Home / KULINER

Minggu, 23 Juli 2023 - 16:00 WIB

Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh

- Penulis

Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh

Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh

Moccaapedia – Bir pletok adalah salah satu minuman khas Indonesia yang sangat unik karena meski bernama bir, namun minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Sehingga tidak membuat mabuk dan sudah pasti halal bagi semua orang.

Minuman ini sendiri merupakan minuman tradisional yang berasal dari etnis Betawi yang sekarang sudah mulai langka dan tidak bisa Anda temukan dengan mudah.

Menariknya, meskipun bernama bir namun minuman ini punya khasiat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh loh.

 

Baca Juga :   Resep Sayur Lodeh Labu Siam Super Gampang

 

Apa itu Bir Pletok?

Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh
Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh

Merupakan minuman khas etnis Betawi yang tinggal di Jakarta, minuman ini sendiri merupakan minuman penyegar yang terbuat dari berbagai bahan dan campuran rempah khas Indonesia. Seperti jahe, serai hingga daun pandan wangi. Sehingga tidak heran jika minuman ini sangat menyehatkan badan.

Untuk warna merah yang ada pada minuman ini sendiri menggunakan kayu secang loh, jadi pewarna minumannya sendiri pun, sangat alami dan aman untuk Anda konsumsi.

Khasiat utama dari minuman ini adalah sebagai penyegar. Namun sebenarnya minuman ini kaya akan khasiatnya bagi tubuh. Mulai dari mencegah masuk angin, mengurangi pegal-pegal, asam urat hingga dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Minuman ini sendiri tercipta saat masa penjajahan Belanda kala itu, karena kebiasaan orang Belanda yang suka minum bir dan warga Betawi tidak ingin kalah dengan penjajah. Maka mereka membuat minuman tradisional yang mirip dengan beer.

Tidak hanya dari tampilan dan warna saja yang sama, namun efek minum bir pletok dengan beer juga hampir sama. Yakni sama sama berkeringat dan membuat tubuh hangat, namun jika beer bisa membuat orang mabuk, bir khas Betawi tidak akan membuat mabuk malah dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Karena minuman penyebar ini terbuat dari berbagai campuran rempah yang memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Hingga kini, minuman tersebut masih terkenal di kalangan etnis Betawi.

Namun sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu. Minuman tradisional yang kaya akan manfaat ini mulai tergeser oleh zaman. Tapi sekarang warga Betawi mulai kembali memperkenalkan bir ini sebagai minuman khas mereka yang memiliki banyak manfaat dan 100& halal karena tidak mengandung alkohol.

 

1. Apa yang Ada Dalam Satu Botol Bir Pletok?

Dalam satu botol bir, memiliki kandungan dari sejumlah senyawa antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Senyawa ini sendiri berasal dari secang yang menjadi pewarna alami yang mengandung antosianin. Lalu jahe yang mengandung  gingerol, shogaol, dan zingerone.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat rempah rempah yang tidak hanya berkhasiat sebagai antioksidan, namun juga berkhasiat sebagai analgesik, dan anti-karsinogenik.

Khasiat lain dari minuman ini adalah untuk memperlancar peredaran darah yang ada pada tubuh. Sehingga masyarakat Betawi dapat mengkonsumsi minuman ini sebagai penghangat di malam hari atau saat suhu udara sedang rendah.

 

2. Sejarah

Kehadiran bir ini sendiri berawal ketika masa penjajahan Belanda yang kala itu warga asli Jakarta atau etnis Betawi mulai berbaur dengan bangsa Belanda. Terutama saat ada perayaan atau pesta besar. Kala itu orang Belanda suka menghabiskan waktu di pesta atau melakukan perayaan dengan meminum beer.

Sedangkan warga Betawi yang sebagian besar beragama Islam, tidak boleh mengkonsumsi alkohol. Sehingga muncul ide untuk membuat minuman yang mirip namun tidak mengandung alkohol. Agar aman dan sehat untuk dikonsumsi warga Betawi saat itu.

Minuman ini terbuat dari lada, kulit kayu secang dan jahe dengan warna merah mirip dengan beer. Sedangkan nama pletok berasal dari letupan yang berbunyi pletok saat orang Belanda membuka tutup botol wine.

Namun ada juga sumber yang mengatakan jika nama pletok berasal dari selongsong bambu yang menjadi wadah pembuatan minuman isi yang berisi es dan bumbung atau selongsong bambu yang dikocok tersebut mengeluarkan suara pletok. Maka minuman ini disebut sebagai bir pletok hingga sekarang.

Minuman ini tersaji dengan cara dikocok terlebih dahulu di dalam bumbung tabung atau botol hingga berbuih halus. Lalu dituangkan ke dalam gelas.

Untuk tampilannya sendiri memang mirip sekali dengan beer khas Belanda.

 

3. Cara Pembuatan

Untuk membuat minuman ini sendiri sangatlah mudah, yakni dengan mencampurkan bahan bahan seperti jahe, daun jeruk, kayu manis, sereh, cengkeh, kapulaga, daun pandan, gula, pala dan garam. Lalu jangan lupa juga menambahkan kayu secang yang menjadi pewarna.

Campurkan semua bahan dan rebus hingga mendidih. Lalu minuman ini pun siap untuk Anda sajikan.

 

Manfaat Bir Pletok Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh
Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh

Meski bernama bir dan warna serta bentuknya mirip dengan beer, namun sebenarnya minuman ini terbuat dari berbagai rempah alami yang menyehatkan tubuh loh. Minuman ini pun, aman dikonsumsi oleh siapa saja.

Tidak hanya oleh orang dewasa, anak anak juga bisa mengkonsumsi minuman ini. Bahkan minuman ini juga aman untuk ibu hamil dan terbukti memiliki khasiat baik. Selain itu, orang sakit pun biasanya mengkonsumsi minuman ini untuk meredakan berbagai rasa sakit yang mereka rasakan.

Dengan banyaknya khasiat yang ada pada minuman ini, tak heran jika kini warga Betawi sedang berusaha keras untuk melindungi minuman tradisional yang juga merupakan warisan budaya ini ya.

Dan berikut adalah beberapa khasiatnya bagi tubuh Anda:

 

Baca Juga :   Apa Itu Pengolahan Makanan? Ini Dia Penjelasannya Simakya

 

  • Membantu untuk meredakan nyeri radang sendi dan nyeri lambung.
  • Jahe yang menjadi bahan minuman ini memiliki khasiat sebagai karminativum sehingga mampu merangsang keluarnya gas dari perut atau sebagai obat masuk angin.
  • Mampu menghangatkan tubuh dan mengurangi rasa mual, gejala flu ringan dan batuk.
  • Membantu tubuh agar dapat mencerna makanan dengan baik berkat adanya kandungan enzim protease dan lipase yang ada pada jahe. Sehingga minuman ini juga bisa meningkatkan nafsu makan.
  • Dapat melindungi sistem pencernaan dengan cara menurunkan tingkat keasaman pada lambung. Senyawa aseton dan metanol yang ada pada jahat juga mampu menghambat adanya iritasi yang ada pada saluran pencernaan.
  • Membantu untuk merangsang pelepasan hormon adrenalin sehingga bisa memperlebar pembuluh darah. Dan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Sehingga darah dari mengalir secara lebih lancar sekaligus mampu menurunkan tekanan darah.
  • Bisa menjadi obat untuk penderita kanker indung telur.
  • Dapat mencegah resiko kanker kolon karena jahe yang ada pada minuman ini dapat memperlambat pertumbuhan sel sel kanker kolorektal.
  • Membantu untuk meredakan mual yang ada pada ibu hamil.
  • Dapat membantu untuk meredakan migraine.
  • Meredakan kram akibat menstruasi.

 

Akhir Kata

Siapa sangka jika minuman yang dari namanya saja adalah bir, dengan warna dan bentuk yang mirip dengan beer. Namun rupanya minuman ini tidak hanya aman untuk Anda konsumsi karena selain bebas dari kandungan alkohol. Minuman ini juga terbuat dari bahan bahan alami berupa rempah rempah pilihan yang sangat baik bagi kesehatan.

Selain itu, minuman ini juga bisa dikonsumsi siapa saja, mulai dari orang dewasa, anak-anak hingga ibu hamil karena memiliki khasiat yang sangat baik. Jadi pengen nyobain bir pletok ini ya.

 

Baca Juga :   Angsle Terdekat di Kota Malang 100% Pasti Enak

 

Share :

Baca Juga

5 Makanan Vegetarian Simpel Untuk Sehari-Hari

KULINER

5 Makanan Vegetarian Simpel Untuk Sehari-Hari
12 Rekomendasi Makanan Khas Jember yang Menggoyang Lidah

KULINER

12 Rekomendasi Makanan Khas Jember yang Menggoyang Lidah
Rekomendasi Makanan Khas Lampung Lezat dan Wajib Coba

KULINER

Rekomendasi Makanan Khas Lampung Lezat dan Wajib Coba
9 Makanan Takjil Buka Puasa yang Lezat, Paling Favorit

KULINER

9 Makanan Takjil Buka Puasa yang Lezat, Paling Favorit
Sagon Kelapa Sangrai

KULINER

Resep Sagon Kelapa Sangrai Ala Rumahan
5 Rekomendasi Kuliner Jogja yang Rasanya Mantap

KULINER

5 Rekomendasi Kuliner Jogja yang Rasanya Mantap !!
Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat

KULINER

Jenis Kacang-Kacangan yang Kaya Akan Manfaat
Alasan Mencoba Steak Bandung dan Rekomendasi Lokasi untuk Anda!

KULINER

Alasan Mencoba Steak Bandung dan Rekomendasi Lokasi untuk Anda!