Home / KULINER

Kamis, 31 Agustus 2023 - 22:59 WIB

10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling

- Penulis

10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling

10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling

Moccaapedia – Ada banyak destinasi wisata di Lombok yang memiliki keindahan masing-masing. Namun, semua akan terasa sia-sia kalau Anda tidak berkunjung ke wisata makanan khas Lombok. Anda akan merasa semakin kenal dengan budaya Lombok setelah mencicipi makanan khasnya.

Salah satu makanan yang paling terkenal adalah ayam taliwang, padahal masih banyak rekomendasi kuliner Lombok yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Apalagi kalau liburan sendiri, lebih mudah menjamah banyak wisata kuliner.

 

Baca Juga :   Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat

 

Makanan Khas Lombok

10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling
10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling

 

Setelah membaca beberapa rekomendasi makanan dari Lombok berikut ini sepertinya Anda akan bingung mau mencoba yang mana dulu. Berikut ini daftar makanan terlezat di Lombok yang belum tentu ada di daerah lain.

 

  1. Ayam Taliwang

Sebelum memperkenalkan makanan lain Anda perlu tahu dulu seperti apa itu ayam taliwang. Asal muasal ayam taliwang adalah berasal dari Kampung Taliwang di Sumbawa Barat, hanya saja Anda bisa menemukan banyak restoran ayam taliwang di daerah Lombok.

Alasan mengapa banyak wisatawan banyak membeli ayam taliwang adalah karena kaya akan bumbu. Adapun bahan pembuatannya adalah dari ayam muda yang bercampur dengan bawang, tomat, cabe, terasi, gula merah, kencur, dan perasan air jeruk limau.

Kemudian setelah semua bumbu menjadi satu dengan ayam, penjual akan membakarnya. Setelah matang Anda bisa langsung mencicipinya dan akan merasakan rasa smokey dan pedas yang bercampur menjadi satu.

Rata-rata harga ayam taliwang di Lombok adalah 35 ribu rupiah dan ada beberapa restoran yang bisa Anda kunjungi yaitu Moerad, Restoran Taliwang H., dan Taliwang khas Pak Udin.

 

  1. Sate Rembiga

Makanan khas daerah Lombok adalah sate rembiga yang tampilannya seperti sate pada umumnya. Sate rembiga sudah cukup populer di antara para wisatawan yang datang ke Lombok karena rasanya sangat lezat.

Sate yang bisa Anda dapatkan dengan harga 20 ribu ini terbuat dari daging sapi bumbu dengan campuran cabai, kemiri, ketumbar, asam jawa, terasi, dan gula merah. Agar kenyang, penjual biasanya menyajikan sate rembiga dengan satu mangkuk sup kaldu dan sebuah lontong. Lalu untuk rasanya bagaimana? Tentu saja sangat pedas dan lezat.

Beberapa rekomendasi restoran yang menyediakan sate rembiga adalah Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, Lesehan Sate Rembiga Lombok, dan Sate Rembiga Hj. Nafisah.

 

  1. Sate Bulayak

Sate bulayak juga tidak boleh Anda lewatkan karena rasanya cukup berbeda dengan sate rembiga. Adapun bahan pembuatan sate bulayak adalah daging samping yang langsung diguyur dengan bumbu kacang.

Kacang tersebut adalah jenis kacang tanah tumbuk pilihan dan tercampur dengan santan seperti kari. Campuran beberapa bahan makanan tersebut membuat sate bulayak memiliki rasa lezat namun harganya tetap murah yaitu 25 ribu rupiah.

Arti kata “bulayak” sendiri adalah lontong yang terbuat dari beras ketan khas masyarakat Lombok. Adapun yang membungkus bulayak adalah daun enau atau aren dengan cara memutar.

Rekomendasi tempat makan yang menjual sate bulayak di antaranya Warung Sate Bulayak Bu Aseh dan Sate Bulayak Suranadi.

 

  1. Sayur Ares

Pernahkah mendengar makanan khas Lombok bernama sayur ares? Sayur ares adalah makanan yang tidak hanya memanfaatkan batang bambu saja melainkan juga pelepah pisang. Pelepah pisang tersebut bisa berubah menjadi makanan enak di tengah masyarakat Lombok!

Memasak sayuran tersebut langsung dengan batang pisang muda dan santan bumbu merah serta ada tambahan berupa daging ayam atau tulang. Masyarakat setempat sering menyantap jukut ares (nama lain sayur ares) saat musim dingin agar tubuh menjadi hangat.

 

  1. Ayam Rarang

Sepertinya hampir semua makanan dari Lombok memiliki nama unik tidak terkecuali ayam rarang. Ayam rarang memiliki rasa pedas yang tidak kalah menggoda dari ayam taliwang. Ayam rarang menggunakan sambal goreng cabai rawit sehingga rasanya pedas luar biasa.

Sambal goreng cabai rawit tersebut sering menjadi bumbu plecing kangkung oleh masyarakat sekitar. Tampilan ayam rarang merah terang sehingga Anda pasti sudah tahu bagaimana pedasnya. Adapun ayam yang digunakan untuk memasak ayam rarang adalah jenis ayam kampung.

 

Baca Juga :   11 Makanan Khas Bekasi, Rasanya Seperti Pulang Kampung

 

  1. Plecing Kangkung

Makanan tradisional khas Lombok adalah plecing kangkung yang sudah sering Anda lihat di seluruh daerah di Indonesia. Salah satunya adalah di Bali yang juga terkenal dengan plecing kangkung lezat.

Plecing kangkung adalah makanan pedas yang memiliki keunikan yaitu penggunaan parutan kelapa dan tauge sebagai bahan utama masakan. Berbeda dengan plecing kangkung yang ada di Bali karena tidak harus menggunakan tauge dan parutan kelapa.

Plecing kangkung adalah menu yang pas untuk menemani ayam taliwang. Plecing kangkung terbuat dari sayuran segar yang kaya akan nutrisi, jadi Anda perlu mencobanya saat datang ke Lombok.

  1. Nasi Balap Puyung

Rekomendasi kuliner asli Lombok selanjutnya adalah nasi balap buyung yang tersaji dengan beberapa bahan seperti nasi, ayam goreng, abon suwir pedas, kacang kedelai goreng, kelapa parut, sambal, dan tumis sayur.

Tumis sayur yang digunakan untuk membuat nasi balap buyung adalah buncis atau kacang panjang. Nasi balap buyung adalah rekomendasi menu sarapan masyarakat Lombok yang juga cocok untuk pengganjal perut saat malam hari.

 

  1. Sambal Beberuk Terung

Sambal beberuk terung adalah makanan khas Lombok yang juga menggoda lidah. Sambal beberuk terung adalah makanan berupa sayuran, potongan terung bulat, sambal cabai, kacang panjang, dan tomat.

Adapun cara paling lezat untuk menikmati beberuk terung adalah bersamaan dengan ayam taliwang atau makanan laut lainnya. Anda juga bisa membawa sambal beberuk terung sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

 

  1. Sate Pusut

Sate adalah makanan yang banyak terjual di Lombok yang bisa dibilang mirip dengan sate lilit Bali. Perbedaan antara sate pusut khas Lombok dengan sate lilit di Bali adalah pada bumbu yang digunakan untuk membuat makanan tersebut.

Untuk sate lilit Bali menggunakan santan kelapa sedangkan sate pusut tidak. Bahan pembuatan sate pusut adalah dari daging ikan laut atau daging sapi pilihan. Biasanya warga Lombok menggunakan ikan tenggiri untuk membuat sate pusut.

Lalu bagaimana cara membuat sate pusut? Caranya adalah dengan mengiris tipis daging sapi lalu direndam selama beberapa waktu bersamaan dengan bumbu-bumbu rempah. Kalau sate pusut dari ikan cara membuatnya dengan menghaluskan ikan agar teksturnya berubah menjadi lembut.

 

  1. Bebalung

Bebalung juga bisa menjadi pilihan terbaik kalau ada sedang liburan ke Lombok. Bebalung diyakini sebagai makanan yang bisa menambah vitalitas dan tenaga karena arti dari “bebalung” adalah tenaga di Bahasa Sasak.

Bebalung adalah jenis makanan yang terbuat dari tulang iga sapi khas masyarakat Lombok Timur dan tampilannya tidak jauh berbeda dengan soto daging atau gulai. Ada juga pedagang yang menjual bebalung dari daging iga kerbau.

Anda wajib mencobanya selagi masih hangat karena rasanya akan bertambah lezat. Ada plecing, nasi putih, dan sambal yang akan menjadi teman menyantap bebalung.

 

Semua makanan khas Lombok adalah makanan yang memiliki nama dan bentuk unik sehingga Anda harus mencobanya. Harganya juga terjangkau, sangat pas untuk wisatawan low budget.

 

Baca Juga :   13 Makanan Khas Riau yang Rasanya Menggugah Selera

Share :

Baca Juga

apa itu pengolahan makanan

KULINER

Apa Itu Pengolahan Makanan? Ini Dia Penjelasannya Simakya
Angsle Ronde Terdekat di Kota Surabaya

KULINER

Angsle Ronde Terdekat di Kota Surabaya, Dijamin Enak
Makanan Dari Huruf F

KULINER

Tantangan Alfabet, Sebutkan Makanan Dari Huruf F!
ANEKA JAJANAN MALAM KEKINIAN

KULINER

Aneka Jajanan Malam Kekinian untuk Melepas Penat
Resep Sundubujiggae, Sup Tahu Ala Korea dan Pedas dan Nikmat

KULINER

Resep Sundubujiggae, Sup Tahu Ala Korea dan Pedas dan Nikmat
Wisata Kuliner Bandung Malam yang Wajib Di Coba (Traveloka)

KULINER

Wisata Kuliner Bandung Malam yang Wajib Di Coba
5 Rekomendasi Kuliner Jogja yang Rasanya Mantap

KULINER

5 Rekomendasi Kuliner Jogja yang Rasanya Mantap !!
9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi, Dijamin Sehat

KULINER

9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi Praktis, Cocok Untuk Diet