Home / KULINER

Rabu, 17 Mei 2023 - 14:00 WIB

Rekomendasi 11 Kuliner Khas Banyuwangi Asli Wajib Coba

- Penulis

Kuliner Khas Banyuwangi

Kuliner Khas Banyuwangi

MoccaapediaKuliner khas Banyuwangi berikut ini wajib untuk Anda coba jika punya kesempatan untuk liburan ke kota eksotik satu ini. Banyuwangi merupakan salah satu kota yang terletak di bagian timur pulau Jawa.

Tak hanya memiliki pesona wisata yang kaya, kota yang terkenal dengan tari gandrungnya ini juga punya berbagai makanan khas yang pastinya sangat menggugah selera.

Bahkan beberapa makanan khas dari kota ini, tidak akan Anda temukan di kota kota lain. Karena punya ciri khas yang unik, maka Banyuwangi wajib jadi destinasi wisata kuliner Anda selanjutnya.

Yuk, simak ada makanan enak apa saja di kota ini!

 

Baca Juga :   Resep Olahan Susu untuk Menu Camilan di Rumah

 

Rekomendasi 11 Kuliner Khas Banyuwangi yang Asli dan Otentik

Sebenarnya makanan khas Banyuwangi banyak terinfluence dari beberapa makanan di kota Jawa Timur lainnya. Seperti rawon, soto hingga pecel. Namun hadir dengan ciri khas Banyuwangi yang pastinya akan membuat Anda merasakan sensasi baru saat menikmatinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan Banyuwangi yang khas dan punya cita rasa otentik:

 

1. Sego Tempong

Kuliner Khas Banyuwangi
Kuliner Khas Banyuwangi

Kuliner Banyuwangi satu ini sangat mudah untuk Anda temukan baik di kota hingga di pelosok daerah. Sajian nasi yang lengkap dengan aneka lauk pauk, sayuran serta sambal terasinya yang pedas nendang ini memang cocok jadi santapan saat makan siang atau makan malam.

Di dalam seporsi sego tempong Anda akan mendapatkan nasi hangat, ikan asin, ayam, tahu dan tempe. Tak lupa dengan sayur dan lalapan hingga sambal terasinya yang dibuat dadakan.

Jika masih belum puas, Anda juga bisa menambahkan dengan berbagai lauk lain yang tersedia. Untuk harga seporsi nasi tempong ini pun sangat terjangkau loh.

Untuk menikmati seporsi nasi yang nikmat ini, Anda bisa mampir ke Warung Se Tempong Mbok Nah yang ada di Jalan Kolonel Sugiono No.16, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Banyuwangi.

 

2. Ayam Kesrut

Kuliner Khas Banyuwangi
Kuliner Khas Banyuwangi

Olahan ayam dengan kuah bening yang punya cita rasa pedas, gurih dan asam ini memang sangat menggoda. Rasa pedas dan segar membuat makanan ini sangat pas disantap kala musim penghujan.

Campuran belimbing wuluh dan kecombrang membuat makanan yang punya nama lain uyah asem ini juga cocok disantap saat makan siang ya.

Untuk menikmati menu ini, Anda bisa mencobanya di Warung Kesrut Kanggo Riko yang ada di Dusun Karang Sari, Desa Segobang, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

 

3. Ayam Pedas

Kuliner Khas Banyuwangi
Kuliner Khas Banyuwangi

Kuliner khas Banyuwangi memang didominasi dengan rasa pedas, sehingga sangat cocok bagi para pecinta makanan pedas ya. Salah satu makanan khas yang tidak boleh Anda lewatkan adalah ayam pedasnya.

Potongan ayam kampung yang diolah dengan kuah pedas campuran dari cabai rawit dan santa.

Sekilas memang terlihat hampir serupa dengan opor ayam, namun kuah dari ayam pedas lebih pucat serta rasa pedasnya yang lebih nampol. Ayam pedas ini bisa Anda santap bersama dengan nasi hangat, taburan bawang goreng dan kerupuk.

Untuk menikmati menu khas ini, Anda bisa datang ke Ayam Pedas Rantinem Genteng yang berada di Dusun Krajan, Genteng Kulon, Kec. Genteng, Kabupaten Banyuwangi

 

4. Telur Petis

Kuliner Khas Banyuwangi
Kuliner Khas Banyuwangi

Telur petis atau endog cit adalah menu yang wajib Anda cicipi saat di Banyuwangi. Sajian telur dengan warna khas coklat pekatnya ini punya cita rasa gurih yang khas dari bumbu petis dan harumnya wangi daun jeruk.

Menu ini biasanya selalu ada di saat Hari Raya Idul Fitri sebagai lauk pelengkap. Anda pun bisa menemukan menu ini di beberapa warung yang menjual makanan khas Banyuwangi.

Karena menu ini biasanya menjadi lauk tambahan dan pelengkap untuk makan.

 

5. Pecel Rawon

Kuliner Khas Banyuwangi
Kuliner Khas Banyuwangi

Jangan heran dengan menu makanan satu ini, karena terdengar nyeleneh dan aneh. Mendengar dua menu makanan menjadi satu. Namun memang benar di Banyuwangi Anda bisa makan pecel rawon.

Makanan ini sesederhana mencampurkan nasi pecel dengan sambal pecel yang gurih, pedas dan manis beserta dengan aneka lalapannya. Lalu disiram dengan kuah rawon yang hitam pekat dan hangat, rasanya nikmat.

Cobain saja deh, untuk datang ke Warung Pecel Rawon Mbok Upik yang berada di Jalan K.H. Agus Salim No.138, Cungking, Banyuwangi.

 

Baca Juga :   3 Cara Membuat Cendol yang Lembut dan Kenyal di Rumah

 

6. Rujak Soto

Kuliner Khas Banyuwangi
Kuliner Khas Banyuwangi

Anda pasti makin aneh dengan menu satu ini, setelah mencampurkan pecel dan rawon. Banyuwangi juga punya rujak soto yakni perpaduan dari rujak sayur dengan bumbu petis yang disiram dengan kuah soto bersama dengan daging sapi dan jeroannya.

Dalam seporsi makanan ini, Anda akan mendapatkan potongan lontong dan ceker ayam sebagai pelengkap.

Untuk menikmati menu khas satu ini, Anda bisa datang ke Jalan Aruji Karta Winata, Dusun Klontang, Gendoh, Kec. Sempu, Kabupaten Banyuwangi.

 

7. Bagiak

Kuliner Khas Banyuwangi
Kuliner Khas Banyuwangi

Sudah puas kulineran dengan makanan berat, kini waktunya Anda mencicipi makanan ringannya. Rekomendasi pertama kami ada bagiak, jajanan khas Banyuwangi yang juga bisa Anda jadikan sebagai oleh oleh.

Makanan ringan satu ini, biasanya dijadikan teman minum kopi atau teh dengan rasanya yang lumer di mulut dan teksturnya yang lembut.

Hadir dengan banyak varian rasa, mulai dari rasa susu, kacang, kayu manis hingga jahe. Anda bisa membeli makanan ringan ini di Bagiak Gajah Oling yang terletak di Jalan Imam Bonjol No.34, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Banyuwangi.

 

8. Petulo

Kuliner Khas Banyuwangi
Kuliner Khas Banyuwangi

Selanjutnya ada kudapan manis yang berasal dari tepung beras dan tapioka yang bernama Petulo. Jika Anda lihat sekilas, bentuknya memang hampir mirip dengan putu mayang ya.

Hanya bedanya, petulo lebih keriting dan punya tekstur lebih legit. Jajanan khas pasar ini tak sulit Anda temukan di Banyuwangi. Umumnya dijual di pasar saat pagi hari karena makanan yang dihidangkan bersama dengan kuah yang berasal dari paduan santan dan gula merah ini memang pas sebagai menu sarapan di pagi hari.

 

9. Bolu Kuwuk

Kuliner Khas Banyuwangi
Kuliner Khas Banyuwangi

Camilan manis dan gurih satu ini juga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh oleh. Tak hanya cocok sebagai teman nyeruput kopi, bolu kuwuk ini juga bisa Anda jadikan cemilan saat waktu santai.

Bolu kuwuk atau kelemben ini adalah bolu kering yang terbuat dari bahan yang sangat sederhana. Yakni tepung terigu, telur dan gula pasir.

Tak sulit menemukan makanan ringan ini, Anda bisa membelinya di toko oleh oleh khas Banyuwangi.

 

10. Ketan Bubuk Kedelai

Kuliner Khas Banyuwangi
Kuliner Khas Banyuwangi

Warga Osing Banyuwangi lebih sering menyebut makanan ini dengan nama ketan kerep (kirip). Kirip sendiri adalah kedelai yang dihaluskan dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan gula pasir. Jadi terbayang kan, bagaimana rasa gurih dan manisnya bertemu dengan ketan hangat yang punya tekstur kenyal dan lembut.

Makanan ringan yang cocok dimakan saat sarapan dan sebagai teman ngopi di malam hari ini bisa dengan mudah Anda temukan di Banyuwangi. Terutama di pasar pasar yang menjajakan jajanan khas pasar di pagi hari atau malam hari. Harganya juga cukup terjangkau.

 

Nah, itu dia beberapa makanan  khas Banyuwangi yang pastinya wajib untuk Anda coba. Sudah terbayang mau cobain yang mana dulu?

 

Baca Juga :   Rahasia Resep Soto Ayam Kuah Santan Kuning Super Enak

 

Share :

Baca Juga

9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi, Dijamin Sehat

KULINER

9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi Praktis, Cocok Untuk Diet
Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh

KULINER

Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh
Resep Martabak Kentang Lezat dan Cara Membuatnya Mudah

KULINER

Resep Martabak Kentang Lezat dan Cara Membuatnya Mudah
11 Makanan Khas Bekasi, Rasanya Seperti Pulang Kampung

KULINER

11 Makanan Khas Bekasi, Rasanya Seperti Pulang Kampung
4 Makanan Khas Bondowoso yang Wajib Anda Coba!

KULINER

4 Makanan Khas Bondowoso yang Wajib Anda Coba!
Dapur Catering

KULINER

Tips Buat Dapur Catering yang Menarik dan Fungsional
Kuliner Batu Malang Lezat Wajib Anda Coba

KULINER

Kuliner Batu Khas Malang Super Lezat Wajib Coba
5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama

KULINER

5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama