Home / KULINER

Senin, 28 Agustus 2023 - 14:29 WIB

Resep Cappuccino ala Cafe Pakai Omela Foaming Milk yang Enak

- Penulis

Omela Cappucino

Omela Cappucino

Moccaapedia – Cappuccino merupakan minuman varian dari kopi yang banyak peminatnya. Tidak harus selalu beli, Anda bisa membuat resep cappuccino ala cafe pakai Omela Foaming Milk yang enak sendiri di rumah. Dengan demikian, setiap ingin menikmatinya tidak perlu keluar rumah karena bisa langsung ke dapur untuk membuatnya.

Untuk bisa membuat cappuccino yang pas sesuai selera memang tidak selalu mudah, perlu keterampilan dan latihan sehingga mendapatkan takaran yang pas. Namun jika sudah beberapa kali mempraktekkan resep ini, Anda bisa menentukan takaran dari masing-masing bahan sehingga minuman yang dibuat tidak kalah dengan yang ada di kedai kopi atau kafe.

 

Baca Juga :   Aneka Jajanan Malam Kekinian untuk Melepas Penat

 

Yuk Buat Resep Cappuccino ala Cafe Pakai Omela Foaming Milk yang Enak

 

Ketika mempraktekkan resep ini, bagian yang paling sulit adalah membuat cappuccino agar mendapatkan tekstur busa yang pas. Jika gagal, maka minuman yang dibuat tampilannya menjadi kurang menarik. Tekstur dan busa yang bentuknya cantik tersebut bisa dihasilkan dengan menggunakan alat yang bernama espresso. Berikut cara membuatnya:

 

1. Bahan

Harga kopi di kafe atau kedai seringkali cukup mahal karena barista yang membuatnya perlu keterampilan khusus. Namun saat ini untuk membuatnya semakin mudah karena banyak alat yang bisa digunakan. Selama mau mencoba beberapa kali saja, cappuccino yang Anda buat tidak kalah dengan buatan barista di café ternama.

 

a.Biji Kopi

Meski semua biji kopi bisa untuk membuat secangkir cappuccino, namun Anda perlu memperhatikan kualitasnya. Para barista terkenal biasanya memilih jenis kopi arabica tetapi Anda juga bisa memilih jenis lain sesuai selera. Siapkan biji kopi sekitar 20 gr untuk takaran air sebanyak 60 ml agar menghasilkan minuman segar dan enak

 

b.Air 60 ML

Bukan hanya jumlah air yang digunakan, suhu atau tingkat kepanasannya sangat menentukan tekstur dan rasa kopi cappuccino yang Anda buat. Untuk membuat minuman ini, sebaiknya menggunakan air panas dengan suhu 90 derajat Celcius.

Jika tidak mempunyai termometer untuk mengukur suhu, Anda bisa menggunakan air yang direbus sampai mendidih, kemudian membiarkannya sampai 2 menit. Suhu dalam air tersebut akan turun sampai mendekati 90 derajat.

 

c.Omela Foaming Milk

Bahan untuk membuat cappuccino yang enak dan menarik adalah susu. Dalam pembuatan resep kali ini menggunakan Omela Foaming yang mempunyai banyak keunggulan. Omela membuat tekstur hidangan semakin menarik, tanpa rasa manis tambahan sehingga aman.

Penambahan Omela pada minuman akan membuatnya menjadi semakin gurih lezat. Omela
akan membuat minuman menjadi luar biasa dengan tekstur yang menggiurkan mata. Cappuccino yang terbuat dari Omela Foaming Milk menghasilkan tekstur shiny, lembut dan ketebalan serta bentuk busa yang menarik.

 

2. Alat

Meski Anda tidak memiliki espresso, Anda tetap bisa membuat secangkir kopi cappuccino yang enak dan cantik. Omela Foaming Milk membantu untuk bisa mendapatkan rasa dan bentuk hidangan yang menggugah selera. Untuk bisa membuatnya, siapkan alat:

 

a.Timbangan

Untuk membuat takaran yang pas Anda membutuhkan timbangan sehingga bisa memastikan berat dari kopi yang digunakan. Ini merupakan kunci penting untuk bisa membuat kopi dengan kekentalan tertentu seperti harapan. Jumlah kopi juga menentukan rasa minuman yang nanti dihasilkan.

 

b.Penggilingan kopi

Kopi yang paling enak adalah yang diseduh langsung setelah selesai menggiling bijinya. Dengan demikian aroma khas dari minuman ini belum hilang yang bisa menggugah selera siapa saja yang menciumnya. Gunakan hanya biji kopi segar yang berkualitas untuk menghasilkan minuman terbaik.

 

Baca Juga :   5 Resep Olahan Keju, Kejunya Lumer di Lidah

 

c.Presso/Aeropress

Alat yang digunakan untuk membuat cappuccino adalah presso. Namun karena harganya cukup mahal tidak semua rumah tangga memilikinya. Jika tidak ada, Anda bisa mengganti penggunaan presso dengan aeropress. Meski bentuknya sedikit berbeda, namun jika sudah pandai menggunakannya akan membentuk cappuccino yang hampir sama.

 

d.French press

Foaming milk yang lembut bisa dibuat dengan alat satu ini, jadi untuk bisa menghasilkan secangkir minuman kopi espresso, harus ada French press.

 

e.Cangkir

Kopi espresso yang Anda buat perlu disajikan dalam sebuah cangkir yang pas. Pilihlah jenis yang mempunyai permukaan cukup lebar untuk bisa menampung busa cappuccino dan membuatnya terlihat menarik.

 

3. Cara membuat kopi cappuccino

Bagian ini yang paling menarik, yaitu membuat espresso, cappuccino kemudian meraciknya menjadi hidangan yang enak dan menarik. Langkah yang tepat bisa menjadikan minuman yang
Anda buat tidak kalah dengan yang ada di kafe.

 

a.Buat espresso

Panaskan air hingga 90 derajat Celcius, kemudian masukkan kopi yang sudah ditumbuk sampai halus, selanjutnya press kopi dan masukkan ke dalam cangkir.

 

b.Membuat foaming

Panaskan Omela Foaming sampai 90 derajat Celcius sebanyak 120 ml, press menggunakan French press, tekan dengan tenaga penuh selama 1 menit untuk menghasilkan busa dengan tekstur menarik.

 

c.Meracik kopi cappuccino

Bagian ini harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Caranya cukup dengan menuangkan foaming ke dalam cangkir yang berisi kopi. Dengan cara penuangan yang tepat, foaming akan membentuk tekstur menarik.

Untuk membuat resep cappuccino ala cafe pakai Omela Foaming Milk yang enak tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena itu Anda bisa menyiapkan sendiri kapan saja ingin menikmatinya. Jika sudah biasa membuat, bisa menghasilkan secangkir cappuccino dengan rasa dan tekstur seperti yang disajikan kafe ternama.

 

Membuat minuman memang #palingpasdenganOmela!

 

Membuat minuman memang #palingpasdenganOmela!

Dengan OMELA Foaming Milk mampu menciptakan microfoam yang shiny, lembut, tebal dan stabil hingga 30 menit dengan warna yang pas, tidak terlalu putih dan tidak terlalu gelap.

Jika dirasakan, OMELA Foaming Milk Professional tidak mengandung gula tambahan sehingga netral dan memberikan rasa akhir yang balance antara medium sweet dan medium creamy.

Foaming milk juga memiliki keunggulan yaitu jangka waktu penyimpanan yang lebih panjang hingga 9 bulan pada suhu ruangan dalam kondisi kemasan belum dibuka.

OMELA Foaming Milk Professional hanya perlu didinginkan di dalam kulkas dengan suhu 4 derajat celcius sebelum penggunaan, sehingga tidak memerlukan penyimpanan di chiller dan membuat pemilik bisnis kopi menjadi lebih hemat operasional listrik.

Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan OMELA Foaming Milk for Professional dengan harga terjangkau mulai dari Rp 16.500.

 

Baca Juga :   Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat

Share :

Baca Juga

Resep Puding Nutrijel Leci Warnanya Apa Saja Selain Putih

KULINER

Resep Puding Nutrijel Leci Warnanya Apa Saja Selain Putih?
Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh

KULINER

Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh
Ayam Goreng Bumbu Rujak

KULINER

Rahasia Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak Enak
9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi, Dijamin Sehat

KULINER

9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi Praktis, Cocok Untuk Diet
Menu Makan Siang Kekinian (Ig/Eelllizarr)

KULINER

7 Inspirasi Menu Makan Siang Kekinian, Bikin Nagih!
9 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan, Mudah Masaknya!

KULINER

9 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan, Mudah Masaknya!
6 Kuliner Malam Jakarta yang Layak Dicoba

KULINER

6 Kuliner Malam Jakarta yang Layak Dicoba
5 Kuliner Khas Bengkulu yang Menyimpan Citra Rasa

KULINER

5 Kuliner Khas Bengkulu yang Menyimpan Citra Rasa