Home / KESEHATAN

Sabtu, 28 Januari 2023 - 10:18 WIB

5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah, Cocok Dikonsumsi !

- Penulis

5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah, Cocok Dikonsumsi !

5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah, Cocok Dikonsumsi !

Moccaapedia – Buah untuk Darah Rendah, Seseorang dikatakan mempunyai darah rendah jika tekanan darahnya berada di bawah angka 90/60. Ketika mengalami kondisi tersebut, pengidapnya akan merasa berkunang kunang dan pusing, bahkan bisa pingsan.

Guna menghindari kondisi tersebut, pemilik darah rendah perlu mengonsumi buah yang tinggi folat untuk menaikkan tekanan darah. Berikut buah untuk darah rendah yang direkomendasikan.

 

Baca Juga :   Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa 

 

Jenis Buah yang Cocok untuk Darah Rendah

 

  1. Buah Pisang

Pisang dikenal sebagai buah yang bergizi serta kaya akan vitamin dan mineral, terutama asam folat. Satu buah pisang dengan ukuran sedang saja sudah mengandung sebanyak kurang lebih 23,6 mcg folat.

Yang mana kandungan tersebut setara dengan 6% dari kebutuhan harian orang dewasa.Oleh karena itu, pisang dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi pengidap darah rendah.

Karena kandungan asam folatnya yang tinggi mampu membantu mengatasi darah rendah. Apalagi pilang punya banyak kandungan lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti vitamin B6 dan potasium yang juga dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah anda.

5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah, Cocok Dikonsumsi !

 

  1. Buah Semangka

Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab tekanan darah rendah atau hipotensi adalah dehidrasi. Sebab kadar air yang kurang akan mempengaruhi volume darah, yang kemudian menurunkan tekanannya hingga menjadi penyebab hipotensi.

Sehingga buah untuk darah rendah yang cocok yaitu jenis buah yang mengandung banyak air, contohnya semangka.

Semangka terkenal sebagai salah satu buah dengan kandungan air tinggi. Dalam 154 gram semangka bahkan mengandung sekitar 118 ml air atau setara dengan hampir setengah gelas.

Jadi anda yang punya masalah darah rendah bisa mengonsumsi semangka untuk membantu mencegah dehidrasi pada tubuh.

 

  1. Buah Stroberi

Stroberi termasuk buah yang mempunyai kandungan air tinggi, sekaligus mengandung asam folat. Sehingga buah ini tentu sangat cocok bagi penderita darah rendah.

Kandungan airnya yang tinggi akan mencegah tubuh anda mengalami dehidrasi. Terlebih sekitar 91% dari buah stroberi mengandung air yang melimpah.

 

Baca Juga :   5 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Kena Flu

 

Sedangkan kandungan asam folatnya yaitu antara 69-170 mcg dalam setiap 100 gram stroberi. Kandungan asam folat yang kaya tersebut akan membantu menaikkan tekanan darah.

Jadi anda dapat mengonsumsi jenis buah untuk darah rendah satu ini secara rutin. Beruntung, stroberi termasuk buah yang mudah tumbuh di Indonesia. Jadi saat sedang musim, sangat mudah menemukannya di jual di mana mana.

 

  1. Buah Bit

Bila dibandingkan dengan beberapa nama buah yang telah disebutkan, sebagian dari anda mungkin masih kurang familiar dengan buah bit. Buah untuk Darah Rendah

Buah yang masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya ini punya segudang manfaat. Salah satunya yaitu membantu mengatasi darah rendah.

Pasalnya buah bit diketahui mengandung asam folat yang tinggi. Anda bisa menemukan kandungan sekitar 148 mcg folat dalam 1 cangkir atau 136 gram buah bit.

Kebutuhan folat harian anda akan terpenuhi hingga 37% apabila mengonsumsi 1 cangkir buah bit tersebut. Di samping itu, buah bit memiliki banyak manfaat lainnya seperti meningkatkan kesehatan pencernaan sampai mencegah kanker.

 

  1. Buah Pepaya

Satu lagi jenis buah-buahan untuk darah rendah yang direkomendasikan, yakni pepaya. Buah ini juga termasuk mempunyai kandungan asam folat yang cukup tinggi. Dalam 1 cangkir atau sekitar 140 gram pepaya terkandung kurang lebih 53 mcg folat.

Sehingga anda pun dapat mengontrol tekanan darah dengan memenuhi kebutuhan folat harian melalui buah pepaya. Buah untuk Darah Rendah

Itu dia beberapa jenis buah yang cocok dikonsumsi untuk penderita darah rendah. Apabila anda mempunyai keluhan kesehatan lainnya, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Sebab beberapa kondisi mungkin membuat anda tidak dapat mengonsumsi buah tertentu.

 

Baca Juga :   Jangan Sepelekan! Berikut 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh

 

5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah yang Cocok Dikonsumsi

 

Share :

Baca Juga

masker wajah

KESEHATAN

5 Tips Perawatan Kulit Sehat dengan Masker Wajah
Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

KESEHATAN

Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya
14 Makanan untuk Darah Tinggi yang Menyehatkan

KESEHATAN

14 Makanan untuk Darah Tinggi yang Menyehatkan
Manfaat membaca buku untuk kesehatan fisik dan mental

KESEHATAN

Manfaat Membaca untuk Kesehatan, Baik Fisik atau Mental
Super Sehat, Ini Loh Manfaat Wortel Rebus Bagi Tubuh

KESEHATAN

Super Sehat, Ini Loh Manfaat Wortel Rebus Bagi Tubuh
Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba Biar Stay Strong Walau Udara Panas Dingin  

KESEHATAN

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba, Supaya Tetap Kuat
Pertolongan Pertama saat Asam Lambung

KESEHATAN

Sesak Napas? Ini Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik

KESEHATAN

Inilah Doa Minta Rezeki Tak Terduga dan Halal untuk Muslim