Home / KULINER

Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:18 WIB

13 Makanan Khas Jepang yang Super Unik

- Penulis

13 Makanan Khas Jepang yang Super Unik

13 Makanan Khas Jepang yang Super Unik

Moccaapedia Makanan khas Jepang selalu menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Jepang. Oleh karena itu, para wisatawan yang datang ke Jepang tidak akan lupa menghabiskan waktu dengan mencicipi kuliner khas Negeri Sakura.

Lalu apa yang menjadi alasan mengapa makanan Jepang memiliki daya tarik tersendiri? Alasannya adalah karena menggunakan teknik pengolahan unik sehingga memiliki ciri khas tersendiri. Rasa masakan Jepang juga banyak yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

 

Baca Juga :   7 Makanan Tempo Dulu yang Sudah Jarang Ditemui

 

Makanan Khas Jepang

13 Makanan Khas Jepang yang Super Unik
13 Makanan Khas Jepang yang Super Unik

 

Mencicipi makanan asli Jepang adalah salah satu cara jika Anda ingin kenal lebih dalam budaya negara tersebut. Kalau Anda belum menemukan makanan yang sekiranya cocok bisa simak rekomendasinya di bawah ini.

 

1. Sashimi

Sashimi adalah makanan yang mirip dengan sushi hanya saja perbedaannya ada pada nasinya. Kalau makanan pada sashimi semuanya dibuat mentah dan tidak memerlukan bahan makanan lain. Hanya menggunakan kecap atau wasabi.

Adapun bahan pembuatannya adalah makanan laut bahkan masyarakat Jepang menggunakan makanan laut beracun sebagai bahan sashimi. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena koki pembuat sashimi sudah handal dalam mengolah makanan tersebut.

 

2. Ramen

Rekomendasi nama masakan khas Jepang adalah ramen yang banyak muncul di kedai anime. Ramen adalah makanan khas dari Negeri Sakura yang memiliki ukuran mie medium. Tersedia banyak rasa yang bisa Anda coba seperti kaldu sayuran, kaldu babi, kaldu sapi, dan kaldu ayam.

Anda juga bisa memesan ramen dengan pilihan topping sesuai selera. Dari banyaknya makanan Jepang, ramen adalah salah satu makanan yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

 

3. Takoyaki

Selain ramen dan sashimi, takoyaki juga tidak boleh ketinggalan sebagai makanan khas masyarakat Jepang. Takoyaki adalah makanan berbentuk bulat dan memiliki arti gurita panggang. Di Jepang, takoyaki bukan makanan berat melainkan jajanan biasa.

Beberapa pedagang membuat adonan takoyaki dengan bahan dasar tepung terigu kemudian menyiramnya dengan bumbu pada cetakan khusus. Tujuannya agar mendapatkan bentuk takoyaki bulan seperti bola.

Dalam satu takoyaki terdapat lebih dari 16 tusukan lubuang dan isiannya juga beragam. Mulai dari daun bawang, keju, dan gurita. Agar rasanya tambah nikmat, pedagang menyiramkan mayonaise setelah takoyaking matang.

Pedagang juga terkadang menambahkan serutan ikan dan rumput laut agar rasanya semakin mantap. Tidak hanya ramen, takoyaki juga salah satu jajanan Jepang yang cocok untuk lidah orang Indonesia sehingga ada banyak kedai takoyaki berjejeran di pinggir jalan.

 

4. Sushi

Sushi adalah salah satu makanan khas Jepang yang terbuat dari makanan laut, sayuran segar, nasi, dan telur. Walaupun terlihat sederhana, tetapi sushi kaya akan manfaat dan rasanya juga sangat nikmat.

Cara menikmati sushi berbeda dengan makanan lain yaitu Anda perlu memakan sebuah jenis sushi agar bisa mencoba jenis lainnya. Lebih baik untuk pemula yang belum pernah mengkonsumsi sushi bisa mencoba jenis Gari.

Gari sendiri adalah irisan jahe berwarna merah muda yang tersaji bersamaan dengan sushi. Adapun fungsi dari gari adalah untuk menetralkan rasa yang menempel di lidah sehingga rasanya tidak tercampur dengan makanan setelahnya. Agar sushi terasa lebih lezat, Anda bisa mencicipinya dengan tambahan kecap asin atau wasabi.

 

5. Shabu-Shabu

Pernah dengan istilah shabu-shabu? Shabu-shabu adalah kuliner asli Jepang yang terbuat dari berbagai bahan makanan. Mulai dari sayuran, jamur, tahu, dan irisan tipis daging sapi. Ada juga yang menggunakan daging ikan, gurita, dan ayam.

Agar rasanya pas di lidah, Anda bisa menambahkan saus Goma Dare yang mengandung wijen. Berkunjung ke restoran shabu-shabu tidak ada ruginya karena Anda bisa mendapatkan wawasan tambahan.

Mulai dari bagaimana cara membuat shabu-shabu hingga menghidangkannya. Ada tiga jenis bumbu rebusan pada shabu-shabu yaitu dashi stock, kara miso, dan spicy miso.

 

Baca Juga :   7 Inspirasi Menu Makan Siang Kekinian, Bikin Nagih!

 

6. Mochi

Makanan di Jepang adalah mochi yang termasuk jenis kue berbahan beras ketan. Cara membuatnya adalah dengan menumbuk beras ketan tersebut sampai lengket dan lembut kemudian Anda bisa mem bentuknya bulat lonjong.

Tersedia berbagai macam warna yaitu kuning, merah, hijau, dan putih. Rasanya sangat manis dan teksturnya juga lembut. Ketika berada di dalam mulut terlalu lama, maka sensasi lengket akan terasa.

 

7. Onigiri

Pernahkah  Anda mendengar nama onigiri? Onigiri adalah makanan dari Jepang yang merupakan nasi kepal. Biasanya masyarakat Jepang menjadikan onigiri sebagai makanan bekal ketika bekerja atau belajar.

Alasan menjadikan onigiri sebagai makanan bekal adalah karena mudah dan praktis karena Anda bisa langsung mengkonsumsinya. Cara pembuatan onigiri adalah dengan membentuk nasi menjadi nasi kepal dan isiannya sesuai keinginan.

Anda bisa menambahkan tuna mayo, telur ikan, ikan salmon, ayam telur ikan, dan sebagainya untuk isian. Setelah nasi kepal jadi, langkah terakhir adalah dengan membungkusnya menggunakan rumput laut kering atau nori.

 

8. Dorayaki

Dorayaki juga termasuk jajanan khas Jepang yang sering muncul di kartun Doraemon. Bentuknya bulat seperti pancake dan isiannya juga sangat unik yaitu dari kacang merah. Di Indonesia sendiri sudah banyak modifikasi dorayaki dengan isian keju dan coklat.

 

9. Edamame

Edamame sepertinya pilihan yang tepat untuk menjadi oleh-oleh keluarga di rumah. Di Indonesia, edamame terkenal dengan kacang kedelai yang direbus dengan sejumput garam agar rasanya semakin nikmat.

Edamame di Jepang termasuk tumbuhan tropis dan sering menjadi camilan kesehatan. Anda bisa menemukan edamame di restoran Jepang terkenal dan cocok menjadi tempat nongkrong. Proses pembuatan edamame dilakukan dengan cara khusus sehingga hasilnya tampak lezat.

 

10. Tempura

Tempura adalah pilihan makanan khas Jepang sempurna yang sudah terkenal di tanah air. Tempura merupakan makanan laut yang terbuat dari campuran adonan air, telur, dan tepung. Setelah itu, bisa langsung menggoreng tempura yang sudah ada adonan ke minyak goreng. Agar rasa tempura tetap terjaga dan tidak gosong, sebaiknya mengatur api dalam kondisi sedang.

 

11. Yakiniku

Yakiniku adalah makanan yang terbuat dari daging bakar atau daging panggang. Daging tersebut bisa berupa daging domba, daging sapi, jeroan, atau barbeque. Bentuk yakiniku adalah segi empat lalu dibakar atau dipanggang sampai matang.

Perbedaan yakiniku dengan sate adalah dari ukuran daging yaitu yakiniku memiliki potongan daging besar-besar sedangkan sate sebaliknya. Apabila Anda sangat ahli memanggang maka semua akan aman-aman saja. Berbanding terbalik dengan orang yang tidak terbiasa memanggang karena akan muncul asap di sekitarnya.

 

12. Okonomiyaki

Makanan khas Jepang yang tidak kalah lezat adalah okonomiyaki yang terbuat dari bahan tepung terigu. Cara mengolahnya adalah dengan mengencerkan tepung dan air lalu dicampur dengan kol, telur, daging kemudian goreng.

Adapun bahan pembuatan okonomiyaki adalah daging cumi dan daging babi. Sendok datar adalah alat makan okonomiyaki karena berfungsi untuk membolak-balikkan daging. Anda akan mendapat kebebasan memasak okonomiyaki sendiri kalau berkunjung ke Jepang.

 

13. Sup Miso

Terakhir adalah sup miso yang sering menjadi makanan pembuka karena memiliki peran penting bagi warga Jepang. Sup miso sama dengan sup hangat dengan bumbu biasa berupa kaldu.

Selain terbuat dari tahu dan miso, sup miso juga terbuat dari kacang kedelai yang sudah melalui proses fermentasi.

Sekarang Anda tidak bingung lagi bukan mencari makanan khas Jepang? Kalau Anda muslim, bisa memesan makanan yang tidak mengandung daging babi.

Share :

Baca Juga

10 Makanan Terpedas di Dunia, Menu Andalan Pencinta Pedas

KULINER

10 Makanan Terpedas di Dunia, Menu Andalan Pencinta Pedas
3 Resep Olahan Kentang yang Menyehatkan

KULINER

3 Resep Olahan Kentang yang Menyehatkan
cumi saus tiram

KULINER

Resep Cumi Saus Tiram Selera, Tawarkan Kenikmatan Istimewa
Ini Loh Resep Sambal Bajak Asli Khas Jawa Timur

KULINER

Ini Loh Resep Sambal Bajak Asli Khas Jawa Timur
3 Resep Olahan Cumi dengan Segudang Rasa

KULINER

3 Resep Olahan Cumi dengan Segudang Rasa
10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling

KULINER

10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling
5 Resep Olahan Nangka untuk Camilan

KULINER

5 Resep Olahan Nangka untuk Camilan
Tempat Makan Kepiting Malang Terenak dan Viral

KULINER

Tempat Makan Kepiting Malang Terenak dan Viral