Home / KESEHATAN

Senin, 3 April 2023 - 10:00 WIB

Manfaat Membaca untuk Kesehatan, Baik Fisik atau Mental

- Penulis

Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan, Baik Fisik atau Mental - Pexels.com

Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan, Baik Fisik atau Mental - Pexels.com

Moccaapedia – Ada banyak sekali manfaat membaca untuk kesehatan, baik itu kesehatan fisik maupun mental yang bisa Anda dapatkan. Membaca sebuah bacaan atau buku, entah itu berupa fisik maupun digital adalah salah satu aktivitas sehat yang wajib Anda biasakan.

Ini bisa membantu memperluas wawasan, update kabar terbaru, hingga meningkatkan daya ingat otak dan membantu mengelola stres. Walaupun demikian, masih ada banyak orang yang merasa malas untuk membaca padahal sudah tahu itu sangat bermanfaat.

Penjelasan lebih lengkap terkait manfaat membaca buku sudah kami sajikan di bawah ini. Jika Anda ingin tahu, langsung saja simak sampai akhir!

 

Baca Juga :   Kondisi Serius, Ini Pengertian Gangguan Kecemasan Menyeluruh

 

Manfaat Membaca Buku

Manfaat membaca buku untuk kesehatan fisik dan mental
Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan, Baik Fisik atau Mental – Pexels.com

Agar menjadi lebih pintar dan berwawasan luas, Anda bukan berarti harus membaca buku berat setiap hari. Cukup baca cerita lucu atau artikel ringan di media online saja sudah bisa menjadikan Anda mendapatkan beberapa manfaat berikut ini, yaitu:

 

1.     Membantu Mengelola Stres

Aktivitas baca bisa membantu mengurangi stres karena mampu menjadikan seseorang lebih rileks, menurunkan detak jantung, dan mengurangi otot yang tegang. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa baca buku selama 6 menit saja bisa membantu menurunkan stres hingga 68%.

Manfaat ini akan lebih bekerja jika Anda melakukannya saat sebelum tidur. Jadi, daripada main gadget yang berpotensi menyebabkan stres, lebih baik turunkan stres dengan kebiasaan yang baik.

 

2.     Meningkatkan Daya Ingat

Sebuah penelitian Haskins Laboratories for the Science of the Spoken and Written Word menyatakan bahwa membaca memberikan waktu pada otak yang lebih banyak untuk berpikir, memproses, dan membayangkan suatu narasi. Jadi, aktivitas ini sama dengan meningkatkan kapasitas memori otak.

Ini berarti membaca juga bisa membantu meningkatkan daya ingat karena otak secara otomatis akan jauh lebih aktif untuk mengolah informasi hingga menyimpannya ke dalam ingatan jangka panjang.

 

3.     Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Tidak hanya olahraga, tetapi membaca buku secara rutin juga bisa membantu Anda agar mendapatkan tidur berkualitas. Ini dikarenakan masih berhubungan dengan manfaat sebelumnya yang mana membaca bisa membantu mengelola stres.

Ketika stres, seseorang berada di kondisi dengan kewaspadaan yang tinggi sehingga menunda rasa kantuk dan penuh akan pemikiran cemas. Kondisi tersebut disebabkan sistem saraf otonom atau ANS melepaskan hormon adrenalin dan kortisol yang bisa memengaruhi  kualitas dan durasi tidur.

 

Baca Juga :   7 Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat agar Panjang Umur

 

4.     Mengurangi Kecemasan

Manfaat membaca untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa mengurangi kecemasan yang hadir karena berbagai hal, misal stres hingga ketidakmampuan mengelola emosi. Sudah disinggung sebelumnya bahwa aktivitas baca bisa menjadikan tubuh terasa lebih rileks.

Ini juga berhubungan dengan teratasinya gangguan kecemasan yang sangat mengganggu bagi beberapa orang. Namun, jika Anda mengalami masalah ini, sebaiknya hindari buku yang bertema horor, trailer, hingga misteri yang justru bisa meningkatkan kecemasan.

 

5.     Meningkatkan Konsentrasi

Terakhir, aktivitas ini membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi agar bisa memahami isinya secara utuh. Oleh sebab itu, jika dilakukan secara rutin, maka tingkat konsentrasi Anda juga akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Apabila masih merasa kesulitan untuk mendapatkan waktu konsentrasi yang tepat, maka lakukanlah ketika sebelum tidur. Ini akan membantu otak untuk mengolah informasi dengan lebih cepat dan memberikan rasa semangat untuk beraktivitas di keesokan hari.

Sudah dijelaskan bahwa ada banyak manfaat membaca untuk kesehatan, baik fisik maupun mental yang bisa Anda dapatkan. Ini tidak hanya berupa buku saja, tetapi juga cerita lucu dan ringan yang ada di internet. Yuk jadikan membaca sebagai aktivitas wajib agar bisa mendapatkan semua manfaatnya!

 

Referensi:

Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan Tubuh dan Otak | HonestDocs

5 Manfaat Baca Buku yang Dapat Tingkatkan Kinerja Otak (gramedia.com)

 

Baca Juga :   Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu

Share :

Baca Juga

Manfaat Madu Temulawak Bagi Kesehatan

KESEHATAN

Manfaat Madu Temulawak Bagi Kesehatan
Ciri Ciri Jerawat Pubertas

KESEHATAN

Wow, Kenali Ciri Ciri Jerawat Pubertas dan Penyebabnya
Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru

KESEHATAN

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru
Yuk Simak 4 Jenis Olahraga Penurun Berat Badan Agar Kembali Ideal

KESEHATAN

Yuk Simak 4 Jenis Olahraga Penurun Berat Badan Agar Kembali Ideal
20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat

KESEHATAN

20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat
8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa Bulan Ramadhan

KESEHATAN

8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa Bulan Ramadhan
Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan

KESEHATAN

Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan
5 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Kena Flu

KESEHATAN

5 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Kena Flu