fungsi kayu putih dalam meredakan gejala demam adalah untuk membantu membersihkan bronkial dan infeksi karena sinus. Cara menggunakannya juga sangat mudah yaitu dengan menghirup bau kayu putih dalam bentuk minyak esensial yang diteteskan ke air panas.

Anda juga bisa menggosokan minyak kayu putih ke dada agar bisa melegakan pernapasan sekaligus meninggalkan efek aromaterapi.

 

  1. Cuka Sari Apel

Terakhir adalah cuka sari apel yang dapat bekerja dengan efektif untuk mengatasi gejala demam ringan. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan panas dari dalam tubuh sehingga tubuh Anda akan lebih dingin.

 

Ketujuh obat demam alami di atas bisa Anda gunakan sebagai obat darurat ketika anak tiba-tiba demam. Kalau demam tidak turun juga, Anda bisa langsung membawa anak ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga :   Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba, Supaya Tetap Kuat

Share :

Baca Juga

Manfaat Kelapa Hijau Untuk Kesuburan dan Promil

KESEHATAN

Manfaat Kelapa Hijau Untuk Kesuburan dan Promil
minum air putih

KESEHATAN

Tips Atur Minum Air Putih Saat Puasa agar Kebutuhan Tetap Terpenuhi
7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

KESEHATAN

7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan
Beda Anak Speech Delay dan Autis

KESEHATAN

Beda Anak Speech Delay dan Autis, Orang Tua Wajib Tahu!
Ciri Ciri Jerawat Pubertas

KESEHATAN

Wow, Kenali Ciri Ciri Jerawat Pubertas dan Penyebabnya
Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan

KESEHATAN

Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan
Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan

KESEHATAN

Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan
Manfaat Bersihkan Karang Gigi di Palu: Konsultasi Lengkap untuk Hasil Maksimal

KESEHATAN

Manfaat Bersihkan Karang Gigi di Palu: Konsultasi Lengkap untuk Hasil Maksimal