Home / KESEHATAN

Jumat, 15 Desember 2023 - 20:04 WIB

Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

- Penulis

Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

Moccaapedia – Berbagai masalah kesehatan bayi bisa muncul kapan saja menyerang buah hati Anda, oleh karena itu perlu menjaga kesehatan. Hal ini karena banyak orang tua yang kebingungan ketika bayinya sakit.

Kepanikan tentu saja tidak dapat menyembuhkan si kecil, padahal dengan bersikap tenang dan memeriksa gejalanya bisa membantu. Rekomendasi penanganan awal yang tepat juga bisa Anda berikan kepada si kecil yang mendadak sakit.

 

Baca Juga :   Yuk Ketahui Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh

 

Masalah Kesehatan Bayi

Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya
Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

 

Bayi yang sakit biasanya akan tampak lebih rewel seperti menangis terus menerus sepanjang hari. Hal ini karena bayi merasa tubuhnya sedang sakit. Adapun gejala lainnya adlah kulit tampak pucat, muntah, hingga demam.

Agar lebih mudah mengetahui bagaimana kondisi bayi dan penyakit apa yang menyerangnya, Anda bisa simk penjelasan selengkapnya di sini.

 

  1. Demam

Demam sebenarnya bukan penyakit melainkan sebuah pertanda bahwa ada yang berusaha menyerang sistem kekebalan tubuh. Selain itu, demam juga menandakan bahwa tubuh berusaha keras melawan infeksi penyebab sakit.

Kalau untuk bayi, demam bisa menjadi suatu reaksi yang muncul setelah buah hati Anda mendapatkan imunisasi. Walaupun tampak tidak berbahaya, tetapi sebagai orang tua Anda harus tetap waspada.

Apalagi jika sampai muncul gejala lain yang berbahaya seperti kejang, muntah, dan kesulitan bernapas. Kalau sudah demikian, Anda perlu langsung membawanya ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

 

  1. Sembelit

Sembelit tidak hanya menyerang orang dewasa saja tetapi juga dapat mengganggu kesehatan bayi. Gejala sembelit yang menyerang bayi adalah jarang buang air besar seperti hanya 2x dalam seminggu, perut kembung, dan kotoran yang keluar tampak keras.

Selain itu, waspadai juga jika muncul gejala lain seperti bayi yang tampak terasa kesakitan bahkan menangis ketika buang air besar. Penyebab sembelit pada bayi adalah konsumsi susu formula dalam jumlah besar sehingga asupan cairan kurang.

Penyebab lainny juga bisa karena bayi terlalu sering mengkonsumsi makanan padat dan memiliki kandungan serat rendah.

 

  1. Terkena Gigitan Serangga

Sebaiknya jangan menanggap remeh bayi yang mengalami gigitan serangga seperti nyamuk karena rasanya sangat gatal. Bentol merah pada bayi akan terasa mengganggu sehingga membuatnya tidak nyaman, apalagi belum bisa bicara.

 

Baca Juga :   7 Makanan Populer Korea di Indonesia

 

  1. Kolik

Kolik adalah masalah kesehatan yang biasa dialami oleh bayi baru lahir. Gejala kolik adalah bayi terus menerus menangis tanpa adanya alasan. Anda mungkin akan mendengar suara tangisan bayi di malam hari.

Penyebab kolik adalah karena adanya penumpukan hormon dan gas yang menyebabkan perut terasa sakit. Pemicu kolik adalah suara atau cahaya yang dirasakan oleh bayi.

 

  1. Gumoh

Berikutnya adalah gumoh yang disebabkan karena bayi terlalu banyak meminum susu. Penyebab gumoh lainnya adalah terlalu banyak udara yang masuk saat bayi sedang menyusui. Pencegahan gumoh yang bisa Anda lakukan adalah dengan menepuk punggunya.

 

  1. Oral Trush

Kesehatan bayi juga dapat terganggu karena infeksi jamur yang menyerang mulut bayi dan dikenal dengan oral trush. Gejala oral trush adalah munculnya bintik-bintik pada pipi bagian dalam atau lidah.

Biasanya oral trush tidak membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Anda juga bisa bertanya kepada dokter apakah perlu menggunakan obat antijamur atau tidak. Jika tidak, maka penyakit bayi Anda tidak terlalu parah.

 

  1. Masalah Kulit

Terakhir adalah bayi bisa mengalami masalah kulit seperti ruam popok. Penyebab ruam popok adalah jarang mengganti popok.

 

Berbagai masalah kesehatan bayi bisa menyerang bayi Anda kapan saja, oleh karena itu kenali dulu apa saja gejalanya dan penyebabnya.

Baca Juga :   5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

Share :

Baca Juga

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

KESEHATAN

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi
5 Olahraga Menaikkan Berat Badan Paling Efektif

KESEHATAN

4 Olahraga Menaikkan Berat Badan Paling Efektif
4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur

KESEHATAN

4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur
Beda Anak Speech Delay dan Autis

KESEHATAN

Beda Anak Speech Delay dan Autis, Orang Tua Wajib Tahu!
7 Jenis Tanaman Obat yang Kaya Akan Manfaat

KESEHATAN

7 Jenis Tanaman Obat yang Kaya Akan Manfaat
Bahan Pewarna Alami yang Baik Dikonsumsi

KESEHATAN

Bahan Pewarna Alami yang Baik Dikonsumsi
Mengenal Defisit Kalori Untuk Turunkan Berat Badan

KESEHATAN

Defisit Kalori Untuk Turunkan Berat Badan, Apakah Efektif?
5 Penyakit yang Menyerang Kesehatan Reproduksi

KESEHATAN

5 Penyakit yang Menyerang Kesehatan Reproduksi