Home / KULINER

Kamis, 31 Agustus 2023 - 16:00 WIB

Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar

- Penulis

Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar

Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar

Moccaapedia  – Soto Ayam Santan Kuning adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang tak pernah kehilangan pesonanya. Kelezatan campuran ayam, santan dan rempah-rempah khas Indonesia ini telah berhasil bertahan dari waktu ke waktu.

Bahkan makanan satu ini masih memiliki banyak penikmat tersendiri yang tidak akan pernah lupa dengan cita rasa gurih nikmatnya.

Soto Ayam Santan Kuning sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang dan mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. Hidangan ini merupakan perpaduan antara bumbu-bumbu tradisional Indonesia dengan pengaruh Cina, Arab dan India.

Rempah-rempah seperti kunyit, jahe, serai dan bawang merah telah lama digunakan dalam masakan Indonesia. Dan beberapa bumbu tersebut mampu memberikan rasa yang unik dan khas dari Soto Ayam Santan Kuning yang berkarakteristik.

Awalnya, Soto Ayam hanya terdiri dari potongan ayam yang dimasak dengan bumbu khas. Namun, seiring berjalannya waktu, Soto Ayam mengalami evolusi.

Penambahan santan sebagai bahan utama menjadi ciri khas yang membedakan Soto Ayam Santan Kuning dari Soto Ayam lainnya. Santan memberikan hidangan ini kekentalan yang khas, memberikan cita rasa gurih yang tak terlupakan dan tak lekang oleh waktu.

 

Baca Juga :   Resep Sagon Kelapa Sangrai Ala Rumahan

 

Resep Soto Ayam Santan Kuning Super Nikmat

Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar
Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar

Soto Ayam Santan Kuning adalah hidangan yang sederhana namun kaya rasa. Berikut adalah beberapa bahan utama yang Anda perlukan untuk membuat hidangan ini:

 

Baca Juga :   8 Rekomendasi Makanan Khas Sunda Enak, Sehat, dan Murah

 

Bahan-bahan

Daging ayam yang segar, potong potong sesuai dengan selera, sebaiknya potong dengan ukuran kecil agar cepat matang sehingga soto bisa lebih nikmat.

  • santan
  • kunyit
  • jahe
  • serai
  • bawang merah
  • dan bawang putih
  • Mi
  • Tauge
  • Telur rebus

 

Cara Membuat Soto Ayam Santan Kuning

  • Pertama-tama, siapkan bumbu-bumbu seperti kunyit, jahe, serai, bawang merah dan bawang putih. Haluskan bumbu-bumbu tersebut hingga membentuk pasta halus.
  • Lalu mulailah panaskan minyak dalam panci besar, untuk kemudian tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan potongan ayam dan aduk rata. Biarkan ayam berubah warna hingga kecokelatan.
  • Berikutnya Anda bisa mulai menuangkan santan ke dalam panci dan aduk rata. Tunggu hingga santan mendidih sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah ya.
  • Jika Anda ingin menambahkan mi, masukkan mi ke dalam panci dan masak hingga matang sesuai petunjuk kemasan.

Sajikan Soto Ayam Santan Kuning dalam mangkuk besar. Tambahkan tauge, telur rebus yang telah dipotong, dan potongan daun bawang sebagai hiasan. Anda juga dapat menyajikan hidangan ini dengan irisan jeruk nipis dan sambal sebagai pelengkap.

 

Rekomendasi Soto Ayam Santan Kuning

Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar
Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar

Membuat soto ayam memang terbilang susah susah gampang, karena itu tidak semua orang bisa membuatnya sendiri. Tapi tidak perlu pusing, karena Anda tetap bisa menikmatinya dengan pergi ke beberapa rumah makan yang menyediakan soto ayam terbaik di bawah ini:

 

1. Soto Ayam Khas Bu Slamet

Jika Anda berada di Jakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Soto Ayam Khas Bu Slamet. Terletak di berbagai lokasi di Jakarta, warung ini telah menjadi legenda dalam dunia Soto Ayam.

Hidangan khas Bu Slamet memiliki kuah santan kuning yang kental dan lezat, disajikan dengan potongan daging ayam yang empuk, tauge dan kerupuk renyah. Cita rasa soto ini tak pernah berubah dari waktu ke waktu.

 

2. Soto Ayam Mbatok Mbakyu

Kota Surabaya, yang terkenal dengan kuliner khasnya, juga memiliki versi Soto Ayam Santan Kuning yang tak kalah menggoda. Cobalah Soto Ayam Mbatok Mbakyu, di mana kuah santan kuningnya begitu lezat dan penuh aroma rempah.

Ditambah dengan potongan ayam dan tambahan empal serta tauge yang melimpah, Anda akan merasakan ledakan citarasa yang memanjakan lidah.

 

3. Soto Ayam Khas Bu Karti

Jika Anda berada di Bandung, segera kunjungi Soto Ayam Khas Bu Karti. Warung legendaris ini dikenal dengan kuah santan kuningnya yang begitu gurih dan kental.

Selain itu, di sini Anda tidak hanya bisa menikmati soto ayam yang lezat saja. namun juga bisa menikmati sate ayam sebagai pelengkapnya akan membuat pengalaman makan Anda semakin nikmat.

Salah satu alasan mengapa warung ini selalu ramai dan tak pernah sepi, karena cita rasa otentiknya yang tidak pernah berubah.

 

4. Soto Ayam Cak To

Selain bisa menikmati soto ayam lezat di Jakarta dan Bandung, Anda juga bisa mengunjungi warung soto terkenal di kota Yogyakarta. Kota satu ini memang terkenal akan wisata kuliner yang lezat dan otentik.

Salah satunya Soto Ayam Cak Tok, yang terkenal dengan kuah santan kuning yang segar dan daging ayamnya yang lembut. Selain itu, mereka juga menawarkan variasi dengan tambahan telur puyuh, membuat hidangan ini semakin istimewa.

Cobalah untuk mampir ke sini, ketika ada waktu untuk menikmati semangkuk soto yang lezat.

 

5. Soto Ayam Khas Bu Sisca

Dari Jogja, Moccaapedia akan mengajak Anda melipir ke Semarang, di sini Anda juga bisa menikmati soto ayam yang lezat dan khas. Yakni di Soto Ayam Khas Bu Sisca.

Hidangan mereka terkenal dengan kuah santan kuning yang lezat dan bumbu rempah yang meresap sempurna ke dalam daging ayam. Rasakan sensasi kuliner yang tak terlupakan di Semarang dengan soto ayam yang otentik ini ya.

 

6. Soto Ayam Mbak Lina

Tidak hanya di pulau Jawa saja tersedia soto yang nikmat dan otentik. Anda juga bisa menemukan soto di Kalimantan. Di sana terdapat versi Soto Ayam Santan Kuning yang sangat patut dicoba.

Soto Ayam Mbak Lina di Balikpapan adalah salah satu tempat yang paling direkomendasikan. Kuah santan kuning yang lezat, daging ayam yang gurih dan nasi putih yang lembut adalah kombinasi yang membuat hidangan ini selalu laris.

 

7.Soto Ayam Bu Tini

Bagi Anda yang berada di daerah Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati Soto Ayam Bu Tini. Kuah santan kuning yang nikmat dan ayam yang lembut akan membuat Anda ingin kembali lagi dan lagi.

Arek arek Malang pasti sudah tidak asing dengan warung soto ini nih. Jadi Anda juga bisa menikmati semangkuk soto dengan kuah kuning penuh rempah yang khas dan pastinya harganya cukup bersahabat.

 

8. Soto Ayam Mama Agnes

Kota Makassar juga terkenal dengan menu soto yang nikmat dan menggugah selera. Di kota ini Anda juga bisa menemukan salah satu warung soto yang wajib Anda kunjungi, yakni Soto Ayam Mama Agnes.

Hidangan soto di warung ini, terbilang sangat istimewa dengan kuah santan kuning yang kental dan bumbu yang meresap sempurna ke dalam daging. Cobalah juga variasi dengan tambahan telur asin untuk memberikan rasa yang lebih kaya.

Soto Makassar adalah salah satu menu pilihan lain untuk menikmati soto yang berbeda dari biasanya.

 

Karena pada dasarnya ada banyak sekali varian soto yang ada di Indonesia, tidak hanya ada di Jawa, namun juga ada di kota kota lain seperti Balikpapan yang ada di Kalimantan hingga Makassar yang ada di Sulawesi juga memiliki Soto Ayam Santan Kuning yang khas dan nikmat.

 

Baca Juga :   Rahasia Resep Soto Ayam Kuah Santan Kuning Super Enak

Share :

Baca Juga

5 Makanan Asli Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri !

KULINER

5 Makanan Asli Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri !
Nasi Bebek Khas Madura

KULINER

Rekomendasi Resto Nasi Bebek Khas Madura di Jakarta
Makanan Tempo Dulu (Detikfood)

KULINER

7 Makanan Tempo Dulu yang Sudah Jarang Ditemui
Udang Saus Lada Hitam

KULINER

Resep Udang Saus Lada Hitam Nikmat dan Cara Membuatnya
13 Makanan Khas Riau yang Rasanya Menggugah Selera

KULINER

13 Makanan Khas Riau yang Rasanya Menggugah Selera
5 Kuliner Khas Bengkulu yang Menyimpan Citra Rasa

KULINER

5 Kuliner Khas Bengkulu yang Menyimpan Citra Rasa
Cara Menyimpan Tempe yang Baik Agar Tidak Mudah Basi

KULINER

Cara Menyimpan Tempe yang Baik Agar Tidak Mudah Basi
Angsle Terdekat di Kota Malang

KULINER

Angsle Terdekat di Kota Malang 100% Pasti Enak