Home / KULINER

Rabu, 25 Oktober 2023 - 12:36 WIB

13 Dessert Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

- Penulis

13 Dessert Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

13 Dessert Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

Moccaapedia – Tidak hanya barat saja yang memiliki variasi makanan penutup tetapi juga Indonesia. Ada banyak pilihan dessert khas Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga rasanya sangat lezat. Walaupun makanannya termasuk tradisional tetapi Anda harus mencobanya.

Dessert Indonesia tentu berbeda dengan dessert luar negeri walaupun rasanya sama-sama manis. Makanan penutup asli Indonesia ini bisa dikonsumsi kapan saja, tidak perlu menunggu setelah memakan makanan berat.

 

Baca Juga :   5 Kuliner Jogja Malam Khusus Pencinta Kuliner

 

Dessert Khas Indonesia

13 Dessert Khas Indonesia yang Wajib Dicoba
13 Dessert Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

 

Dessert asli Indonesia berasal dari berbagai daerah dengan aroma dan rasa yang khas, bahkan ada yang menggunakan rempah-rempah sebagai penyedap. Tentu saja harga makanan penutup di bawah ini juga sangat murah.

 

  1. Gemblong

Kue khas Indonesia adalah gemblong yang terbuat dari bahan beras ketan putih dan tersaji dengan berbagai cara. Ada gemblong yang dibakar, digoreng, dan ada tambahan taburan parutan kelapa atau serundeng. Bahkan ada yang menjual gemblong dengan siraman kuah santan.

Bagian luar gemblong adalah lapisan gula merah cair yang sudah membentuk kristal setelah kering. Teksturnya empuk dan lebih liat karena terbuat dari bahan ketan, namun kalau Anda memasaknya salah, teksturnya bisa mengeras. Citra rasanya manis karena ada taburan gula merah cair dan gurih berkat penggunaan kelapa parut.

 

  1. Kue Pukis

Pukis adalah salah satu jenis kue yang mirip dengan kue cubit hanya saja ukurannya lebih besar. Selain itu, perbedaannya dengan kue cubit adalah teksturnya lebih padat. Pukis terbuat dari beberapa adonan seperti santan, telur, gula pasir, dan tepung terigu.

Proses memasaknya dengan wajan cetakan berbentuk setengah bulan dan dipanggang di api, bukan menggunakan oven. Ada yang mengatakan bahwa pukis merupakan modifikasi dari kue wafel karena cara membuatnya hampir sama.

Anda bisa memilih kue pukis dengan berbagai varian toping seperti selai nanas, coklat butir, taburan keju, dan sukade atau manisan buah dari pepaya potongan kecil, dan kacang. Bagian atas pukis berwarna kuning dan bagian bawahnya berwarna kecoklatan.

 

  1. Kue Cucur

Rekomendasi dessert khas Indonesia berikutnya adalah kue cucur yang memiliki bentuk pipih dan warnanya kecoklatan. Kue cucur adalah salah satu kue yang berasal dari Betawi sehingga menjadi incaran masyarakat Jabodetabek.

Bahan pembuatan kue cucur adalah tepung beras dan warna coklatnya berasal dari gula merah sehingga rasanya sangat manis dan teksturnya agak berserat. Jadi, kalau Anda sedang berada di Jabodetabek akan mudah menemukan makanan gepeng ini.

 

  1. Klepon

Bentuk klepon bulat seperti bola-bola kecil dengan warna hijau dan taburan parutan kelapa. Bagian dalamnya berisi gula merah atau gula Jawa sehingga rasanya sangat manis. Tekstur kenyal dari klepon karena terbuat dari tepung kanji.

Makanan ini sangat cocok dimakan ketika sore atau pagi hari. Klepon adalah salah satu jajan tradisional yang sangat pas apabila Anda memakannya sambil minum teh dan bersantai.

 

  1. Kue Talam

Kue talam adalah dessert khas Indonesia yang banyak ditemukan di berbagai daerah karena rasanya gurih campur manis. Santan dari kue talam membuat makanan ini memiliki rasa gurih karena dijadikan sebagai bahan utama.

Anda bisa menemukan kue talam ketika memasuki Bulan Ramadhan karena menjadi salah satu menu buka puasa. Talam adalah salah satu kue basah sehingga tidak bisa bertahan lama, jadi Anda harus langsung memakannya.

 

Baca Juga :   14 Makanan Khas Madura Hadirkan Citra Rasa Indonesia

 

  1. Es Selendang Mayang

Betawi memiliki minuman khas daerah Indonesia bernama es selendang mayang yang sangat terkenal. Minuman ini termasuk minuman jaman dulu, namun masih ada sampai saat ini. Ciri khasnya adalah rasanya manis dan memiliki adonan lapisan dari tepung sagu aren, mirip seperti puding.

Minuman ini juga diberikan pemanis yang terbuat dari saus gula merah, potongan es batu, dan kuah santan. Selendang mayang tidak hanya menghadirkan rasa manis saja melainkan juga gurih dan lembut karena ada santannya. Anda bisa mengkonsumsi es selendang mayang saat musim panas.

 

  1. Es Goyobod

Garut memiliki minuman khas bernama es goyobod yang sangat menggugah selera. Bahan dasar pembuatannya adalah santan dan dicampur dengan sagu mutiara, roti, kelapa, alpukat, ketan hitam, dan toping lezat lainnya.

Es goyobod diambil dari pedagang Sunda yang bernama Junaedi dan arti dari es goyobod sendiri adalah basah kuyup dari Bahasa Sunda. Minuman ini memiliki perpaduan rasa yang khas mulai dari manis dan gurih. Tekstur minumannya juga sangat kenyal dan menyatu dalam satu kali teguk.

 

  1. Es Doger

Anda pasti sudah sering mendengar nama es doger bukan? Asal es doger adalah dari Cirebon Jawa Barat yang diambil dari dua kata yaitu dorong gerobak. Es doger ini sangat cocok dijadikan sebagai minuman penutup.

Bahan dasar pembuatan es doger adalah dari santan kelapa dan berisi berbagai bahan lain seperti potongan daging kelapa, alpukat, ketan hitam, dan tapai singkong. Selain itu, ada juga yang menambahkan sagu mutiara dan potongan roti tawar di atasnya.

 

  1. Es Teler

Sukoharjo adalah daerah yang memiliki minuman khas bernama es teler. Salah satu dessert khas Indonesia ini sudah ada sejak tahun 2005 di Sukoharjo, namun di tahun 1957 ternyata sudah ada dan dibuat oleh Ibu Samijem Darmo Putro.

Nama es teler berasal dari salah satu pengunjung yang mengatakan bahwa esnya bisa membuat teler. Hal ini karena kenikmatannya tiada tara dan terbuat dari berbagai isian seperti susu kental manis, semangka, alpukat, nangka, apel, dan anggur.

 

  1. Es Dawet Ayu

Dawet ayu berasal dari Banjarnegara Jawa Tengah yang memadukan rasa gurih dan manis dalam satu minuman. Teksturnya juga sangat lembut di lidah sehingga membuat banyak orang merasa ketagihan.

Bahan dasar pembuatan es dawet ayu adalah dari tepung beras olah dan pewarna alami hijau dari daun suji. Terdapat tiga komponen saja dalam es dawet ayu yaitu larutan gula merah, kuah santan, dan dawet.

 

  1. Raga-raga

Raga-raga adalah kue tradisional Indonesia yang mudah dibuat karena serupa dengan agar-agar. Hanya saja penyebutannya dibalik menjadi raga-raga oleh masyarakat Minang. Makanan ini terbuat dari santan dengan tambahan telur.

 

  1. Bongko Kopyor

Bongko kopyor adalah makanan yang terbuat dari kelapa kopyor dan bubur nangka. Bahan pembuatannya terdiri dari potongan pisang, irisan roti tawar, serutan kelapa, bubur mutiara, dan buah nangka.

Makanan ini berasal dari Gresik Jawa Timur yang juga dikenal dengan nama bubur sumsum. Proses pembuatannya sama yaitu dengan mengukusnya sampai matang. Perbedaannya dengan bubur sumsum adalah teksturnya lebih encer dan rasanya juga unik, gurih, dan lembut.

 

  1. Es Pallu Butung

Es pallu butung adalah makanan khas Sulawesi yang sudah lama menjadi makanan khas khususnya oleh Bugis Pinrang. Terbuat dari potongan pisang dan bubur tepung sebagai kuah dengan tambahan mutiara.

Setelah itu, ada juga tambahan lain seperti daun pandan untuk aroma, gula pasir, garam, dan santan kelapa.

 

Dessert khas Indonesi di atas adalah makanan yang sudah ada sejak dulu namun masih menjadi legendaris sampai saat ini. Anda bisa menemukannya di seluruh penjuru nusantara dan silahkan coba semua kue dan minuman tradisional itu.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Kuliner Terdekat Kampus UI Depok

Share :

Baca Juga

Makanan Dari Huruf F

KULINER

Tantangan Alfabet, Sebutkan Makanan Dari Huruf F!
10 Makanan Terpedas di Dunia, Menu Andalan Pencinta Pedas

KULINER

10 Makanan Terpedas di Dunia, Menu Andalan Pencinta Pedas
ANEKA JAJANAN MALAM KEKINIAN

KULINER

Aneka Jajanan Malam Kekinian untuk Melepas Penat
Sagon Kelapa Sangrai

KULINER

Resep Sagon Kelapa Sangrai Ala Rumahan
Solusi Cari Resep Makan Malam: Enak, Mudah, dan Terjangkau

KULINER

Solusi Cari Resep Makan Malam Enak, Mudah, dan Terjangkau
Resep Olahan Gurita Khusus untuk Keluarga di Rumah

KULINER

Resep Olahan Gurita Khusus untuk Keluarga di Rumah
Inilah, 10 Rekomendasi Menu Sahur Terlezat Selama Ramadhan

KULINER

Inilah, 10 Rekomendasi Menu Sahur Terlezat Selama Ramadhan
3 Resep Nasi Goreng yang Rasanya Pasti Lezat

KULINER

3 Resep Nasi Goreng yang Rasanya Pasti Lezat