Home / KESEHATAN

Jumat, 25 Agustus 2023 - 21:35 WIB

8 Bahan Alami untuk Rambut Rontok, Dijamin Ampuh

- Penulis

8 Bahan Alami untuk Rambut Rontok, Dijamin Ampuh

8 Bahan Alami untuk Rambut Rontok, Dijamin Ampuh

MoccaapediaTahukah Anda bahwa rambut rontok yang tidak segera diatasi akan menyebabkan kebotakan? Hal ini karena jika rambut terus menerus rontok maka akan terjadi penipisan rambut. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk rambut rontok.

Bahan alami tersebut di antaranya adalah santan, lidah buaya, yoghurt, minyak zaitun, dan masih banyak lagi. Biasanya bahan alami seperti lidah buaya memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh rambut sehingga tampak sehat dan berkilau.

 

Baca Juga :   Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu

 

Bahan Alami untuk Rambut Rontok

8 Bahan Alami untuk Rambut Rontok, Dijamin Ampuh
8 Bahan Alami untuk Rambut Rontok, Dijamin Ampuh

Menggunakan bahan alami untuk mengatasi rambut rontok tidak akan membuat rambut menjadi rusak karena aman dari efek samping. Mau tahu apa saja bahan alami yang bisa Anda gunakan? Ini dia penjelasan selengkapnya agar rambut berhenti rontok.

 

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang mengandung banyak vitamin mulai dari A, D, C, E, dan K. Tidak hanya itu, bahan yang juga bermanfaat untuk wajah ini mengandung kalsium dan zat besi.

Selain itu, cara pengaplikasiannya juga cukup mudah hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut dan kepala secara perlahan dan merata lalu tunggu selama setengah jam. Setelah itu Anda bisa membasuhnya dengan air bersih dan pastikan tidak ada minyak yang tertinggal.

 

2. Yoghurt

Bahan alami untuk rambut rontok parah selain minyak zaitun adalah yoghurt yang mengandung vitamin D, kalsium, protein, dan kalium. Semua kandungan tersebut mampu menutrisi rambut sehingga akar rambut akan semakin kuat.

Lalu bagaimana cara mengaplikasikan yoghurt? Caranya adalah dengan menuangkan yoghurt secukupnya saja lalu usap ke seluruh bagian rambut. Jangan langsung bilas sebelum mendiamkannya selama tiga menit.

 

3. Alpukat

Alpukat juga termasuk buah yang kaya akan manfaat salah satunya mengatasi rambut rontok. Kandungan berupa protein alami pada alpukat bisa menjaga kesehatan rambut sehingga tidak mudah rontok.

Langkah pembuatannya adalah dengan menghancurkan satu buah alpukat kemudian usapkan pada seluruh bagian rambut sambil pijat secara perlahan. Setelah itu Anda bisa mendiamkannya selama lima belas sampai dua puluh menit kemudian cuci bersih menggunakan air.

 

4. Lidah Buaya

Lidah buaya juga termasuk bahan alami untuk rambut rontok yang kaya akan nutrisi seperti vitamin D, A, protein, serta zat besi. Cara pengaplikasiannya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kepala dan rambut secara merata kemudian tunggu sampai seperempat jam.

Agar hasilnya maksimal Anda perlu melakukannya secara rutin sehingga perlu menyetok lidah buaya di rumah. Tenang saja, perawatan rambut menggunakan lidah buaya tidak membutuhkan biaya besar karena harganya terjangkau.

 

5. Santan

Siapa sangka bahan yang sering menjadi bahan makanan ini bisa mengatasi permasalahan rambut rontok yang Anda alami? Santan berasal dari air kelapa yang mengandung fosfor, zink, vitamin E, vitamin B6, dan kalium.

Dengan semua kandungan di atas rambut Anda tidak akan mengalami kerontokan jika Anda memakainya secara rutin. Cara menggunakannya adalah dengan membasuh rambut dengan santan dan biarkan dulu selama setengah jam kemudian bilas menggunakan shampo dan air.

 

Baca Juga :   Defisit Kalori Untuk Turunkan Berat Badan, Apakah Efektif?

 

6. Akar Licorice

Tahukah Anda tentang akar licorice? Akar licorice adalah jenis tanaman yang cocok untuk mengatasi permasalahan rambut rontok. Zat antiinflamasi adalah salah satu kandungan yang terdapat pada tanaman ini.

Manfaat dari akar licorice adalah untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Cara menggunakannya juga terbilang mudah yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan akar licorice berbentuk bubuk, seperempat sendok teh kunyit, serta 1 cangkir susu.

Setelah semua bahan tercampur Anda bisa mengoleskan ke kulit kepala dan seluruh rambut kemudian biarkan semalaman sampai pagi hari baru Anda boleh membilasnya. Kalau Anda melakukannya secara rutin maka masalah kerontokan pada rambut akan cepat teratasi.

 

7. Daun Buah Bit

Bahan alami untuk mengatasi rambut rontok berikutnya adalah daun buah bit yang kaya akan kandungan nutrisi. Kandungan tersebut berupa vitamin C, mangan, betaine, kalium, B6, dan folat yang membantu pertumbuhan rambut.

Pertumbuhan rambut sangat perlu mengingat jumlah rambut yang rontok ada banyak. Tidak hanya itu, daun buah bit juga berfungsi sebagai detoksifikasi agar kebersihan kulit kepala dapat terjaga.

Cara menggunakan daun buah bit adalah dengan merebus 7 sampai 8 lembar buah bit dan haluskan sebanyak 5 sampai 6 lembar daun henna sampai berbentuk seperti pasta. Langkah berikutnya adalah mencampurkan kedua bahan tersebut dan usap pada kulit kepala.

Tunggu selama 15 sampai 20 menit baru Anda boleh membasuhnya dengan air. Selain itu, pastikan tidak ada buah bit yang tertinggal di kepala ya agar rambut tampak bersih.

 

8. Menjaga Pola Hidup Sehat

Sepertinya ini adalah cara paling sulit dan terdengar mudah karena orang-orang kebanyakan ingin cara instan. Padahal tanpa menjaga pola hidup sehat, kesehatan rambut juga akan terganggu.

Ada banyak penyebab mengapa rambut bisa mengalami kerontokan seperti gangguan kesehatan. Oleh karena itu, dengan menjaga pola makan dan sering olahraga dapat membantu mengatasi kerontokan pada rambut.

Anda bisa memilih olahraga yang ringan seperti yoga, workout, lari pagi, jogging, dan bersepeda. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu Anda dari dalam untuk mengatasi kerontokan rambut walaupun hasilnya tidak instan.

 

Penyebab Kerontokan pada Rambut

Setelah mengetahui apa saja bahan alami untuk rambut rontok berikutnya adalah penyebab kerontokan yang terjadi pada rambut. Menjauhi penyebab rambut rontok juga bisa menjadi cara mengatasi kerontokan.

 

1. Asupan Gizi Kurang

Penyebab pertama adalah kurangnya asupan gizi sehingga rambut tumbuh lebih rapuh dan tipis. Hal ini akan menyebabkan rambut mudah rontok, tampak kusut, dan tidak sehat. Kondisi ini sering menyerang orang yang melakukan diet ketat karena asupan gizinya berkurang.

 

2. Terjadinya Perubahan Hormon

Selain karena kekurangan asupan nutrisi, rambut yang mengalami kerontokan juga terjadi karena adanya perubahan pada hormon. Biasanya wanita yang memasuki fase menopause akan mengalami hal ini.

Atau wanita yang sedang hamil dan mengalami gangguan tiroid sehingga mengalami rambut rontok dalam jumlah besar.

 

3. Efek Samping Penggunaan Obat-Obatan Tertentu

Penyebab rambut rontok juga bisa karena efek samping obat-obatan yang Anda konsumsi seperti kemoterapi, obat hipertensi, antidepresan, gangguan jantung, dan sebagainya.

 

4. Ada Masalah Psikologis

Tidak dapat dipungkiri bahwa terjadinya masalah pada mental bisa menyebabkan masalah psikologis sehingga rambut rontok. Masalah seperti gangguan kesehatan mental dan stress akan membuat kesehatan rambut seseorang menurun.

 

5. Anemia

Penyakit anemia juga bisa menjadi penyebab rambut mengalami kerontokan karena tubuh kekurangan zat besi. Padahal zat besi tidak hanya nutrisi untuk tubuh melainkan juga untuk kesehatan rambut.

Anemia terjadi karena kurangnya produksi sel darah merah pada tubuh sehingga hantaran oksigen yang membantu pertumbuhan rambut juga akan terhambat.

 

Penting untuk mengetahui apa saja bahan alami untuk rambut rontok mengingat penyebab di atas bisa terjadi kapan saja. Kalau ingin cara yang lebih instan, Anda bisa menggunakan produk anti rambut rontok.

 

Baca Juga :   Yuk, Cari Tahu Olahraga Kardio Apa Saja? Dan Manfaatnya

Share :

Baca Juga

Manfaat Madu Temulawak Bagi Kesehatan

KESEHATAN

Manfaat Madu Temulawak Bagi Kesehatan
Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?

KESEHATAN

Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?
5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

KESEHATAN

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi
Manfaat membaca buku untuk kesehatan fisik dan mental

KESEHATAN

Manfaat Membaca untuk Kesehatan, Baik Fisik atau Mental
Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejala

KESEHATAN

Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejala
Gejala Alergi Susu Formula

KESEHATAN

Gejala Alergi Susu Formula, Penyebab, dan Cara Mengatasi
5 Cara Mengobati Sariawan Tanpa Obat yang Ampuh Dilakukan di Rumah

KESEHATAN

5 Cara Mengobati Sariawan Tanpa Obat yang Ampuh Dilakukan di Rumah
Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

KESEHATAN

Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya