Home / KULINER

Rabu, 16 Agustus 2023 - 00:03 WIB

Kuliner Khas Bogor yang Lezat, Wajib Dicicipi!

- Penulis

Kuliner Khas Bogor yang Lezat, Wajib Dicicipi!

Kuliner Khas Bogor yang Lezat, Wajib Dicicipi!

Moccaapedia – Tentu banyak yang mencari kuliner khas Bogor ketika berkunjung ke kota hujan itu. Biasanya warga ibu kota yang ingin menghilangkan penat sehingga ingin menghabiskan waktu di Bogor. Salah satu makanan khas masyarakat Bogor adalah asinan sehingga sangat populer.

Tidak hanya asinan saja yang terkenal di Bogor, ada lagi makanan khas lain yang bisa Anda coba sekaligus menjadikannya oleh-oleh. Lokasi tempat kuliner Bogor juga sangat strategis sehingga aksesnya mudah.

 

Baca Juga :   Resep Olahan Susu untuk Menu Camilan di Rumah

 

Kuliner Khas Bogor

Kuliner Khas Bogor yang Lezat, Wajib Dicicipi!
Kuliner Khas Bogor yang Lezat, Wajib Dicicipi!

 

Rasanya sangat kurang kalau Anda pergi berwisata tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut. Apalagi kalau Anda bukan orang asli Bogor dan tidak tahu kapan akan ke Bogor lagi. Oleh karena itu, mencicipi makanan kuliner khas Bogor di bawah ini.

 

  1. Es Pala

Es pala adalah rekomendasi minuman segar khas Bogor yang cocok untuk menemani musim panas. Minuman satu ini sudah ada sejak lama dan bertahan sampai sekarang. Alasannya adalah karena rasanya unik dengan rasa asam khas buah pala.

Rasa asam tersebut berpadu dengan rasa manis dari gula sehingga rasanya lebih nikmat. Pedagang es pala juga menambahkan es agar tenggorokan lebih segar. Satu gelas saja bisa menghilangkan dahaga. Untuk harga jual es pala hanya 5 ribu rupiah per gelas.

 

  1. Ngo Hiang Gang Aut

Rekomendasi kuliner Bogor selain es pala adalah Ngo Hiang Gang Aut. Ngo Hiang Gang Aut sebenarnya adalah makanan khas Tiongkok, hanya saja juga terkenal di Bogor. Di Tiongkok, makanan ini terbuat dari bahan dasar daging babi.

Akan tetapi ketika masuk ke Indonesia, pedagang Ngo Hiang Gang Aut mengganti menunya. Cara pembuatannya adalah dengan membalut olahan daging dengan tepung. Setelah itu daging tersebut digoreng lalu Anda bisa menikmatinya dengan saus khas.

Adanya saus tersebut membuat Ngo Hiang memiliki rasa manis asam. Belum lagi dengan tambahan acar lobak, rasanya semakin nikmat. Kalau Anda penasaran dengan Ngo Hiang, langsung pergi ke Bogor saja ya!

 

  1. Mie Glosor

Kuliner khas Bogor berikutnya adalah mie glosor yang sering menjadi menu buka puasa masyarakat muslim. Mie glosor adalah kuliner yang tersaji dengan gorengan, kerupuk mie, dan sambal kacang.

Keunikan dari mie glosor adalah menggunakan mie berwarna kuning keemasan dan bahan dasarnya terbuat dari kunyit serta tepung singkong.

 

  1. Cungkring

Cungkring  adalah makanan khas kota hujan yang sangat populer. Anda bisa membelinya di pagi hari karena cungkring adalah menu sarapan yang pas. Bahan dasar pembuatan cungkring adalah kaku sapi yang terpotong menjadi empat bagian.

Jadi dalam satu porsi cungkring terdapat dampal, kikil, kulit, dan urat. Harga makanan ini juga sangat terjangkau dan rasanya juga bisa membuat lidah ketagihan.

 

Baca Juga :   10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling

 

  1. Bajigur

Tidak hanya cungkring yang populer, tetapi bajigur juga. Bajigur memang bukan berasal dari Bogor, akan tetapi ada banyak penjual bajigur di kota hujan. Bajigur merupakan sebuah minuman tradisional masyarakat Sunda.

Bajigur adalah minuman yang terbuat dari santan dengan campuran gula aren, jahe, bubuk vanili, dan sedikit garam. Setelah itu, bajigur tersaji dengan tambahan irisan kolang kaling. Keunikan dari bajigur itu adalah bisa menghangatkan tubuh.

Walaupun begitu, tetapi Anda tetap bisa menikmatinya dengan tambahan es agar rasanya menjadi lebih segar. Kalau Anda tidak suka minuman dingin bisa meminum bajigur langsung saat masih hangat saja.

 

  1. Macaroni Panggang

Makanan khas Bogor adalah macaroni panggang yang sangat kekinian. Walaupun pasta bukan termasuk makan khas Indonesia akan tetapi macaroni panggang adalah makanan dari Bogor. Anda bisa memakannya langsung atau membawanya untuk menjadi oleh-oleh di rumah.

Macaroni panggang memiliki tampilan yang mirip dengan macaroni schotel. Akan tetapi perbedaannya terdapat pada teksturnya yang lebih kering serta bagian atasnya terdapat parutan keju untuk topping.

Di Bogor terdapat dua jenis macaroni panggang yang bisa Anda beli yaitu macaroni panggang spesial dan biasa. Macaroni panggang spesial adalah macaroni yang berisi lebih banyak daging dan jamur. Sedangkan macaroni biasa jumlah daging dan jamurnya lebih sedikit.

Biasanya toko yang menjual macaroni panggang juga menjual menu makanan lain yang bisa Anda cicipi sekaligus seperti steik, lasagna, daging ayam, iga, dan klappertaart buatan masyarakat Bogor.

 

  1. Strudel Bogor

Strudel Bogor bisa menjadi pilihan makanan lain kalau Anda bosan dengan menu-menu di atas. Strudel Bogor mirip dengan pastry yang terbuat dari adonan tipis yang sudah terlapisi dengan campuran kismis, rempah-rempah, dan apel.

Setelah itu penjual akan menggulung dan memanggang adonan tersebut sampai terasa matang dan renyah. Rasa dari strudel Bogor adalah manis namun ada juga rasa sedikit pedas. Rasa pedas berasal dari kayu manis dan lada hitam sebagai rempah-rempah.

Ada juga strudel Bogor yang aromanya sangat harum karena ada campuran kismis dan kayu manis. Anda bisa menemukan strudel Bogor di toko-toko kue dan roti khususnya di daerah puncak. Anda bisa menjadikan strudel Bogor sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

 

  1. Bolu Lapis Sangkuriang

Kuliner khas Bogor yang terkenal adalah bolu lapis Sangkuriang. Hal yang paling terkenal dari bolu lapis Sangkuriang adalah rasanya manis dan memiliki beberapa lapisan dengan warna berbeda.

Cara pembuatannya adalah dengan membuat adonan dasar dari susu, gula, telur, dan tepung terigu. Adonan-adonan tersebut kemudian akan terbagi menjadi beberapa bagian dan setiap lapisan akan diberi pewarna berbeda.

Bagaimana dengan rasa bolu lapis tersebut? Bolu lapis Sangkuriang merupakan makanan lembut dan manis dan teksturnya juga sangat empuk serta ringan. Anda bisa membawa pulang bolu lapis Sangkuriang sebanyak mungkin.

 

  1. Toge Goreng

Toge goreng merupakan salah satu makanan dari Bogor yang memiliki perpaduan rasa gurih dan pedas. Perpaduan rasa ini sangat terasa karena ada bumbu tauco asli yang terbuat dari oncom. Anda bisa menikmatinya dengan kerupuk mie karena rasanya jauh lebih lezat.

Tempat terkenal yang menjual toge goreng adalah Toge Goreng Hj Omah yang sudah ada sejak 1970-an. Rumah makan legendaris ini selalu ramai dengan wisatawan yang ingin mencicipi kuliner toge goreng. Harga Toge Goreng Hj Omah juga sangat terjangkau yaitu hanya 15 ribu untuk satu porsi.

 

  1. Docklang

Apakah Anda tahu dengan docklang? Docklang adalah makanan Bogor berupa lontong sayur atau kupat tahu. Di dalamnya terdapat telur rebus, irisan kentang goreng, pesor, dan tahu goreng yang ditambah dengan bumbu kecap dan kacang.

Keunikan dari docklang adalah ketupat atau pesor yang terbuat dari bahan beras kemudian dibungkus dengan menggunakan daun putat. Setelah itu penjual docklang akan merebusnya dalam waktu beberapa jam.

Adapun daun putat adalah daun yang terbuat dari tanaman di kaki Gunung Salak. Kalau Anda tertarik dengan docklang bisa pergi ke Dockalng 405 yang sangat terkenal dan rasa makanannya juga lezat.

 

Kuliner khas Bogor adalah pilihan aktivitas terbaik kalau Anda berkunjung ke Bogor. Jangan melupakan keluarga di rumah karena Anda bisa membawa oleh-oleh berupa makanan dari kota hujan.

 

Baca Juga :   4 Wisata Bogor Paling Direkomendasi Murah dan Akses Mudah

Share :

Baca Juga

9 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan, Mudah Masaknya!

KULINER

9 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan, Mudah Masaknya!
Rekomendasi Makanan Khas Lampung Lezat dan Wajib Coba

KULINER

Rekomendasi Makanan Khas Lampung Lezat dan Wajib Coba
13 Makanan Khas Jepang yang Super Unik

KULINER

13 Makanan Khas Jepang yang Super Unik
5 Olahan Camilan Kopi Rasa Lezat Menggoyang Lidah

KULINER

5 Olahan Camilan Kopi Rasa Lezat Menggoyang Lidah
Sagon Kelapa Sangrai

KULINER

Resep Sagon Kelapa Sangrai Ala Rumahan
Aneka Kue Kering Lebaran Kekinian, Emak-emak Pasti Suka

KULINER

Aneka Kue Kering Lebaran Kekinian, Emak-emak Pasti Suka
4 Kuliner Salatiga dengan Keanekaragaman Rasa

KULINER

4 Kuliner Salatiga dengan Keanekaragaman Rasa
Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba

KULINER

Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba