Home / KESEHATAN

Senin, 10 Juli 2023 - 08:34 WIB

Jangan Sepelekan! Berikut 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh

- Penulis

Jangan Sepelekan! Berikut 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh

Jangan Sepelekan! Berikut 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh

Moccaapedia – Insomnia sering membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk. Hal ini karena Anda tidak mendapat waktu istirahat yang cukup. Dampak kurang tidur adalah konsentrasi terganggu sehingga pekerjaan sehari-hari bisa terhambat.

Padahal dengan menjaga kualitas tidur bisa meningkatkan kebugaran tubuh. Saat seseorang memiliki cukup tidur, ketika bangun di pagi hari akan merasa semangat dan siap untuk menjalani aktivitas.

 

Baca Juga :   4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur

 

Dampak Kurang Tidur

Kurang tidur tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik saja melainkan juga mental dan emosional. Anda bisa menjadi orang yang gampang marah karena kondisi fisik dan mental yang terlalu lelah. Berikut beberapa dampak kurang tidur yang perlu diwaspadai.

 

Jangan Sepelekan! Berikut 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh
Jangan Sepelekan! Berikut 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh

 

1. Mudah Lupa

Kalau Anda merasa akhir-akhir ini mudah lupa, bisa saja karena tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam dan lebih dari itu untuk anak-anak.

Mudah lupa bisa terjadi karena konsentrasi terganggu akibat kelelahan kurang tidur. Memiliki kualitas tidur yang buruk bisa mengganggu kemampuan otak dalam memproses atau mengingat hal-hal yang dialami langsung.

Selain itu Anda juga kesulitan untuk mencerna atau memahami informasi yang Anda dapatkan akhir-akhir ini. Kondisi ini akan terus memburuk kalau tidak segera mengubah pola tidur.

 

2. Mudah Sakit

Dampak buruk kurang tidur adalah mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh melemah. Tidur yang cukup dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan memproduksi senyawa sitokin. Senyawa sitokin sendiri berperan untuk menyerang virus dan bakteri yang masuk ke tubuh.

Senyawa tersebut akan bekerja lebih efektif kalau Anda memiliki waktu tidur yang cukup. Berbeda kalau kualitas tidur berkurang, tubuh akan sulit memproduksi senyawa sitokin sehingga Anda mudah sakit.

Apalagi ketika sedang terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu, banyak orang sakit. Kondisi sistem imun melemah bisa menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung dan diabetes.

 

3. Mudah Stress

Mudah stress adalah dampak kurang tidur berikutnya yang tidak bisa disepelekan. Hal ini karena ketika Anda kurang tidur maka suasana hati akan terganggu sepanjang hari. Anda akan mengalami perubahan suasana hati yang bisa menyebabkan uring-uringan.

Kondisi ini yang akan membuat Anda kesulitan mengerjakan aktivitas serta sulit dalam mengambil keputusan. Apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus bisa menimbulkan masalah kesehatan mental serius seperti gangguan kecemasan, depresi, burnout, dan sebagainya.

 

4. Mengalami Peningkatan Berat Badan

Dampak kurang tidur adalah bisa meningkatkan berat badan. Kurang tidur tidak hanya mempengaruhi sistem imun saja melainkan juga sistem metabolisme tubuh. Untuk orang dewasa yang tidur hanya 4 jam dalam sehari bisa meningkatkan perasaan lapar.

Hal ini juga membuat nafsu makan naik khususnya untuk makanan yang memiliki karbohidrat tinggi. Kondisi ini juga dapat terjadi pada anak-anak dan remaja. Orang yang tidur kurang dari 6 jam bisa mengalami kenaikan berat badan dibanding dengan orang yang tidur 7 hingga 9 jam.

 

5. Kesulitan Konsentrasi

Mudah lupa berkaitan erat dengan masalah konsentrasi. Otak dapat bekerja dengan baik apabila seseorang memiliki tidur cukup. Tidur memiliki peran penting dalam proses berpikir dan belajar. Sedangkan jika tidak memiliki cukup tidur kemampuan kognitif akan terganggu.

Kesulitan konsentrasi akan meningkatkan kewaspadaan, mudah tersinggung, sulit fokus terhadap suatu hal, serta tidak bisa memecahkan masalah. Hal ini juga akan menurunkan semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

 

Baca Juga :   Tips Mengatasi Jerawat dengan Alami Agar Wajah Sehat

 

Cara Ampuh Mengatasi Kurang Tidur

Kalau Anda ingin mengurangi dampak kurang tidur di atas bisa memulai dengan memperbaiki pola tidur. Namun, memperbaiki pola tidur bukanlah hal mudah karena artinya Anda harus mengubah kebiasaan buruk. Berikut cara memperbaiki pola tidur yang tepat.

 

1. Mengganti Waktu Tidur yang Hilang

Misalnya kalau semalam Anda hanya tidur 4-5 jam saja, Anda bisa mengganti waktu tidur yang hilang dengan tidur lagi. Misalnya meluangkan waktu untuk tidur saat liburan atau akhir pekan. Atau kalau bisa Anda tidur siang 30 hingga 60 menit.

Akan tetapi saat membayar hutang tidur ini Anda tidak bisa tidur terlalu lama. Tidur terlalu lama dapat merusak jam biologis tubuh sehingga saat malam hari, Anda malah kesulitan tidur. Jadi, atur waktu dengan baik agar jam biologis tubuh tetap terjaga.

 

2. Olahraga Secara Rutin

Berbagai dampak kurang tidur bagi kesehatan di atas dapat diatasi dengan rajin berolahraga. Olahraga tidak hanya membantu menekan hormon stress saja melainkan juga meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Anda bisa melakukan olahraga setidaknya 150 menit setiap minggunya. Lakukan olahraga apapun yang bisa menghasilkan keringat seperti workout, bersepeda, gym, jogging, dan sebagainya. Lebih bagus Anda juga bisa melakukan yoga dan meditasi secara rutin.

Namun yang perlu ditekankan adalah Anda tidak boleh berolahraga secara berlebihan. Walaupun niatnya untuk mengatasi permasalahan tidur, tetapi lakukan sewajarnya saja. Selain itu, jangan berolahraga ketika mendekati waktu tidur.

Olahraga terlalu malam bisa membuat Anda semakin terjaga. Hal ini tidak akan meningkatkan kualitas tidur.

 

3. Mengatur Kebiasaan Baik Sebelum Tidur

Mencegah berbagai dampak kurang tidur yang buruk bagi kesehatan bisa dengan mengubah kebiasaan baik sebelum tidur. Aktivitas yang Anda lakukan sebelum tidur bisa berpengaruh pada kualitas tidur.

Kalau kebiasaan yang Anda lakukan sebelum tidur tidak baik, khawatirnya Anda akan tetap terjaga bahkan terbangun di malam hari. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum tidur.

  • Melakukan teknik relaksasi seperti meditasi atau peregangan untuk melemaskan otot-otot tubuh
  • Matikan lampu kamar menggunakan lampu tidur saja
  • Pastikan suhu ruangan sesuai agar mendapatkan tidur yang nyaman
  • Tidak menggunakan gadget selama 30 menit sebelum tidur

Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik di atas, kualitas tidur akan meningkat. Awal-awal mungkin terasa berat karena belum terbiasa, namun jika Anda mengusahakannya dengan baik habit tersebut akan membantu kualitas tidur.

 

4. Memprioritaskan Tidur

Semua orang seharusnya memprioritaskan tidur karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan diri. Kurang tidur bisa disebabkan karena Anda terlalu cuek dengan jam tidur. Menganggap bahwa tidur bukanlah hal yang penting.

Tanda-tanda Anda tidak memprioritaskan tidur adalah ketika sudah memasuki waktu tidur dan rasa kantuk datang, Anda tetap beraktivitas. Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya utamakan tidur agar tubuh tetap dalam kondisi fit.

Anda bisa melakukannya dengan tidur di jam yang sama setiap malam. Selain itu, pahami juga batasan dalam bekerja dan aktivitas sosial agar jam tidur tidak terganggu. Dua hal tadi bisa merusak jam biologis tubuh karena kurang tidur.

 

5. Mengubah Suasana Kamar

Terakhir adalah dengan mengubah suasana kamar menjadi lebih nyaman agar bisa tidur nyenyak. Misalnya dengan mengubah penataan kamar, meletakkan wangi-wangian di kamar, atau mendekorasi ulang kamar.

Penting juga untuk memperhatikan kasur dan bantal karena dua benda tadi sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas tidur.

Dampak kurang tidur sangat berbahaya bagi tubuh karena mempengaruhi fisik dan mental. Kondisi kurang tidur juga bisa menghambat interaksi sosial dengan orang lain karena Anda jadi lebih mudah marah dan tersinggung.

 

Baca Juga :   Mengetahui Titik Umum Akupuntur Untuk Asam Lambung Serta Manfaatnya!

Share :

Baca Juga

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba Biar Stay Strong Walau Udara Panas Dingin  

KESEHATAN

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba, Supaya Tetap Kuat
Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat

KESEHATAN

Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat
Pertolongan Pertama saat Asam Lambung

KESEHATAN

Sesak Napas? Ini Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik
8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

KESEHATAN

8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan
dr Tiwi Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan

KESEHATAN

dr Tiwi Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan
Rekomendasi Sufor Tinggi Kalori untuk Balita

KESEHATAN

Rekomendasi Sufor Tinggi Kalori untuk Balita
Mengungkap Penyebab Skizofrenia Gangguan Mental yg Kompleks

KESEHATAN

Mengungkap Penyebab Skizofrenia Gangguan Mental yg Kompleks
Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet

FASHION

Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet