Home / KESEHATAN

Senin, 21 Agustus 2023 - 11:10 WIB

7 Jenis Tanaman Obat yang Kaya Akan Manfaat

- Penulis

7 Jenis Tanaman Obat yang Kaya Akan Manfaat

7 Jenis Tanaman Obat yang Kaya Akan Manfaat

MoccaapediaJenis tanaman obat atau tanaman herbal adalah tumbuhan yang sejak zaman dulu bermanfaat bagi pertolongan pertama dalam pengobatan. Dulu, masyarakat yang menggunakan tanaman herbal adalah Indonesia, Tiongkok, dan Ayurveda.

Semua tanaman herbal memiliki kandungan berupa senyawa aktif yang dapat memberikan efek farmakologis contohnya adalah minyak atsiri, tanin, flavonoid, alkaloid, dan sebagainya. Tentu saja tanaman-tanaman tersebut bisa Anda tanam di pekarangan rumah.

 

Baca Juga :   5 Cara Mengobati Sariawan Tanpa Obat yang Ampuh Dilakukan di Rumah

 

Jenis Tanaman Obat

7 Jenis Tanaman Obat yang Kaya Akan Manfaat
7 Jenis Tanaman Obat yang Kaya Akan Manfaat

 

Beragam jenis tanaman herbal yang bisa menjadi obat berbagai penyakit seperti mengobati luka. Namun, kalau tanaman-tanaman di bawah ini tidak memberi dampak cepat, segera periksakan diri ke dokter. Sebelum itu, Anda bisa simak tanaman-tanaman herbal di bawah ini.

  1. Serai

Jenis tanaman yang bisa dijadikan obat adalah serai atau lemongrass. Aromanya sangat segar dan batangnya kaya akan manfaat seperti pengobatan dan perasa khas pada hidangan. Berikut beberapa manfaat dari tanaman serai bagi kesehatan tubuh.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur dan Mengurangi Stress

Manfaat pertama adalah mengurangi stress dan meningkatkan kualitas tidur setiap malam. Hal ini karena terdapat aroma serai yang mampu memberikan rasa tenang sehingga kecemasan dan stress dapat berkurang.

  •         Menyehatkan Kulit

Bagi Anda yang sering mengeluh karena kulit tidak sehat bisa menggunakan daun serai. Daun serai akan membantu mengencangkan, menghidrasi, dan membersihkan kulit. Manfaat daun serai akan terasa apabila Anda menggunakannya secara rutin.

  • Bersifat Antimikroba

Tumbuhan herbal yang memiliki sifat antimikroba dari senyawa geraniol dan citronellol bermanfaat untuk melawan perkembangan virus, bakteri, dan jamur yang berada dalam tubuh.

  • Sifat Antipiretik

Selain bersifat antimikroba, tanaman serai juga memiliki sifat antipiretik yang bermanfaat untuk menurunkan demam serta memberi rasa nyaman bagi orang yang sedang demam.

 

2. Lidah Buaya

Jenis tanaman obat yang tidak kalah bermanfaat dari daun serai adalah lidah buaya. Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki daun tebal dengan gel transparan yang keluar langsung dari daunnya. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah subtropis dan tropis seperti Indonesia dan memiliki banyak manfaat sebagai berikut.

  • Merawat Kulit

Anda pasti sudah tahu bahwa lidah buaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit apabila mengkonsumsi 40 mikrogram aloe sterol dalam waktu 12 minggu. Hasilnya adalah kulit Anda tampak lebih kencang dan elastis seperti berada di umur 46 tahun.

  • Menjaga Kesehatan Mulut

Ingin memiliki mulut yang sehat dan segar? Anda bisa memanfaatkan lidah buaya dengan sifat antimikroba. Kandungan dalam lidah buaya akan membantu mengurangi pertumbuhan bakteri pada mulut.

  • Membasmi Jerawat

Pemilik jerawat membandel pasti merasa risih karena jerawat dapat mengurangi rasa kepercayaan diri. Kalau Anda ingin merawat kulit dengan produk alami bisa memanfaatkan lidah buaya. Gel dalam lidah buaya akan membantu mengurangi kemerahan yang muncul akibat peradangan karena jerawat.

  • Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat terakhir adalah dapat menjaga kesehatan rambut serta permasalahan yang Anda alami seperti rambut rontok dan ketombe. Tidak hanya itu, apabila Anda memakai lidah buaya secara rutin maka rambut akan tampak lebih sehat dan berkilau.

 

Baca Juga :   5 Manfaat Buah Untuk Kesehatan, Umur Panjang!

 

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga tidak kalah berkhasiat dari kedua tanaman di atas. Jeruk nipis dengan nama latin Citrus aurantifolia ini adalah buah kecil dengan kulit berwarna hijau yang rasanya sangat asam. Walaupun begitu, tumbuhan dengan aroma segar ini memiliki banyak khasiat seperti.

  • Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Sudah bukan rahasia lagi kalau jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi sehingga tubuh akan terlindungi dari serangan penyakit. Tidak hanya itu, jeruk nipis juga membantu memproduksi kolagen, memperbaiki jaringan tubuh, serta membantu proses penyerapan zat besi.

  • Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin melakukan diet bisa memanfaatkan jeruk nipis saja agar aman. Hal ini karena jeruk nipis juga memiliki kandungan serat tinggi dan rendah kalori. Kandungan tersebut dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan dapat terkontrol.

  • Menyehatkan Organ Pencernaan

Terakhir adalah menyehatkan organ pencernaan karena kandungan asamnya sangat tinggi. Apabila tubuh terkena kandungan asam maka usus akan lebih cepat bergerak. Hal ini akan mencegah terjadinya penyakit pencernaan seperti sembelit.

 

4. Bawang Putih

Contoh jenis tanaman obat-obatan berikutnya yang juga termasuk bumbu dapur adalah bawang putih. Sebagai penyedap rasa, tanaman dengan nama latin Allium sativum ini merupakan umbi-umbian yang memiliki beberapa manfaat di bawah ini.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Apakah Anda memiliki tekanan darah tinggi? Sebaiknya konsumsi bawang putih secara rutin agar tekanan darah bisa kembali normal. Dalam 24 minggu, kalau Anda bisa mengkonsumsi 600 sampai 1.500 mg bawang putih, tekanan darah akan menurun.

  • Mengurangi Risiko Penyakit

Penyakit jantung bisa dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih. Kandungan zat allicin pada bawang putih memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung sehingga aliran darah kembali normal.

  • Mengontrol Kadar Kolesterol

Selain itu bawang putih juga membawa efek antioksidan yang berasal dari senyawa allicin. Fungsi dari senyawa allicin adalah untuk menekan peningkatan kolesterol pada hati.

  • Ada Efek Antioksidan

Manfaat terakhir dari bawang putih adalah melindungi sel-sel pada tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Salah satu senyawa yang mengandung antioksidan dan terdapat pada bawang putih adalah belerang dan flavonoid.

 

5. Jahe

Sepertinya Anda sudah tahu kalau jahe juga termasuk tanaman obat yang kaya akan manfaat. Jahe dengan nama ilmiah Zingiber officinale adalah tanaman yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Rempah-rempah ini memiliki banyak manfaat sebagai berikut.

  • Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Jahe adalah bahan makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena dalam jahe terdapat beberapa kandungan seperti zingeron, shogaol, dan gingerol yang bersifat antioksidan dan antimikroba.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Tidak hanya itu, jahe juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol apabila Anda mengkonsumsinya secara rutin. Jahe akan berperan dalam mengurangi kolesterol dan trigliserida sebanyak 1.500 mg dalam satu hari.

  • Mengurangi Nyeri pada Sendi

Jenis tanaman obat ini juga bermanfaat dalam mengurangi nyeri sendiri karena terdapat kandungan antiinflamasi. Kandungan tersebut akan meredakan sakit pada sendi karena osteoarthritis.

  • Mengatasi Muntah dan Mual

Manfaat terakhir adalah bisa mengatasi mual dan muntah sehingga Anda bisa mengkonsumsinya agar tidak mabuk perjalanan. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi efek samping dari kemoterapi dan mual karena hamil.

 

6. Jintan Hitam

Jintan hitam terkenal dengan nama habbatussauda di Indonesia yang memiliki nama latin Nigella sativa. Jintan hitam memiliki banyak kandungan nutrisi seperti kalium, antioksidan, natrium, zat besi, kalsium, dan serat. Adapun manfaat mengkonsumsi jintan hitam secara rutin adalah sebagai berikut.

  • Mengatasi kadar gula darah agar selalu dalam kondisi normal
  • Mencegah penyakit kanker
  • Menjaga kesehatan hati
  • Sebagai obat hipertensi atau darah tinggi
  • Mengatasi peradangan

7. Kunyit

Terakhir adalah kunyit yang merupakan salah satu rempah-rempah yang juga kaya akan manfaat yaitu sebagai berikut.

  • Menjaga sistem imunitas tubuh
  • Mengatasi penyakit kanker
  • Obat untuk penderita diabetes
  • Menjaga organ pernapasan

 

Jenis tanaman obat di atas adalah tanaman yang sering Anda temukan di pasar. Siapa sangka, tanaman dengan harga terjangkau ini kaya akan kandungan nutrisi.

 

Baca Juga :   10 Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik bagi Tubuh

Share :

Baca Juga

5 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Kena Flu

KESEHATAN

5 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Kena Flu
Cara Meratakan Gigi Gingsul dan Bahanyanya Bagi Kesehatan

KESEHATAN

Cara Meratakan Gigi Gingsul dan Bahanyanya Bagi Kesehatan
Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

KESEHATAN

Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya
Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

KESEHATAN

5 Layanan Kesehatan dan Jenis Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS
Bahan Pewarna Alami yang Baik Dikonsumsi

KESEHATAN

Bahan Pewarna Alami yang Baik Dikonsumsi
Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejala

KESEHATAN

Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejala
Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet

FASHION

Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet
Macam-macam Vitamin Lengkap dengan Manfaatnya

KESEHATAN

Macam-macam Vitamin Lengkap dengan Manfaatnya