Home / KESEHATAN

Rabu, 19 Oktober 2022 - 10:36 WIB

Buah dan Sayuran yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Liver

- Penulis

Menjaga Kesehatan Liver (Shutterstock)

Menjaga Kesehatan Liver (Shutterstock)

Menjaga Kesehatan Liver

Moccaapedia – Ketahui daftar buah dan sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan liver. Yuk konsumsi buah dan sayuran ini agar hati tetap sehat dan berfungsi optimal. Menjaga Kesehatan Liver

Menjaga kesehatan liver atau hati merupakan PR yang memang tidak mudah. Banyak orang yang tidak sadar melakukan kebiasaan atau mengonsumsi makanan yang justru bisa berpotensi merusak hati. Seperti merokok, makan berat sebelum tidur, serta konsumsi vitamin dan suplemen dalam jangka waktu panjang.

Oleh karena itu, edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan hati atau liver perlu dilakukan agar kamu semua bisa terhindar dari penyakit liver. Simak ulasannya di bawah ini ya.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Aplikasi Download Video yang Bisa Anda Gunakan

Buah dan Sayur yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Liver

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hati yakni dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Salah satunya adalah makan buah dan sayur yang terbukti bisa membantu menjaga kesehatan hati.

Berikut adalah daftar buah dan sayur yang bisa membantu tubuh dalam menjaga kesehatan hati.

1. Air Putih

Sebelum konsumsi buah dan sayur yang baik untuk hati, sangat penting untuk menjaga asupan minum air putih. Karena minum air putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Termasuk kesehatan liver, hati tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menyaring zat-zat dalam air putih.

2. Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan hati. Sebagai buah yang mengandung vitamin, karbohidrat, protein dan lemak, alpukat terbukti secara ilmiah bisa mencegah radang dan menurunkan risiko keracunan.

3. Buah Apel

Apel terkenal sebagai buah yang mampu membantu proses detoksifikasi, termasuk detoksifikasi pada organ hati. Kandungan vitamin C dan d-glucaric pada apel mampu membuang lemak-lemak jahat yang ada di dalam liver.

4. Buah Lemon

Tidak banyak yang tahu bahwa buah lemon atau jeruk sitrun memiliki kandungan yang baik untuk hati. Meskipun rasanya asam, tapi manfaatnya untuk hati tidak main-main. Cairan buah lemon bisa membantu membersihkan hati dari racun-racun yang sudah disaring.

Selain itu, lemon juga diyakini bisa membantu hati mengontrol cairan empedu yang berlebihan. Sehingga liver bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga :   20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat

5. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang diyakini baik untuk kesehatan liver. Kandungan Betaine yang terdapat dalam bayam mampu membantu hati berfungsi optimal untuk menyaring makanan dan minuman dari zat-zat beracun.

6. Brokoli

Selain bayam, sayuran hijau lainnya yang baik untuk kesehatan liver adalah brokoli. Sayuran hijau yang tumbuh subur di dataran tinggi ini mengandung Isotiosianat yang secara ilmiah mampu mencegah penyakit kronis seperti sirosis hati. Brokoli juga diyakini bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

7. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A yang selama ini terkenal mampu menjaga kesehatan mata. Namun Selain menjaga kesehatan mata, sayuran berwarna orange ini ternyata telah terbukti secara ilmiah mampu menjaga kondisi hati agar tetap sehat. Kandungan vitamin A dalam wortel bisa membantu menjaga kesehatan hati.

Namun perlu diperhatikan agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi wortel. Karena wortel juga mengandung beta karoten yang jika dikonsumsi berlebihan bisa memicu keracunan.

8. Teh Hijau

Bagi penggemar teh hijau, fakta ini tentunya menjadi kabar yang menggembirakan. Karena unsur katekin yang berfungsi sebagai antioksidan dalam teh hijau ternyata mampu berfungsi baik di dalam liver. Dengan konsumsi teh hijau secukupnya, kamu bisa membantu meningkatkan fungsi hati agar bisa berfungsi maksimal.

Setiap orang memerlukan asupan nutrisi yang sehat dan bergizi untuk menjaga tubuh agar tidak terserang penyakit. Termasuk menjaga kesehatan liver sebagai organ penyaring zat-zat beracun dalam tubuh. Karena jika organ hati telah rusak, maka tidak akan bisa diperbaiki lagi. Oleh karena itu mari jaga hati dengan konsumsi buah dan sayuran sehat.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Kuliner Khas Jepara, Bikin Nagih !!

 

Share :

Baca Juga

Gejala Alergi Susu Formula

KESEHATAN

Gejala Alergi Susu Formula, Penyebab, dan Cara Mengatasi
Cara Merawat Kulit (Alodokter)

KESEHATAN

Cara Merawat Kulit yang Tepat, Mudah, Tanpa Banyak Biaya!
8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa Bulan Ramadhan

KESEHATAN

8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa Bulan Ramadhan
Yuk Kenali Perbedaan Darah Rendah Dan Kurang Darah Agar Tidak Salah Obat!

KESEHATAN

Yuk Kenali Perbedaan Darah Rendah Dan Kurang Darah Agar Tidak Salah Obat!
Menyibak Mitos Perawatan Rambut dan Faktanya Sebenarnya

KESEHATAN

Menyibak Mitos Perawatan Rambut dan Faktanya Sebenarnya
Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

KESEHATAN

Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya
7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

KESEHATAN

7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan
Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet

FASHION

Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet