Home / KESEHATAN

Senin, 18 Desember 2023 - 21:03 WIB

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

- Penulis

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

Moccaapedia – Di era modernisasi peradaban 4.0 ini membuat orang perlu memerhatikan kesehatan mata agar terhindar dari debu dan kotoran berbahaya. Hal ini karena kesehatan organ mata dapat terganggu dari perangkat lunak.

Mengingat hampir semua aktivitas mengandalkan perangkat lunak seperti ponsel, mata adalah organ yang paling bekerja keras seharian. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatannya agar tetap berfungsi dengan baik.

 

Baca Juga :   8 Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan Ini

 

Menjaga Kesehatan Mata

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif
3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

 

Berhadapan dengan layar gadget terlalu lama tentu bukan hal baik bagi kesehatan mata. Akan ada banyak gangguan yang muncul apabila Anda tidak mengatur waktu dengan baik. Berikut ini langkah-langkah untuk menjaga kesehatan mata yang efektif.

 

  1.     Mengatur Pencahayaan di Ruangan Tempat Bekerja

Tips pertama adalah dengan mengatur pencahayaan di ruangan tempat Anda bekerja agar tidak merusak mata. Anda perlu mengatur perangkat teknologi yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Anda bisa mengatur pencahayaan agar tidak terlalu silau sehingga mata tampak nyaman memandangi ponsel atau laptop. Hal ini karena penggunaan cahaya yang terlalu terang dapat mengganggu penglihatan.

Kalau Anda membiarkan hal tersebut terjadi terus menerus apalagi jika jangka waktu lama, maka akan merusak kesehatan mata. Tidak hanya cahaya pada perangkat, namun Anda juga perlu menjaga cahaya ruangan agar tidak merusak mata.

Sebagian orang lebih suka melaksanakan aktivitas di sebelah televisi untuk menonton film dengan mematikan lampu. Jika mengalami gangguan mata maka gejala yang timbul adalah lelah, mata panas, dan pusing.

Karena itu, cahaya ruangan juga perlu diatur sedemikian rupa demi menjaga kenyamanan mata selama beraktivitas di depan perangkat elektronik.

 

  1.     Rajin Mengkonsumsi Sayuran dan Buah

Cara menjaga mata agar tetap sehat selain mengatur cahaya ruangan dan perangkat elektronik adalah rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Anda perlu menghindari beberapa makanan, namun Anda perlu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan kandungan nutrisi. Contohnya adalah mengkonsumsi tomat dengan kandungan vitamin C dan vitamin A secara rutin dan bisa dalam bentuk jus.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengkonsumsi buah alpukat yang memiliki kandungan Lutein dan baik untuk kesehatan mata. Selain itu, alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi degenerasi mata katarak serta macular.

Ada lagi buah lain yaitu pisang yang bermanfaat untuk mencegah mata agar tidak mengalami gangguan. Sedangkan untuk sayuran yang dapat Anda konsumsi adalah wortel dan brokoli yang bisa melindungi mata dari serangan sinar UV.

Wortel juga termasuk jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti B6, C, kalsium, kalium, fosfor, serat, dan beta karoten. Anda bisa menjadikannya dalam bentuk jus tanpa es agar manfaatnya tetap terasa.

 

Baca Juga :   Apa itu Sinus? Jenis-jenis dan Fungsi Pentingnya Bagi Manusia

 

  1.     Memeriksa Mata Secara Rutin

Menyehatkan mata juga bisa dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Langkah awal untuk memeriksa kesehatan mata adalah dengan langsung membawanya ke dokter mata. Anda bisa memeriksakan kondisi mata selama 12 atau 6 bulan sekali.

Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan informasi mengenai gangguan yang terjadi pada mata karena ada perbedaan tertentu dengan mata rusak. Kalau mata sehat benar-benar putih di bagian sclera dan warna pupilnya juga tampak jernih.

Begitu pula dengan dua bagian lain seperti selaput bening dan kornea pada mata. Kalau Anda melihat warna mata berbeda maka bisa saja ada gangguan.

 

Berbagai tips kesehatan mata bisa Anda lakukan mulai dari mengatur pencahayaan ruangan, mengkonsumsi buah dan sayur, serta melakukan pemeriksaan rutin.

Baca Juga :   Tips Atur Minum Air Putih Saat Puasa agar Kebutuhan Tetap Terpenuhi

Share :

Baca Juga

4 Tips Menjaga Kesehatan Lingkungan untuk Jangka Panjang

KESEHATAN

4 Tips Menjaga Kesehatan Lingkungan untuk Jangka Panjang
Cara Meratakan Gigi Gingsul dan Bahanyanya Bagi Kesehatan

KESEHATAN

Cara Meratakan Gigi Gingsul dan Bahanyanya Bagi Kesehatan
5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

KESEHATAN

5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi
7 Jenis Tanaman Obat yang Kaya Akan Manfaat

KESEHATAN

7 Jenis Tanaman Obat yang Kaya Akan Manfaat
7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala

KESEHATAN

7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala
Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

KESEHATAN

5 Layanan Kesehatan dan Jenis Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS
Apa itu Sinus Jenis-jenis dan Fungsi Pentingnya Bagi Manusia

KESEHATAN

Apa itu Sinus? Jenis-jenis dan Fungsi Pentingnya Bagi Manusia
5 Olahraga Menaikkan Berat Badan Paling Efektif

KESEHATAN

4 Olahraga Menaikkan Berat Badan Paling Efektif