Home / KULINER

Senin, 24 Juli 2023 - 16:00 WIB

Ini Loh, Manfaat Natto Makanan Khas Jepang

- Penulis

Ini Loh, Manfaat Natto Makanan Khas Jepang

Ini Loh, Manfaat Natto Makanan Khas Jepang

MoccaapediaBagi masyarakat Indonesia mungkin masih asing dengan makanan khas Jepang yang bernama Natto ini ya. Meski begitu pasti Anda sering melihat makanan ini di sosial media.

Karena makanan ini sempat viral setelah banyak influencer atau konten creator yang membuat video dengan menunjukkan sedang makan makanan yang berlendir, lengket dan berserabut ini.

Warga Jepang sendiri biasa menyantap makanan ini dengan menambahkan kecap, daun bawang, mustard atau bumbu yang lainnya lalu disajikan dan dimakan bersama dengan nasi putih.

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan makanan ini, mungkin akan terganggu dengan aromanya yang khas dan sedikit menyengat di hidup ya.

Belakangan memang makanan ini menjadi sangat terkenal dan viral di berbagai media sosial, terutama di TikTok. Karena ada banyak TikTokers yang mencoba mereview makanan ini.

Tidak sedikit juga dari mereka yang mengaku tidak sanggup dengan aromanya yang sangat menyengat.

Karena memang ciri khas dari makanan ini adalah aromanya yang cukup menyengat. Meski begitu, makanan ini memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat penting bagi tubuh.

 

Baca Juga :   5 Makanan Khas Cirebon dengan Keanekaragaman Rasa

 

Manfaat Natto Bagi Kesehatan Tubuh

Ini Loh, Manfaat Natto Makanan Khas Jepang
Ini Loh, Manfaat Natto Makanan Khas Jepang

Di Jepang sendiri makanan ini sangat digemari dan terkenal karena memiliki kandungan gizi yang banyak berkat adanya proses fermentasi. Sehingga di dalamnya mengandung probiotik yang baik bagi kesehatan tubuh.

Probiotik sendiri adalah bakteri baik yang mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah dengan membuat makanan dapat tercerna dengan baik di usus sehingga tubuh bisa menyerap semua nutrisi yang masuk saat kita makan.

Natto juga sangat baik bagi kesehatan tulang dan membuat tulang menjadi lebih kuat. Makanan ini juga sudah terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk lebih jelasnya, Moccaapedia juga sudah merangkum manfaat yang ada pada Natto:

 

Baca Juga :   10 Rekomendasi Burger UNS Lezat 100% Halal

 

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kandungan probiotik yang ada di dalam makanan ini, memiliki peran yang penting sebagai pertahanan pertama bagi usus Anda dari serangan berbagai racun dan bakteri yang berbahaya.

Sebuah penelitian juga sudah mengungkapkan jika probiotik yang ada di makanan ini mampu membantu berbagai permasalahan pada pencernaan. Seperti perut kembung, diare, sembelit hingga gejala radang usus loh.

 

2. Natto Dapat Membuat Tulang Lebih Kuat

Kandungan beberapa nutrisi di dalamnya juga mampu menjaga kesehatan tulang. Seperti vitamin K2 yang langka dan memiliki peran penting dalam kesehatan tulang dengan cara mengaktifkan protein bagi tulang.

Sekaligus membantu membawa kalsium ke tulang. Vitamin K2 ini juga mampu memperlambat hilangnya kekuatan tulang di usia senja. Serta mengurangi resiko patah tulang.

 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan probiotik yang ada di dalam makanan ini juga mampu membantu untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Proses fermentasi yang ada pada makanan ini juga menghasilkan nattokinase yang merupakan sejenis enzim.

Enzim ini berfungsi untuk melarutkan gumpalan darah. Sehingga makanan ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta membantu mengontrol kadar kolesterol.

 

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan ini juga mampu membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Makanan ini sendiri juga kaya akan probiotik yang berkontribusi secara langsung untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang berbahaya.

Natto juga mampu meningkatkan produksi antibodi yang ada pada tubuh Anda. Sehingga juga mampu mengurangi resiko infeksi dan bisa membantu Anda untuk kembali fit lebih cepat setelah Anda sakit.

Kandungan vitamin C, tembaga dan zat besi yang ada di dalam makanan ini juga memiliki peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh Anda.

 

Jadi meskipun Natto memiliki aroma yang kurang nyaman di hidung, namun makanan asli Jepang ini terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh ya.

 

Baca Juga :   Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar

Share :

Baca Juga

Rekomendasi Street Food Jakarta, Tak Boleh Terlewatkan! (Govinsider)

KULINER

Rekomendasi Street Food Jakarta, Tak Boleh Terlewatkan!
Wisata Kuliner Bandung Malam yang Wajib Di Coba (Traveloka)

KULINER

Wisata Kuliner Bandung Malam yang Wajib Di Coba
Ini Loh Resep Sambal Bajak Asli Khas Jawa Timur

KULINER

Ini Loh Resep Sambal Bajak Asli Khas Jawa Timur
Kuliner Khas Banyuwangi

KULINER

Rekomendasi 11 Kuliner Khas Banyuwangi Asli Wajib Coba
Rekomendasi Makanan Khas Lampung Lezat dan Wajib Coba

KULINER

Rekomendasi Makanan Khas Lampung Lezat dan Wajib Coba

KULINER

Tepung Maizena Terbuat dari Apa? Ini Jawaban dan Olahannya!
4 Kuliner Salatiga dengan Keanekaragaman Rasa

KULINER

4 Kuliner Salatiga dengan Keanekaragaman Rasa
8 Makanan Khas Bali yang Halal Dimakan

KULINER

8 Makanan Khas Bali yang Halal Dimakan