Home / KULINER

Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:00 WIB

Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak

- Penulis

Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak

Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak

Moccaapedia – Membuat bekal sekolah untuk anak sebenarnya mudah saja, namun karena sering membuatnya bahkan harus membuat bekal hampir setiap hari. Banyak orang mulai merasa kesulitan karena harus membuat bekal yang itu itu saja.

Sehingga bingung dan kehabisan ide resep untuk membuat menu bekal apa lagi buat anak. Agar anak juga mau menghabiskan bekal tersebut.

Selain itu, dengan menyiapkan bekal untuk anak. Anda akan lebih hemat dan menjaga anak agar tidak jajan sembarangan di luar.

 

Baca Juga :   Sajian Khas Ramadhan di Beberapa Masjid Indonesia, Mau Coba?

 

Manfaat Membuat Bekal Sekolah untuk Anda Setiap Hari

Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak
Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak

Sebelum Anda menyimak ide atau inspirasi bekal anak untuk ke sekolahnya setiap hari. Anda bisa simak beberapa manfaat membuat bekal sekolah untuk anak Anda setiap hari:

 

1. Sebagai Sumber energi yang Baik

Membuatkan bekal untuk anak setiap hari bukan hanya bisa membantu untuk menghemat uang saku. Namun Anda juga bisa membantu untuk menjadi sumber energi anak anak yang telah hilang setelah mereka beraktivitas sepanjang hari.

Terutama bagi anak anak yang masih dalam perkembangan, di usia 6 hingga 9 tahun. Membutuhkan dukungan yang optimal agar perkembangannya bisa berjalan  dengan baik.

Mulai dari perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan lainnya. Karena selama masa tumbuh kembangnya, anak membutuhkan asupan gizi lengkap dan seimbang.

 

2. Mengurangi Resiko Serangan Penyakit

Dengan membawa bekal ke sekolah, maka anak akan terhindar dari jajan sembarangan yang bisa membawa berbagai resiko penyakit berbahaya. Mulai dari obesitas, diabetes hingga tekanan darah tinggi yang menurun.

Dengan membuatkan dan membawakan bekal untuk anak Anda ke sekolah, maka Anda pun ikut membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak.

Apalagi karena anak biasanya akan lebih kenyang setelah memakan menu dari bekal yang mereka bawa yang penuh berbagai zat gizi yang baik. Sehingga anak anak tidak akan tertarik untuk membeli makanan asing di sekolah yang tidak sehat.

 

3. Mendukung Fungsi Otak Anak

Sebuah penelitian menemukan jika asupan gizi yang terpenuhi secara optimal, ternyata memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi anak. Karena makanan yang cukup, bisa memperbaiki nilai akademik, hingga mendukung kerja otak.

 

Ide Bekal Sekolah untuk Anak Setiap Hari

Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak
Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak

Aturan yang paling penting dalam membuat bekal untuk anak adalah asupan dan pola makan anak. Usahakan agar menu makan siang anak dapat menyumbang sekitar sepertiga energi, vitamin dan juga mineral penting.

Namun sayangnya, terkadang banyak orang yang berpikir jika menyediakan dan menyiapkan bekal anak, terlalu memusingkan. Karena harus memikirkan menu yang menarik dan berbeda-beda. Agar anak tidak mudah merasa bosan.

Karena harus menyiapkan setiap hari, makanan dan camilan sehat yang ada di dalam bekal anak tidak hanya harus memiliki gizi yang lengkap. Namun juga harus tampil lebih menarik dan kreatif.

Nah, agar tidak bingung. Maka berikut ini adalah ide bekal sekolah anak setiap hari biar tidak mudah bosan:

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Kuliner Jogja yang Rasanya Mantap !!

 

1. Nasi Ayam Yakitori dengan Sayuran

Ide pertama untuk bekal anak ke sekolah adalah nasi ayam yakitori lengkap dengan sayuran. Ayam adalah sumber protein yang baik, tapi jangan lupa untuk menyelipkan beberapa potongan sayuran yang terdiri dari paprika merah, paprika hijau dan daun bawang. Agar asupan gizi bisa lebih beragam.

Tapi Anda juga bisa mengkreasikan lebih banyak jenis dan potongan sayuran sesuai dengan kesukaan anak Anda ya.

Dengan begitu, jumlah asupan serat, vitamin dan mineral untuk anak akan menjadi jauh lebih banyak.

 

2. Pasta Salad

Jika anak Anda sudah terlihat mulai bosan dengan berbagai menu dan porsi makan siang di bekalnya yang itu itu saja. Maka tidak ada salahnya jika Anda mengganti pasta sebagai makanan yang menjadi sumber karbohidratnya.

Anda bisa menggunakan spageti, makaroni, ravioli, fettucini, penne dan berbagai jenis pasta yang lainnya. Sesuaikan saja dengan kesukaan anak Anda ya.

Pasta sendiri bisa menjadi ide variasi menu bekal makan siang anak di sekolah karena merupakan sumber karbohidrat yang baik yang bisa membuat anak bisa lebih kenyang dalam waktu lama. Dan yang paling penting adalah dengan memastikan jika pasta tersemu harus Anda masak hingga sampai al dente, atau matang secara sempurna.

Tingkat kematangan pasta tidak terlalu lunak namun tidak terlalu lembek tapi cukup kenyal pada saat digigit, itulah definisi al dente.

Selain itu tambahkan sumber protein lainnya, seperti dada ayam, daging sapi atau telur sebagai campuran di dalam pasta.

 

3. Nasi Goreng Bakso dan Sosis

Menu nasi goreng memang sangat mudah untuk Anda buat sebagai menu bekal anak ke sekolah. Namun tentunya nasi goreng yang biasa saja akan sangat membosankan ya. Meskipun sebenarnya nasi goreng memiliki rasa nikmat dan kaya gizi.

Namun Anda bisa menambahkan sayuran, bakso atau sosis ke dalam nasi goreng agar rasanya lebih enak dan lezat. Selain itu, anak anak sudah pasti suka.

 

4. Roll-ups Bento Isi Daging dan Sayuran

Jika sudah terlalu sering memberikan bekal nasi dan pasta untuk anak ke sekolah sehingga membuat mereka sedikit bosan. Nah, cobalah untuk membuat sumber karbohidrat dalam olahan dan bentuk yang berbeda untuk memberikan variasi.

Bahan yang bisa Anda gunakan adalah kentang yang merupakan sumber karbohidrat lezat dan mengenyangkan. Anda bisa memasak kentang menjadi mashed potato yang lembut dan enak.

Anda bisa menambahkan aneka lauk dan sayur untuk membuatnya lebih menarik. Tambahkan juga daging asap, ikan atau ayam sebagai sumber protein yang lezat.

 

5. Mie Goreng Madu

Mie memang sangat mudah untuk dibuat dan disajikan, cukup dengan menumisnya bersama dengan bumbu dan kecap. Namun anda juga bisa membuatnya lebih menarik dengan menambahkan isian di dalamnya, seperti ayam atau potongan daging. Tambahkan juga potongan sayur warna warni agar gizinya semakin lengkap.

Dengan begitu, menu mie yang Anda buat ini tidak hanya bisa menjadi sumber karbohidrat yang mengenyangkan. Namun juga bisa menjadi sumber protein dan vitamin.

 

Trik Membuat Bekal Sekolah yang Tidak Membosankan

Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak
Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak

Membuat bekal setiap hari untuk anak memanglah susah susah gampang. Karena meskipun gampang membuatnya namun yang susah adalah memikirkan menu apa lagi yang akan Anda buat. Apalagi jika anak Anda mudah bosan.

Maka berikut ini adalah beberapa tips membuat bekal agar tidak membosankan untuk anak Anda:

  • Jangan lupa untuk melibatkan anak untuk merencanakan menu bekal siang di sekolahnya.
  • Bawakan menu bekal makan siang yang tidak hanya mudah untuk Anda buat namun juga mudah untuk anak makan.
  • Sediakan waktu untuk menghias menu bekal makan siang anak, agar menarik dan tidak membosankan. Anak pun akan jadi lebih semangat untuk menyantapnya.
  • Kombinasikan menu bekal dengan makanan yang anak sukai.
  • Buat bekal makanan dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan atau tidak kurang.

 

 

Cukup mudah bukan, membuat bekal sekolah untuk Anda yang pastinya akan jauh lebih sehat dan hemat.

 

Baca Juga :   5 Makanan Vegetarian Simpel Untuk Sehari-Hari

Share :

Baca Juga

5 Rekomendasi Kuliner Jogja yang Rasanya Mantap

KULINER

5 Rekomendasi Kuliner Jogja yang Rasanya Mantap !!
Bandros Resep dan Cara Membuatnya 100% Mudah

KULINER

Bandros Resep dan Cara Membuatnya 100% Mudah
5 Rekomendasi Kuliner Malam Surabaya Wajib di Coba (Cookpad)

KULINER

5 Rekomendasi Kuliner Malam Surabaya Wajib di Coba
Sayur Indonesia

KULINER

7 Sayur Indonesia yang Langka Ditemukan di Luar Negeri
Resep Olahan Daging Sapi Praktis dan Mudah

KULINER

Resep Olahan Daging Sapi Praktis dan Mudah
Kuliner Batu Malang Lezat Wajib Anda Coba

KULINER

Kuliner Batu Khas Malang Super Lezat Wajib Coba
5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama

KULINER

5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama
7 Makanan Aneh di Dunia Terbilang Ekstrem

KULINER

7 Makanan Aneh di Dunia Terbilang Ekstrem