Home / KULINER

Kamis, 24 Agustus 2023 - 13:41 WIB

12 Makanan Khas Manado yang Menggugah Selera

- Penulis

12 Makanan Khas Manado yang Menggugah Selera

12 Makanan Khas Manado yang Menggugah Selera

Moccaapedia – Makanan khas Manado memang kebanyakan memiliki citra rasa pedas, hanya saja ada beberapa makanan yang rasanya manis. Walaupun pedas, semua masakan Manado memiliki ciri khas yang berbeda dari makanan daerah lain.

Manado adalah daerah dengan kekayaan alam yang melimpah sehingga menjadi tempat wisata kesukaan pengunjung. Ada banyak pusat kuliner di Manado yang selalu ramai yang menawarkan pengalaman berburu kuliner berbeda.

 

Baca Juga :   13 Makanan Terenak di Dunia, Ada dari Indonesia

 

Makanan Khas Manado

12 Makanan Khas Manado yang Menggugah Selera
12 Makanan Khas Manado yang Menggugah Selera

 

Ketika Anda mencicipi masakan asli Manado, maka Anda akan melihat bagaimana keragaman budaya di Manado. Semua masakan daerah Manado menggambarkan masyarakat setempat yang unik. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Manado dengan rasanya yang sangat lezat.

 

  1. Sayur Ganemo

Sayur Ganemo adalah makanan yang memiliki rasa pedas khas Sulawesi Utara yang terbuat dari bermacam-macam sayuran. Agar rasanya lebih lezat, penjual biasanya menambahkan bumbu khusus untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran.

Jenis sayuran yang terdapat dalam sayur ganemo adalah labu kuning, bunga pepaya, dan daun melinjo. Pada zaman dulu, sayur ganemo merupakan salah satu hidangan terkenal sehingga masyarakat setempatnya menyebutnya sebagai makanan legenda.

 

  1. Tinutuan

Tinutuan adalah nama makanan khas Manado yang mungkin masih asing di telinga Anda. Berupa bubur yang terbuat dari cara khusus, tinutuan berisi labu kuning, bubur beras, dan sayuran hijau serta tanpa daging.

Kalau Anda sedang liburan bersama anak, bisa membawa anak untuk mencicipi hidangan lezat ini di Manado. Teksturnya yang lembut seperti bubur pada umumnya dan bahan-bahan yang sehat sangat tepat bagi perkembangan anak.

Anda bisa menyajikannya saat sarapan seperti yang sering dilakukan oleh masyarakat Manado. Alasan bubur tinutuan menjadi menu sarapan adalah agar bisa semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Mudah sekali menemukan hidangan ini karena Anda tinggal berkunjung ke salah satu pusat kuliner tinutuan di Manado.

 

  1. Panada

Kuliner selanjutnya adalah panada yang merupakan jajanan khas orang Manado dan bentuknya mirip dengan pastel dengan tekstur berbeda. Panada memiliki kulit yang mirip dengan roti sehingga tidak akan hancur ketika Anda menggigitnya.

Bagian dalam panada berisi ikan cakalang yang sudah dicampur dengan bumbu khas. Sebagian warga Manado juga menggantinya dengan jenis ikan lain namun yang paling sering adalah ikan cakalang.

 

  1. Gohu

Apakah sebelumnya Anda tahu istilah gohu? Gohu adalah jenis kuliner berupa asinan asin buatan warga Manado, jadi tidak ada di daerah lain. Sebagai makanan yang paling banyak penggemarnya, gohu terbuat dari buah pepaya segar yang diiris secara memanjang.

Potongan pepaya tersebut bercampur dengan cabe halus, gula aren, telur fermentasi, jahe, perut ikan, cuka, bakasang, dan air. Perpaduan rasa asin dan pedas sangat terasa ketika Anda mencicipi makanan ini.

Rasa pedas berasal dari jahe dan cabe sedangkan rasa manis pada gula aren dan asam pada cuka akan berpadu menjadi satu sehingga membuat lidah terasa lebih menyegarkan.

 

  1. Kue Gulung

Makanan khas daerah Manado adalah kue gulung yang bentuknya hampir mirip dengan kue semprong dari Karawang. Namun, kue gulung khas Kepulauan Sangihe ini memiliki tekstur renyah dan gurih.

Bagi wisatawan yang baru pertama kali mencoba kue gulung pasti akan ketagihan dalam sekali gigit. Kue gulung termasuk jenis makanan ringan yang terbuat dari bahan sagu kemudian dioven selama beberapa waktu.

Pemilihan sagu tentu tidak sembarangan mengingat sagu adalah makanan sehari-hari masyarakat Kepulauan Sangihe. Jadi, kalau Anda sedang berada di Manado jangan lupa untuk berkunjung ke Kepulauan Sangihe agar bisa mencicipi kue gulung.

 

Baca Juga :   6 Kuliner Malam Jakarta yang Layak Dicoba

 

  1. Pisang Goreng

Pisang goreng buatan Manado dengan yang biasa Anda temui di jalanan sehari-hari tentu sangat berbeda. Pisang goreng buatan Manado tidak langsung dikonsumsi utuh melainkan perlu mencampurnya dengan sambal atau dabu-dabu.

Ada makanan unik dari Manado yaitu Pisang Goreng Goroho yang terdapat di kawasan kuliner Malalayang. Ada banyak kios penjual Pisang Goreng Goroho yang rasanya sangat lezat dan bisa menjadi teman ngopi.

 

  1. Nasi Jaha

Nasi jaha adalah makanan khas Manado yang terbuat dari santan kelapa kemudian tersaji dalam kukusan daun pisang. Pada saat proses pengukusan, nasi jaha akan berubah tekstur menjadi lebih lembut dan muncul aroma khas.

Adapun lauk pauk yang menjadi teman nasi jaha adalah sayuran segar, ikan, dan daging ayam atau daging babi. Rasa gurih yang berasal dari bumbu khas Manado mampu menciptakan rasa yang sangat nikmat jadi pencinta kuliner wajib mencicipinya.

 

  1. Ayam Woku Belanga

Ayam Woku Belanga juga tidak boleh ketinggalan karena sama-sama unik seperti kuliner sebelumnya. Ayam woku belanga terbuat dari proses khusus yang mampu menciptakan rasa gurih dan pedas.

Woku sendiri adalah bumbu khas masyarakat Manado yang memiliki citra rasa tinggi dan terbuat dari rempah-rempah pilihan. Rempah-rempah pilihan tersebut adalah air perasan jeruk nipis, tomat, daun bawang, cabai hijau, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, daun jeruk, daun kemangi, daun pandan, dan sebagainya.

Walaupun menggunakan banyak rempah-rempah tetapi proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu lama. Terdapat dua jenis ayam woku belanga yaitu tersaji dalam kuah encer dan kental.

 

  1. Nasi Kuning Manado

Anda pasti sudah sering memakan nasi kuning bukan? Namun pernahkah Anda memakan nasi kuning buatan masyarakat Manado? Tentu saja rasanya sangat berbeda. Manado adalah daerah dengan penghasil laut melimpah sehingga lauk pauk pada nasi kuning juga melimpah.

Bahkan ikan yang digunakan adalah jenis ikan cakalang dengan tambahan lauk lain seperti telur rebus, sambal roa dengan pedas menyengat, bihun goreng, dan kering talas atau ubi.

 

  1. Ayam Isi Buluh

Berikutnya adalah ayam isi buluh yang terbuat dari daging ayam dan proses memasaknya cukup unik yaitu dengan menggunakan bambu (buluh). Bumbu-bumbu pada hidangan berupa kunyit, jahe, serai, dan cabe kemudian dimasak dan dibakar secara bersamaan sampai matang.

Agar rasa segar pada ayam tetap terjaga biasa penjual akan menambahkan rempah-rempah lain yaitu kemangi, daun bawang, daun kunyit, dan daun jeruk.

 

  1. Mie Cakalang

Mie cakalang juga merupakan kuliner asli Manado yang rasanya tidak kalah lezat. Adapun bahan utamanya sama seperti namanya yaitu terbuat dari mie cakalang. Mie cakalang memanfaatkan bumbu yang diracik khusus sehingga menimbulkan citra rasa khas masakan Manado. Racikan pada mie cakalang akan meninggalkan rasa istimewa di lidah sehingga Anda ingin mencobanya lagi.

 

  1. Ayam Tuturuga

Ayam tuturuga merupakan masakan dengan warna merah dari bahan santan dan ayam. Sekilas tampilannya memang mirip dengan opor ayam yang sering dimasak saat lebaran Idul Fitri. Namun, ayam tuturuga jelas memiliki perbedaan daripada ayam yang sering Anda makan.

Perbedaannya dengan opor ayam adalah warna tampilannya karena opor ayam berwarna merah. Selain itu, kuah santan pada ayam tuturuga juga tercampur dengan cabai merah dan perasan jeruk nipis.

 

Semua masakan khas Manado di atas adalah masakan yang bisa Anda dapatkan apabila berwisata ke Manado. Pastikan Anda mencicipi beberapa makanan di atas agar tidak menyesal telah pergi jauh-jauh ke Manado.

 

Baca Juga :   5 Makanan Khas Majalengka yang Paling Diincar

Share :

Baca Juga

4 Resep Olahan Strawberry yang Bikin Nagih

KULINER

4 Resep Olahan Strawberry yang Bikin Nagih
Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat

KESEHATAN

Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat
Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak

KULINER

Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak
Menu Makanan Natal Tahun Baru yang Wajib di Hidangkan !!

KULINER

Menu Makanan Natal Tahun Baru yang Wajib di Hidangkan !!
Alasan Mencoba Steak Bandung dan Rekomendasi Lokasi untuk Anda!

KULINER

Alasan Mencoba Steak Bandung dan Rekomendasi Lokasi untuk Anda!
Udang Saus Lada Hitam

KULINER

Resep Udang Saus Lada Hitam Nikmat dan Cara Membuatnya
Rekomendasi Makanan Khas Lampung Lezat dan Wajib Coba

KULINER

Rekomendasi Makanan Khas Lampung Lezat dan Wajib Coba
5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama

KULINER

5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama