Home / KESEHATAN

Senin, 20 November 2023 - 21:24 WIB

8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

- Penulis

8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

Moccaapedia – Kopi seperti sudah menjadi minuman sehari-hari yang bisa mengusir kantuk agar tetap lancar dalam melakukan aktivitas. Namun, tahukah Anda bahwa ada dampak minum kopi berlebihan yang perlu Anda ketahui?

Anda perlu menjaga kesehatan tubuh, pembuluh darah, dan jantung sehingga sebaiknya mengurangi konsumsi kopi secara berlebihan. Walaupun Anda membutuhkan kopi agar tidak mudah mengantuk, tetapi sebaiknya batasi jumlah kopi harian.

 

Baca Juga :   8 Bahan Alami untuk Rambut Rontok, Dijamin Ampuh

 

Dampak Minum Kopi Berlebihan

8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan
8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

 

Zaman sekarang kopi sudah menjadi sebuah keharusan bagi banyak orang baik muda maupun tua. Oleh karena itu, mulai merajalela bisnis minuman kopi kekinian yang menarik perhatian, namun jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan, bisa mengalami gangguan berikut ini.

 

  1. Gelisah

Dampak mengkonsumsi kopi secara berlebihan adalah gelisah karena kopi bisa meningkatkan energi berlebih serta kewaspadaan. Namun, tingkat kewaspadaan yang meningkat ini akan membuat Anda merasa lebih mudah cemas dan gelisah.

 

  1. Gangguan Organ Pencernaan

Selain gelisah, dampak minum kopi berlebihan adalah terjadinya gangguan pada organ pencernaan karena usus mengalami kontraksi. Gangguan pencernaan yang menyerang Anda ketika minum kopi terlalu banyak adalah diare dan sindrom iritasi usus besar.

 

  1. Penyakit Asam Lambung

Gerd atau penyakit asam lambung bisa muncul kapan saja sehingga Anda perlu mengurangi konsumsi kopi agar tidak terkenak asam lambung. Apabila Anda membiarkan hal tersebut maka lambung akan mengalami tukak lambung, iritasi, atau ulkus.

 

  1. Insomnia

Selain gangguan asam lambung, dampak minum kopi berlebihan adalah bisa mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Hal ini karena kopi adalah minuman yang mengandung banyak kafein sehingga membuat kantuk cepat hilang.

Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi konsumsi kopi harian kalau ingin memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

 

Baca Juga :   5 Manfaat Buah Untuk Kesehatan, Umur Panjang!

 

  1. Keinginan Buang Air Kecil

Dampak berikutnya adalah selalu muncul keinginan untuk buang air kecil karena produksi urin bisa meningkat saat sering minum kopi. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi kopi setiap harinya agar tidak sering pergi ke kamar mandi.

Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat membuat tubuh terganggu khususnya kadar mineral, vitamin, dan elektrolit. Bahkan dalam jangka panjang, mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala, diare, otot kejang, dan lemas.

 

  1. Jantung Menjadi Berdebar Lebih Cepat

Berikutnya, dampak minum kopi berlebihan adalah bisa membuat jantung berdebar menjadi lebih cepat karena di dalamnya terdapat kandungan kafein. Kafein yang terdapat dalam kopi dapat mengeluarkan hormon adrenalin sehingga tekanan darah akan mengalami peningkatan atau hipertensi.

Hal ini juga bisa menyebabkan jantung jadi berdebar lebih cepat karena kerja jantung menjadi lebih ekstra. Apabila Anda membiarkan kondisi ini terlalu lama maka kinerja jantung akan semakin melemah.

 

  1. Mengganggu Kehamilan

Khusus untuk ibu hamil memang sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi dulu karena kandungan kafein bisa mengganggu kehamilan. Kalau sudah terbiasa minum kopi, sebaiknya batasi tidak lebih dari 200 miligram setiap harinya.

Mengapa demikian? Kafein yang berada di dalam tubuh jika jumlahnya berlebihan maka akan mengalami keguguran daripada ibu-ibu yang tidak meminum kafein saat hamil.

 

  1. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan adalah salah satu gangguan mental yang bisa muncul karena terlalu sering mengkonsumsi kopi. Hal ini karena kafein bisa menghambat efek adenosin sehingga menyebabkan kelelahan pada tubuh hingga menimbulkan gangguan kecemasan.

 

Semua dampak minum kopi berlebihan perlu Anda perhatikan agar bisa mengurangi konsumsi kopi setiap harinya karena bisa membawa dampak negatif pada tubuh.

 

Baca Juga :   Wajib Tahu, Ciri Madu Bajakah Borneo Asli Biar Tidak Tertipu

Share :

Baca Juga

Beda Anak Speech Delay dan Autis

KESEHATAN

Beda Anak Speech Delay dan Autis, Orang Tua Wajib Tahu!
Yuk, Cari Tahu Olahraga Kardio Apa Saja dan Manfaatnya

KESEHATAN

Yuk, Cari Tahu Olahraga Kardio Apa Saja? Dan Manfaatnya
12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan

KESEHATAN

12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan
Cara Merawat Kulit (Alodokter)

KESEHATAN

Cara Merawat Kulit yang Tepat, Mudah, Tanpa Banyak Biaya!
Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba Biar Stay Strong Walau Udara Panas Dingin  

KESEHATAN

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba, Supaya Tetap Kuat
CARA HIDUP SEHAT

KESEHATAN

Cara Hidup Sehat Dari Sekarang
Menjaga Kesehatan Liver (Shutterstock)

KESEHATAN

Buah dan Sayuran yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Liver
100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

KESEHATAN

100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah