Home / KESEHATAN

Sabtu, 8 Oktober 2022 - 10:01 WIB

Cara Merawat Kulit yang Tepat, Mudah, Tanpa Banyak Biaya!

- Penulis

Cara Merawat Kulit (Alodokter)

Cara Merawat Kulit (Alodokter)

Cara Merawat Kulit

Moccaapedia – Sudah pakai cara ini-itu, tapi kulit masih kusam dan tidak segar? Yuk, ikuti cara merawat kulit berikut yang tepat, mudah, murah, dan tentunya dijamin ampuh!

Siapa, sih, yang tidak ingin kulitnya cantik, cerah, dan sehat? Memiliki kulit sehat merupakan idaman semua orang. Banyak orang yang telah membagikan bagaimana mereka merawat kulit sesuai dengan cara mereka sendiri. Namun, sebenarnya seperti apa cara merawat kulit yang tepat?

Baca Juga :   Ketahui Penyebab Pendarahan Otak, Sebelum Berakibat Fatal!!

Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat

Semua orang tentunya tidak mau kulitnya rusak karena tidak terawat. Kerusakan pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, beberapa di antaranya paparan sinar UV, penuaan, kebiasaan merokok, stres, kurang mengonsumsi buah dan sayur, serta beberapa faktor lainnya.

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan melindunginya dari faktor luar yang dapat merusak kulit. Selain itu, apalagi cara merawat kulit yang tepat?

1. Mengatur Pola Makan Sehat

Cara pertama untuk merawat kulit agar tetap sehat adalah mengatur pola makan dengan baik. Kalau kamu mengonsumsi makanan dengan gizi yang cukup, kebutuhan kulit akan gizi dan nutrisi dapat dipenuhi dengan baik.

Bagaimana cara mengatur pola makan yang baik? Kamu bisa memperbanyak konsumsi sayur dan buah, mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, serta menghindari makanan berminyak dan junk food berlebih yang bisa merusak tubuh.

2. Tidak Merokok

Tahu, tidak? Merokok dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah kecil pada lapisan kulit paling luar. Dampak dari penyempitan pembuluh darah ini dapat membuat kulit kamu terlihat pucat dan kusam.

Zat elastin dan kolagen pada jaringan kulit juga bisa mengalami kerusakan akibat aktivitas merokok. Kedua zat tersebut merupakan protein sangat dibutuhkan kulit dalam menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Jika kedua zat tersebut rusak, kulit kamu akan terlihat lebih tua dan tidak segar.

Baca Juga :   7 Jenis Batik Modern di Indonesia, Sangat Populer!!

3. Mengaplikasikan Tabir Surya

Untuk menghindari kerusakan akibat paparan sinar UV, kamu bisa mengaplikasikan tabir surya yang dapat melindungi kulit kamu selama beraktivitas seharian. Tabir surya mengandung SPF dan PA yang tugasnya melindungi kulit dari bahaya paparan UV berlebih, misalnya iritasi, penuaan dini, hingga kanker kulit.

Kamu bisa memilih tabir surya yang cocok dengan kulit kamu. Ada beberapa tabir surya yang ketika diaplikasikan, menimbulkan whitecast yang mungkin mengganggu bagi beberapa orang.

Jangan lupa, kamu juga perlu mengaplikasikan tabir surya setiap 2 jam sekali, agar kulit kamu selalu terlindungi dengan baik.

4. Membersihkan Wajah dengan Benar

Setelah beraktivitas seharian, kulit kamu pasti terpapar oleh debu dan kotoran yang menempel. Kalau tidak dibersihkan dengan benar, kotoran dan debu akan menumpuk di pori-pori kamu dan dapat menimbulkan komedo atau jerawat.

Kamu bisa memilih sabun wajah yang cocok dengan tipe kulit kamu. Kalau kamu punya kulit yang sensitif, kamu bisa memperhatikan baik-baik sebelum menentukan sabun wajah yang akan kamu gunakan, apakah bahan-bahannya sudah aman atau belum.

Kamu juga bisa melakukan double cleansing, yaitu membersihkan wajah dua kali, yang pertama dengan micellar water, kemudian dilanjut dengan sabun wajah.

5. Istirahat dengan Cukup

Kulit juga membutuhkan istirahat dan waktu untuk memperbaiki sel mati atau sel yang mengalami kerusakan. Dengan tidur cukup, kamu sudah membantu kulit kamu untuk melakukan regenerasi.

Lama waktu tidur yang cukup adalah sekitar 7 sampai 9 jam. Dengan begitu, kulit memiliki waktu yang cukup untuk istirahat dan memperbaiki sel yang rusak. Tidur yang cukup juga bisa membuat kulit lebih lembap dan cerah. Jadi, jangan lupa tidur cukup, ya.

Bagaimana? Mudah, bukan? Kamu tidak perlu lagi membayar mahal-mahal untuk perawatan kulit, kalau dengan beberapa cara merawat kulit di atas sudah bisa menjaga kulit kamu agar tetap sehat dan cerah.

Baca Juga :   8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

 

Share :

Baca Juga

5 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Kena Flu

KESEHATAN

5 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Kena Flu
5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya

KESEHATAN

5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya
Mengungkap Penyebab Skizofrenia Gangguan Mental yg Kompleks

KESEHATAN

Mengungkap Penyebab Skizofrenia Gangguan Mental yg Kompleks
Khasiat Madu Bajakah Borneo Bagi Kesehatan

KESEHATAN

Khasiat Madu Bajakah Borneo Bagi Kesehatan
Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet

FASHION

Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet
Jadwal MPASI Pertama dan Tips untuk Ibu Muda

KESEHATAN

Jadwal MPASI Pertama dan Tips untuk Ibu Muda
5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

KESEHATAN

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi
Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejala

KESEHATAN

Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejala