Home / KESEHATAN

Minggu, 2 April 2023 - 18:00 WIB

Tips Atur Minum Air Putih Saat Puasa agar Kebutuhan Tetap Terpenuhi

- Penulis

Minum Air Putih Saat Puasa - Pexels.com

Minum Air Putih Saat Puasa - Pexels.com

Moccaapedia – Minum air putih adalah salah satu hal wajib bagi semua orang. Ini dikarenakan tubuh manusia membutuhkan banyak cairan untuk bisa berfungsi dengan normal. Adapun aturan mengonsumsi air putih, yaitu sekitar 8 gelas untuk orang dewasa atau setara dengan 2 liter.

Memenuhi kebutuhan ini sangat penting untuk Anda perhatikan terlebih ketika berpuasa di bulan Ramadhan agar tubuh tidak lemas. Namun, masih ada banyak orang yang bingung harus bagaimana cara mengaturnya. Oleh sebab itu, mari simak ulasan di bawah ini!

 

Baca Juga :   12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan

 

Minum Air Putih Pola 2-4-2

Tips Minum Air Putih Saat Puasa – Pexels.com

Ada banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi air sesuai kadar atau aturannya, seperti menghindari dehidrasi hingga membuang sisa metabolisme. Perlu diketahui bahwa dehidrasi sendiri bisa menyebabkan banyak masalah bagi tubuh.

Itu termasuk mengganggu sirkulasi darah, mengurangi tingkat kefokusan, kulit kering, lemas, gangguan pencernaan, hingga peningkatan tekanan darah. Tingkat dehidrasi sendiri menjadi semakin tinggi ketika seseorang berpuasa dan tidak tahu bagaimana cara menjadwalkannya.

Kabar baik, pada penjelasan berikut ini kita akan membahas tentang pola minum yang bisa Anda coba, yaitu:

 

1.     2 Gelas Ketika Buka Puasa

Agar menjadi lebih sehat, Anda perlu membiasakan diri berbuka puasa dengan air terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan makanan pembuka hingga makanan utama. Menggunakan pola 2-4-2, ketika berbuka minumlah setidaknya dua gelas air bahkan lebih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Ini akan membantu tubuh untuk mengganti cairan yang hilang setelah beraktivitas seharian tanpa asupan makanan maupun minuman apapun ketika berpuasa.

 

Baca Juga :   10 Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik bagi Tubuh

 

2.     4 Gelas Ketika Makan Malam

Aktivitas minum air putih bisa Anda lanjutkan ketika malam hari hingga menjelang tidur secara berkala. Menggunakan pola 2-4-2, pada saat itu Anda perlu mengonsumsi setidaknya sebanyak 4 gelas  dengan pembagian sesuai kebutuhan.

Bisa juga dengan satu gelas sebelum makan malam, 1 gelas setelah makan malam, satu gelas lagi setelah sholat tarawih, dan satu gelas terakhir ketika sebelum tidur. Cara ini akan membantu Anda merasa lebih terbiasa hingga kebutuhan air selalu terpenuhi setiap hari.

 

3.     2 Gelas Ketika Sahur

Ketika sahur, sebaiknya minum setidaknya dua gelas air putih agar aktivitas puasa menjadi lebih bertenaga dan kebutuhan terpenuhi. Anda bisa membagi jadwalnya dengan satu gelas ketika bangun tidur atau sebelum makan sahur dan satu gelas lagi setelah makan sahur.

Perlu diingat bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat ketika sahur bisa memberikan banyak energi pada tubuh ketika berpuasa. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sampai melewatkan makan sahur dan penuhi kebutuhan air putih agar tidak sampai dehidrasi.

Cairan memang bukan hanya air putih saja karena Anda bisa menemukannya di sayuran, buah-buahan, hingga minuman lainnya. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah konsumsi makanan yang sehat dan bergizi ketika berbuka atau sahur agar tubuh tetap sehat dan tidak lemas.

Selalu lakukan aktivitas fisik ringan untuk menjaga metabolisme dan kesehatan tubuh serta kurangi makan-makanan berlemak maupun tinggi garam. Ini karena puasa adalah kesempatan bagi tubuh untuk menjadi lebih sehat dan mencapai berat badan ideal yang diinginkan.

Jadi, penuhi kebutuhan minum air putih Anda dengan jumlah sesuai kebutuhan dan aktivitas. Jangan sampai mengalami dehidrasi karena itu menjadi salah satu penyebab berbagai macam penyakit, baik ringan hingga yang berat sekalipun.

 

Referensi:

Aturan Minum Air Putih saat Puasa (halodoc.com)

Biar Nggak Dehidrasi, Begini Aturan Minum 8 Gelas Air Saat Puasa (detik.com)

 

Baca Juga :   Yuk Ketahui Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh

 

 

Share :

Baca Juga

Rekomendasi Sufor Tinggi Kalori untuk Balita

KESEHATAN

Rekomendasi Sufor Tinggi Kalori untuk Balita
5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya

KESEHATAN

5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya
Tips Mengatasi Jerawat dengan Alami Agar Wajah Sehat

KESEHATAN

Tips Mengatasi Jerawat dengan Alami Agar Wajah Sehat
5 Masalah Kesehatan Saat Puasa Sering Terjadi Ini Solusinya

KESEHATAN

5 Masalah Kesehatan Saat Puasa Sering Terjadi Ini Solusinya
11 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Diwaspadai

KESEHATAN

11 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Diwaspadai

KESEHATAN

Inilah Doa Minta Rezeki Tak Terduga dan Halal untuk Muslim
Pertolongan Pertama saat Asam Lambung

KESEHATAN

Sesak Napas? Ini Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik
Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

KESEHATAN

Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya