Home / KULINER

Senin, 3 April 2023 - 06:00 WIB

Aneka Kue Kering Lebaran Kekinian, Emak-emak Pasti Suka

- Penulis

Aneka Kue Kering Lebaran Kekinian, Emak-emak Pasti Suka

Aneka Kue Kering Lebaran Kekinian, Emak-emak Pasti Suka

Moccaapedia – Memasuki Bulan Ramadhan umat muslim mulai bersiap-siap untuk menyiapkan lebaran yang akan terjadi sebulan setelahnya. Mulai banyak orang menjual aneka kue kering lebaran kekinian. Jika budgetnya sedikit Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan pembuatan kue kering untuk lebaran bisa Anda dapatkan di toko bahan-bahan kue. Menjelang Ramadhan seperti ini toko bahan kue pasti ramai. Tetapi sebelum itu simak dulu rekomendasi kue kering lebaran berikut ini.

 

Baca Juga :   5 Makanan Khas Cirebon dengan Keanekaragaman Rasa

 

Aneka Kue Kering Lebaran Kekinian

Saat lebaran biasanya perlu menyiapkan banyak kue kering berbagai jenis untuk disajikan kepada tamu. Buat Anda yang masih bingung akan menghidangkan apa bisa intip rekomendasinya di sini.

 

1. Kastengel Keju

Kastengel keju adalah makanan yang memiliki rasa gurih. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah tepung terigu, roombutter, margarin, keju parmesan, keju edam yang sudah diparut, keju cheddar.

Kastengel keju memiliki bentuk lonjong berwarna kuning. Ketika digigit rasa gurihnya sangat menggoda lidah. Di bagian atasnya ada taburan keju sehingga rasanya bertambah lezat. Kastengel keju adalah pilihan yang tepat untuk sajian hari raya.

 

2. Kue Kacang

Kue kacang adalah salah satu aneka kue kering lebaran kekinian karena banyak orang menyukainya. Memiliki rasa manis dan renyah, kue kacang terbuat dari bahan-bahan sederhana.

Ada kacang tanah yang disangrai, gula halus, susu bubuk, tepung terigu, garam, ekstrak vanilla, dan kuning telur. Kuning telur dijadikan sebagai bahan olesan dan kue kacang memang memiliki warna yang sama seperti kastengel keju.

 

3. Kue Sagu Larut

Menyukai kue kering manis dengan bentuk unik? Anda bisa membuat kue sagu larut. Kue sagu larut terbuat dari tepung tapioka, kuning telur, keju parut, butter, margarin, gula halus, santan, keju parut, dan daun pandan.

Pembuatan kue sagu larut membutuhkan oven untuk dipanaskan. Suhu yang dibutuhkan agar hasilnya sempurna adalah 130-150 derajat celcius.

 

Baca Juga :   Kelemahan Usaha Bubble Drink dan Cara Mengatasinya

 

4. Kue Putri Salju

Siapa yang tidak kenal kue kering satu ini? Putri salju adalah salah satu jenis kue kering yang banyak peminatnya. Rasanya yang manis dan renyah membuat orang ketagihan. Tapi kalau Anda beli biasanya harganya mahal oleh karena itu sebaiknya buat sendiri saja.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah salted butter, kuning telur, gula halus, keju cheddar, tepung terigu dengan protein rendah, dan tepung maizena. Selain itu ada bahan lain seperti susu bubuk dan gula halus.

Proses pembuatan kue putri salju memang memakan banyak waktu. Akan tetapi ini lebih baik jika Anda ingin membuat banyak kue. Sebab jika membeli di toko isinya hanya sedikit.

 

5. Kue Akar Kelapa

Contoh aneka kue kering lebaran kekinian yang memiliki bentuk unik adalah kue akar kelapa. Bentuknya melengkung seperti ulat dan bergerigi. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu tepung ketan, tepung beras, gula pasir, mentega, kelapa parut, telur ayam, dan wijen.

 

6. Kue Sumpia Ambon

Sumpia juga bisa menjadi alternatif lain untuk sajian lebaran. Membuat sumpia tidak sulit dan bahan-bahannya juga sederhana. Ada kulit pangsit, abon sapi, bawang goreng, gula pasir, dan telur.

Proses pembuatannya juga tidak terlalu lama. Sumpia memiliki rasa yang unik karena di dalamnya berisi abon. Perpaduan rasa manis dari gula dan gurih dari abon pasti membuat Anda ketagihan.

 

7. Thumbprint

Pernah mendengar kue jenis thumbprint? Kue ini memiliki bentuk bulat dan di bagian tengahnya diberi selai strawberry dengan taburan keju di pinggirnya. Adapun bahan lain yang dibutuhkan adalah gula halus, tepung terigu berprotein sedang, dan mentega.

Thumbprint adalah kue lebaran yang memiliki rasa manis dan gurih. Kue ini juga menjadi andalan saat lebaran tiba. Selain itu Anda bisa memodifikasinya misalnya dengan menyediakan thumbprint dari berbagai selai seperti coklat, nanas, dan strawberry.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa ada banyak aneka kue kering lebaran kekinian yang bisa dihidangkan untuk tamu. Anda bisa membuat semua jenis kue di atas. Akan tetapi jika tidak ada waktu membuat sendiri bisa membelinya di supermarket atau toko kue terdekat.

 

Baca Juga :   5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama

Share :

Baca Juga

5 Makanan Vegetarian Simpel Untuk Sehari-Hari

KULINER

5 Makanan Vegetarian Simpel Untuk Sehari-Hari
5 Rekomendasi Kuliner Terdekat Kampus UI Depok

KULINER

5 Rekomendasi Kuliner Terdekat Kampus UI Depok
3 Resep Olahan Kentang yang Menyehatkan

KULINER

3 Resep Olahan Kentang yang Menyehatkan
Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba

KULINER

Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba
Ini Loh, Manfaat Natto Makanan Khas Jepang

KULINER

Ini Loh, Manfaat Natto Makanan Khas Jepang
5 Pusat Kuliner Palembang yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

KULINER

5 Pusat Kuliner Palembang yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi
Snack Huruf A Aneka Camilan Memanjakan Lidah

KULINER

Snack Huruf A: Aneka Camilan Memanjakan Lidah
Resep Olahan Gurita Khusus untuk Keluarga di Rumah

KULINER

Resep Olahan Gurita Khusus untuk Keluarga di Rumah