Home / KULINER

Senin, 25 September 2023 - 22:25 WIB

Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat

- Penulis

Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat

Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat

Moccaapedia – Apakah Anda suka makan camilan ketika sedang melakukan aktivitas? Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan. Kacang-kacangan adalah teman yang pas untuk menghabiskan waktu karena bisa diolah menjadi banyak jenis makanan.

Mulai dari makanan manis sampai asin, semua bisa Anda buat dengan bahan kacang-kacangan. Kalau Anda beli di pasaran memang harganya murah, namun sebaiknya buat camilan sendiri saja agar lebih hemat.

 

Baca Juga :   Apa Itu Pengolahan Makanan? Ini Dia Penjelasannya Simakya

 

Jenis Kacang-Kacangan

Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat
Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat

 

Kacang-kacangan adalah bahan makanan yang proses pembuatannya tidak sulit dan bahannya juga bisa Anda dapatkan di mana saja. Buat Anda yang masih bingung harus mengolah jenis kacang apa, simak penjelasannya berikut ini.

 

  1. Kacang Hazel

Jenis pertama adalah kacang hazel yang juga dikenal dengan istilah hazelnut. Pada umumnya, kacang hazel tumbuh di negara yang memiliki 4 musim seperti Inggris, Jerman, Korea, dan Amerika Serikat.

Hanya saja, kacang hazel pertama kali muncul di Skotlandia sebelum akhirnya dikirim ke negara-negara lain. Cara mengkonsumsi kacang hazel bukan langsung dimakan, melainkan menjadi bahan pembuat hidangan penutup.

Anda bisa membuat makanan dan kue dari kacang hazel dan memiliki banyak kandungan nutrisi berupa kalori, karbohidrat, lemak, protein, fosfor, magnesium, zat besi, mangan, vitamin E, vitamin B 1, dan vitamin B6.

Manfaat dari mengkonsumsi kacang hazel adalah bisa untuk menyehatkan jantung serta mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan juga dapat mengurangi stress pada tubuh.

 

  1. Kacang Pistachio

Ada lagi yaitu kacang pistachio yang ada di negara bagian Asia Tengah seperti Uzbekistan dan Kazakhstan serta negara di Timur Tengah seperti Suriah dan Iran. Beberapa kacang pistachio juga tumbuh di Cina dan Amerika Serikat karena memiliki iklim tertentu.

Anda bisa menjadikan kacang pistachio sebagai camilan panggang atau goreng bahkan bisa Anda makan dalam keadaan mentah. Negara bagian Timur Tengah memang sering kali memproduksi kacang pistachio karena kaya akan kandungan manfaat.

Adapun nutrisi dari kacang pistachio adalah kalori, karbohidrat, vitamin B6, vitamin B1, mangan, magnesium, fosfor, zat besi, lemak, mineral, dan protein. Manfaat mengkonsumsi kacang pistachio adalah mencegah penyakit kanker, mengobati penyakit diabetes, serta dapat menjaga kesehatan mata.

 

  1. Kacang Almond

Nama lain dari kacang almond adalah kacang badam yang merupakan salah satu kacang paling enak di dunia. Negara yang paling sering mengirim kacang badam adalah Australia, Spanyol, dan Amerika Serikat.

Kacang badam adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan sejuk dan terkena sinar matahari yang cukup. Badam adalah jenis kacang yang cocok untuk menjadi makanan pencuci mulut dan memiliki rasa yang khas seperti susu, sirup, dan tepung.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang badam yaitu kalori, karbohidrat, protein, lemak, tembaga, magnesium, mangan, fosfor, vitamin B3, vitamin E, dan vitamin B2. Manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengkonsumsi kacang badam adalah menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, serta melindungi sel tubuh dari kerusakan.

 

  1. Kacang Mete

Tanaman jenis kacang-kacangan berikutnya adalah kacang mete yang bisa Anda olah menjadi berbagai jenis makanan seperti makanan utama atau pencuci mulut. Anda akan merasakan banyak manfaat setelah mengkonsumsi kacang mete karena mengandung banyak nutrisi.

Kandungan nutrisi tersebut ada dalam 100 gram seperti kalori, karbohidrat, vitamin K, vitamin B6, vitamin B5, kalori, karbohidrat, lemak, zinc, potassium, mangan, dan protein. Manfaat dari kacang mete adalah membantu menurunkan berat badan dengan sehat, menjaga kesehatan kantung empedu, baik untuk kesehatan jantung, serta mengontrol gula darah pada tubuh.

 

  1. Kacang Macadamia

Jenis kacang-kacangan berikutnya adalah Macadamia yang berasal dari New South Wales dan Queensland di Australia. Kemudian kacang ini dikirimkan ke berbagai negara dengan iklim tropis seperti Indonesia dan Afrika Selatan.

Macadamia memang kacang yang kurang terkenal di Indonesia, padahal di luar negeri sering menjadi camilan atau garnish dari makanan penutup. Setiap 100 gram Macadamia terdapat kalori, karbohidrat, lemak, protein, zat besi, magnesium, vitamin B1, vitamin B2, dan mangan.

Adapun manfaat dari Macadamia adalah untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan sehingga cocok yang ingin diet sehat, menurunkan risiko terjadinya diabetes, dan menjaga kesehatan jantung.

 

Baca Juga :   Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat

 

  1. Kacang Pinus

Rekomendasi kacang berikutnya yang juga baik adalah kacang pinus dan berasal dari pohon pinus. Pohon pinus sendiri berasal dari wilayah di daerah pegunungan seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Cina, dan negara lain yang memiliki dataran tinggi.

Kacang pinus adalah jenis kacang yang memiliki rasa hambar sehingga sering menjadi tekstur dari makanan. Walaupun hambar, kacang pinus adalah jenis makanan yang memiliki banyak kandungan gizi berupa kalori, karbohidrat, lemak, protein, tembaga, zinc, magnesium, mangan, vitamin E, vitamin K, vitamin B, dan mineral.

Manfaat yang akan Anda rasakan apabila mengkonsumsi kacang pinus adalah menurunkan berat badan, menjaga kadar gula darah dalam tubuh, menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kanker usus besar, dan meningkatkan kesehatan otak.

 

  1. Kacang Kastanya

Apakah Anda pernah mendengar istilah kacang kastanya? Kacang Kastanya adalah aneka jenis kacang-kacangan yang tumbuh di bagian bumi dengan udara sejuk. Negara penghasil kacang Kastanya adalah Kanada, Jepang, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya dengan suhu serupa.

Kacang Kastanya adalah jenis kacang yang bisa dipanggang sehingga menjadi bahan pembuatan adonan roti dan kue bahkan menjadi makanan pendamping kalkun atau ayam. Beberapa nutrisi pada kacang Kastanya adalah kalori, karbohidrat, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin C.

Adapun manfaat mengkonsumsi Kacang Kastanya adalah sangat baik bagi penderita defisiensi ginjal dan untuk orang yang memiliki limpa lemah. Hanya saja, sebelum mengkonsumsi kacang Kastanye penting untuk konsultasi dulu dengan dokter.

 

  1. Kacang Kedelai

Berikutnya adalah kacang kedelai yang lebih banyak ditemukan di negara bagian Asia Timur seperti Cina, Jepang, dan Korea Selatan. Namun sekarang, Kacang kedelai banyak dijadikan sebagai bisnis di Jerman dan Amerika Serikat.

Sesuai dengan namanya, Kacang Kedelai adalah tumbuhan yang menjadi bahan baku pembuatan minyak kedelai dan susu kedelai. Bahkan di Indonesia dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan oncom, tahu, tempe, dan jenis makanan lain.

Adapun kandungan nutrisi dari Kacang Kedelai adalah kalori, karbohidrat, lemak, protein, vitamin C, vitamin B9, vitamin B1, zinc, mangan, magnesium, fosfor, dan mineral. Manfaat mengkonsumsi Kacang Kedelai adalah menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, menurunkan kadar kolesterol, mencegah terjadinya demensia, mengurangi risiko kanker, dan sebagainya.

 

  1. Kacang Merah

Jenis kacang berikutnya adalah kacang merah dan banyak yang mengatakan bahwa Kacang Merah ditemukan di Peru. Kemudian, kacang ini dikirim ke banyak negara seperti Bangladesh, India, Sri Lanka, dan sebagainya.

Sekarang, Anda bisa menemukan Kacang Merah di berbagai negara termasuk Indonesia. Walaupun begitu, hanya sedikit peminat dari Kacang Merah padahal kaya akan nutrisi. Nutrisi tersebut berupa lemak, protein, fosfor, zat besi, tembaga, dan magnesium.

 

Anda bisa memilih salah satu dari sembilan jenis kacang-kacangan di atas untuk dikonsumsi secara rutin dan rasakan bagaimana manfaatnya.

Baca Juga :   5 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Kena Flu

Share :

Baca Juga

Rahasia Resep Soto Ayam Kuah Santan Kuning Super Enak

KULINER

Rahasia Resep Soto Ayam Kuah Santan Kuning Super Enak
Bandros Resep dan Cara Membuatnya 100% Mudah

KULINER

Bandros Resep dan Cara Membuatnya 100% Mudah
12 Makanan Khas Manado yang Menggugah Selera

KULINER

12 Makanan Khas Manado yang Menggugah Selera
7 Makanan Khas Meksiko yang Rasanya Pas di Lidah

KULINER

7 Makanan Khas Meksiko yang Rasanya Pas di Lidah
5 Makanan Terpedas di Indonesia, Yakin Berani Coba?

KULINER

5 Makanan Terpedas di Indonesia, Yakin Berani Coba?
Rekomendasi Makanan Khas Lampung Lezat dan Wajib Coba

KULINER

Rekomendasi Makanan Khas Lampung Lezat dan Wajib Coba
Resep Sundubujiggae, Sup Tahu Ala Korea dan Pedas dan Nikmat

KULINER

Resep Sundubujiggae, Sup Tahu Ala Korea dan Pedas dan Nikmat
Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba

KULINER

Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba