Home / KESEHATAN

Jumat, 8 September 2023 - 20:54 WIB

Macam-macam Vitamin Lengkap dengan Manfaatnya

- Penulis

Macam-macam Vitamin Lengkap dengan Manfaatnya

Macam-macam Vitamin Lengkap dengan Manfaatnya

Moccaapedia – Vitamin adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga Anda perlu mengkonsumsinya setiap hari. Ada macam-macam vitamin yang bisa Anda dapatkan dari makanan seperti jeruk yang mengandung vitamin C.

Anda bisa mengkonsumsi makanan berupa sayuran atau buah yang mengandung banyak vitamin. Ketika kebutuhan vitamin dalam tubuh terpenuhi, maka kesehatan akan terjaga dan sistem imunitas tubuh akan meningkat.

 

Baca Juga :   Apa itu Kelapa Muda Ingusan? Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

 

Macam-macam Vitamin

Macam-macam Vitamin Lengkap dengan Manfaatnya
Macam-macam Vitamin Lengkap dengan Manfaatnya

 

Terdapat tiga belas vitamin yang berasal dari berbagai jenis makanan dan bisa Anda temukan di kehidupan sehari-hari. Di bawah ini ada macam-macam vitamin beserta contoh makanan dan manfaatnya.

 

  1. Vitamin  A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata sehingga dapat membedakan warna benda. Dengan vitamin A yang cukup, mata akan mampu untuk melihat cahaya yang terlalu redup. Kalau Anda kekurangan vitamin A maka akan mengalami penyakit rabun senja.

Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin A adalah ikan salmon, tuna, King mackerel, keju, udang, caviar, hati domba, telur, dan susu. Selain itu, sayuran yang mengandung vitamin A adalah ubi jalar, wortel, kangkung, brokoli, paprika merah, bayam, dan kale.

Sedangkan untuk buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A adalah mangga, semangka, pepaya, aprikot, jambu, dan blewah. Makanan yang mengandung vitamin A tidak hanya baik untuk mata tetapi juga bisa mencegah penyakit kanker dan meningkatkan sistem imun tubuh.

 

  1. Vitamin B

Terdapat 8 jenis vitamin B yang juga menjadi kebutuhan nutrisi akan tubuh manusia. Berikut ini fungsi macam-macam vitamin B yang bisa Anda dapatkan dari makanan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan.

Vitamin B1

Vitamin B1 adalah vitamin yang berfungsi untuk mengubah makanan menjadi sumber energi serta dapat menjaga kesehatan kulit. Contoh makanan yang mengandung vitamin B1 adalah ikan salmon sekitar 18 persen, daging sapi sekitar 8 persen, oatmeal, dan kacang-kacangan yang memiliki kandungan vitamin B1 sekitar 33 persen.

 

Vitamin B2

Vitamin B2 juga berfungsi untuk membantu sel tubuh dalam membakar lemak, menjaga kesehatan kulit, dan mengubah makanan menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contoh makanan yang mengandung vitamin B2 adalah daging sapi, susu rendah lemak, ikan salmon, jamur, bayam, dan kacang almond.

 

Vitamin B3

Vitamin B3 juga disebut dengan niacin yang bermanfaat untuk membantu sel dalam tubuh mengubah makanan menjadi sumber energi serta menjaga kesehatan kulit. Contoh vitamin B3 adalah dada ayam, daging kalkun, ikan teri, ikan salmon, ikan tuna, kacang hijau, mangga, ubi jalar, dan kentang.

Vitamin B5

Vitamin B5 disebut juga dengan pantothenic acid yang berfungsi untuk memudahkan sel tubuh dalam memproduksi hormon dan asam lemak. Contoh makanan dengan kandungan vitamin B5 adalah kubis, brokoli, jeroan, gandum utuh, produk susu, daging, jamur, telur, ubi, dan kentang.

 

Vitamin B6

Vitamin B6 adalah nutrisi yang berfungsi untuk memproduksi cadangan gula menjadi sumber energi serta memproduksi sel darah merah. Beberapa contoh vitamin B6 adalah susu, ikan salmon, ikan tuna, telur ayam, hati ayam, daging sapi, bayam, dan wortel.

 

Vitamin B7

Vitamin B7 dikenal juga dengan biotin yang bisa memproduksi asam amino dan asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Contoh makanan dengan kandungan vitamin B7 adalah kembang kol, biji-bijian, sereal, bagian kuning telur, jeroan, jamur, dan kacang-kacangan.

 

Vitamin B9

Vitamin B9 adalah asam folat dengan manfaat membantu pembelahan sel dan baik bagi ibu hamil. Contoh makanan dengan kandungan asam folat adalah daun bawang, kentang, brokoli, pisang, buah bit, dan tomat.

 

Vitamin B12

Vitamin B12 bermanfaat untuk membentuk sel darah merah serta baik bagi kesehatan saraf. Contoh makanan dengan kandungan vitamin B12 adalah nori, hati hewan, bayam, ikan salmon, telur, ikan tuna, dan kerang.

 

Baca Juga :   Cara Terbaik Belajar dari Awal Olahraga Bulutangkis

 

  1. Vitamin C

Macam-macam vitamin berikutnya adalah vitamin C adalah menjaga sistem imun serta dapat membentuk kolagen dan bisa menjaga kekenyalan kulit serta baik bagi pembuluh darah Anda. Beberapa contoh makanan dengan vitamin C adalah jeruk, jambu merah, stroberi, pepaya, buah kiwi, paprika, dan brokoli.

Tidak hanya berperan bagi sistem imunitas tubuh, vitamin C juga baik dalam menjaga kesehatan kulit, menguatkan pembuluh darah, dan berperan bagi penyembuhan luka. Dengan adanya vitamin C bisa memproduksi serotonin dan norepinefrin yang merupakan zat kimia yang bagus bagi otak. Kedua zat tersebut berfungsi untuk mengirim sinyal antar saraf.

Apabila Anda mengalami kekurangan vitamin C maka bisa menyebabkan gusi berdarah, gangguan pada sistem saraf, anemia, dan menurunnya massa otot. Luka Anda juga menjadi sulit sembuh jika kurang mengkonsumsi vitamin C.

 

  1. Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu macam-macam vitamin anak yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat dari vitamin D adalah menyerap kalsium dan baik bagi kesehatan tulang khususnya pada anak-anak.

Tidak hanya itu, vitamin D mampu melawan infeksi dan menjaga kesehatan sistem imun. Apabila Anda kekurangan vitamin D bisa mengalami pelunakan tulang, rakitis, dan bisa terkena infeksi sehingga berbahaya bagi Anda.

Contoh makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon, tuna kalengan, ikan sarden, telur, daging merah, minyak hati ikan kod, serta produk dari olahan susu. Semua makanan tersebut bisa Anda konsumsi secara bergantian untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin D.

 

  1. Vitamin K

Berikutnya adalah vitamin K yang memiliki peran penting dalam membantu proses pembekuan darah serta menjaga kesehatan tulang. Apabila Anda mengalami kekurangan vitamin K maka bisa mengalami patah tulang dan perdarahan.

Contoh makanan yang mengandung vitamin K adalah sayuran hijau seperti kubis, kol, bunci, kale, lobak hijau, buah delima, tomat, anggur, alpukat, buah prem, kiwi, blueberry, minyak zaitun, minyak kanola, kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah, kacang polong, keju, daging, jeroan daging ayam, hati sapi, ikan, udang, telur, dan susu.

 

  1. Vitamin E

Terakhir adalah vitamin E yang juga dikenal sebagai antioksidan karena bisa melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan. Tidak hanya itu, vitamin E juga bermanfaat dalam membentuk sel darah merah, menghambat terjadinya penuaan dini, melindungi diri dari katarak, dan radang sendi.

Apabila Anda mengalami kekurangan vitamin E bisa menyebabkan penyakit anemia hemolitik. Beberapa contoh makanan vitamin E adalah buah alpukat, buah kiwi, pepaya, tomat, minyak zaitun, labu madu, dan mangga.

 

Takaran yang Dibutuhkan untuk Vitamin

Setelah mengetahui apa saja macam-macam vitamin, berikutnya adalah takaran yang dibutuhkan untuk mengkonsumsi semua vitamin di atas yaitu sebagai berikut.

  1. Vitamin A dibutuhkan kira-kira 0.5 sampai 0.6 mg per harinya
  2. Vitamin B1 sekitar 1.1 – 1.5 mg, vitamin B2 1.0 – 1.6 mg, vitamin B3 10-15 mg, vitamin B5 5 – 6 mg, vitamin B6 1.2 – 1.7 mg, vitamin B7 0.02 – 0.03 mg, vitamin B9 0.4 – 0.6 mg, dan vitamin B12 1.8 – 2.4 mg.
  3. Vitamin C dibutuhkan sekitar 50 sampai 90 mg setiap harinya.
  4. Vitamin D dibutuhkan sekitar 15 sampai 20 mikrogram setiap harinya.
  5. Vitamin E dibutuhkan sekitar 11 sampai 15 mkg.
  6. Vitamin K dibutuhkan sekitar 35 sampai 65 mkg.

 

Macam-macam vitamin di atas adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya dan harus terpenuhi. Anda bisa mendapatkan makanan dengan kandungan vitamin yang bisa didapatkan dengan mudah.

 

Baca Juga :   5 Cara Mengobati Sariawan Tanpa Obat yang Ampuh Dilakukan di Rumah

Share :

Baca Juga

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

KESEHATAN

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif
4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur

KESEHATAN

4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur
7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

KESEHATAN

7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan
5 Olahraga Menaikkan Berat Badan Paling Efektif

KESEHATAN

4 Olahraga Menaikkan Berat Badan Paling Efektif
Mengenal Lasik dan Jenisnya pada Mata

KESEHATAN

Mengenal Lasik dan Jenisnya pada Mata
Menjaga Kesehatan Liver (Shutterstock)

KESEHATAN

Buah dan Sayuran yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Liver
Tips Mengatasi Jerawat dengan Alami Agar Wajah Sehat

KESEHATAN

Tips Mengatasi Jerawat dengan Alami Agar Wajah Sehat
12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan

KESEHATAN

12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan