Home / KULINER

Senin, 29 Mei 2023 - 16:00 WIB

Resep Sagon Kelapa Sangrai Ala Rumahan

- Penulis

Sagon Kelapa Sangrai

Sagon Kelapa Sangrai

Moccaapedia – Sagon kelapa sangrai adalah salah satu kue tradisional dan termasuk jadul yang terbuat dari campuran kelapa parut serta tepung sagu. Kue ini sendiri memiliki cita rasa yang sangat khas yang mana perpaduan rasa asin, manis dan gurih lumer menjadi satu di mulut.

Meski kue ini memiliki tekstur yang renyah dan garing, namun kue ini akan langsung lumer ketika masuk ke dalam mulut loh.

Biasanya kue ini akan tersaji di hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri. Namun tak jarang kue ini juga disajikan sebagai teman untuk minum teh dan kopi.

Di beberapa daerah di Indonesia juga suka menjadikan makanan ini sebagai camilan, teman untuk bersantai sepulang bekerja di sore dan malam hari.

Tak heran, meskipun jajanan ini terbilang jadul namun kue tradisional ini masih memiliki banyak penikmat di seluruh penjuru negeri.

Maka dari itu, di sini kami akan memberikan resep dan cara membuat sagon kelapa sangrai yang gurih dan nikmat. Karena untuk proses pembuatan kue ini pun, terbilang cukup sederhana kok. Penasaran, bagaimana cara membuatnya? Simak resep dan cara membuat Sagon Kelapa Sangrai di bawah ini.

 

Baca Juga :   6 Kuliner Malam Jakarta yang Layak Dicoba

 

Resep Sagon Kelapa Sangrai dan Cara Membuatnya

<yoastmark class=

Untuk membuat camilan satu ini, Anda hanya membutuhkan perkiraan waktu sekitar 30 menit untuk persiapannya. Dan 1 jam 20 menit untuk perkiraan waktu memasak. Tentu jumlah Sagon Kelapa Sangrai yang akan Anda masak juga menentukan berapa waktu yang Anda butuhkan.

Semakin banyak kue yang Anda buat, maka semakin lama juga waktu yang Anda butuhkan. Untuk membuat kue ini sendiri sebenarnya cukup gampang kok.

Bahan yang paling penting untuk Anda persiapkan tentu saja adalah buah kelapa yang sudah cukup tua dan tepung beras ketan. Sedangkan bahan-bahan yang lainnya pun, terbilang cukup mudah untuk Anda temukan dan harganya pun terbilang cukup terjangkau.

Nah, berikut ini adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat kue tradisional Sagon Kelapa Sangrai.

 

Baca Juga :   Resep Cappuccino ala Cafe Pakai Omela Foaming Milk yang Enak

 

Bahan-bahan Sagon Kelapa Sangrai

  • 1/2 butir kelapa sudah cukup tua
  • 125 gr tepung beras ketan
  • 100 g gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 80 ml air

Cara Membuat Sagon Kelapa Sangrai

Setelah menyiapkan berbagai bahan-bahan untuk membuat Sagon Kelapa Sangrai, maka berikut ini adalah cara dan langkah-langkah pembuatannya:

Langkah 1: Pertama-tama, parut kelapa lalu sangrai hingga berubah warna menjadi kecoklatan atau hingga kelapa kering. Tapi perhatikan saat menyangrainya, jangan sampai warna kelapa berubah menjadi terlalu kecoklatan karena nanti akan berpengaruh pada hasil kue Sagon Kelapa Sangrai yang Anda buat.

Setelah selesai Anda sangrai, angkat kelapanya dan dinginkan.

Langkah 2: Masuk ke langkah ke dua yakni dengan membuat adonan dengan cara campurkan kelapa sangrai yang tadi sudah Anda dinginkan ke dalam sebuah wadah besar. Lalu masukkan tepung ketan, gula pasir, garam, vanili bubuk dan air. Aduk semua bahan tersebut secara perlahan hingga merata ya.

Pastikan adonan tidak terlalu kering, karena jika terlalu kering Anda bisa menambahkan air secukupnya agar adonan bisa Anda cetak.

Langkah 3: Setelah adonan jadi, Anda bisa menyiapkan Loyang dan cetakan. Aduk kembali adonan hingga berbentuk seperti pasta yang bisa dicetak. Ambil adonan dengan menggunakan sendok lalu masukkan ke cetakan yang ada di atas Loyang. Kemudian ratakan agar hasilnya rapi.

Selanjutnya lepaskan ring lalu kerjakan finishing untuk sisa adonan, jangan lupa untuk memberi jarak 1 cm di antara kue ya.

Langkah 4: Panggang kue di dalam oven dengan api kecil atau suhu 160 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit atau hingga kue matang.

Langkah 5: Angkat dari Loyang dan dinginkan. Sagon Kelapa Sangrai pun sudah siap untuk Anda sajikan.

 

Anda bisa menyimpan Sagon Kelapa Sangrai di dalam toples kedap udara untuk menjaga teksturnya agar tetap renyah. Lalu nikmati bersama dengan kopi dan teh sebagai teman saat santai.

 

Baca Juga :   Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba

Share :

Baca Juga

9 Makanan Takjil Buka Puasa yang Lezat, Paling Favorit

KULINER

9 Makanan Takjil Buka Puasa yang Lezat, Paling Favorit
4 Resep Salad Sayur Mudah dan Menyehatkan

KULINER

4 Resep Salad Sayur Mudah dan Menyehatkan
14 Makanan Khas Sumbawa yang Unik-unik

KULINER

14 Makanan Khas Sumbawa yang Unik-unik
7 Makanan Populer Korea di Indonesia / Sumber: Pexels

KULINER

7 Makanan Populer Korea di Indonesia
Khusus untuk pencinta keju, mencoba berbagai resep olahan keju adalah ide menarik karena ada banyak makanan berbahan keju yang lezat.

KULINER

5 Resep Olahan Keju, Kejunya Lumer di Lidah
Hanya Butuh 5 Langkah, Berikut Cara Bikin Thumbprint Coocies

KULINER

Hanya Butuh 5 Langkah, Berikut Cara Bikin Thumbprint Coocies
Resep Puding Nutrijel Leci Warnanya Apa Saja Selain Putih

KULINER

Resep Puding Nutrijel Leci Warnanya Apa Saja Selain Putih?
Resep Sambal Terasi yang Enak dan Lezat, Gampang Buatnya

KULINER

Resep Sambal Terasi yang Enak dan Lezat, Gampang Buatnya