Home / KESEHATAN

Sabtu, 22 April 2023 - 18:37 WIB

Mengetahui Titik Umum Akupuntur Untuk Asam Lambung Serta Manfaatnya!

- Penulis

Mengetahui Titik Umum Akupuntur Untuk Asam Lambung Serta Manfaatnya!

Mengetahui Titik Umum Akupuntur Untuk Asam Lambung Serta Manfaatnya!

Moccaapedia – Asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Gejala yang ditimbulkan, seperti rasa sakit atau tidak nyaman di perut, bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Cara Akupuntur unutk asam lambung

Akupuntur adalah salah satu alternatif pengobatan yang semakin populer untuk mengatasi masalah asam lambung. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang akupuntur untuk asam lambung, bagaimana cara kerjanya, manfaatnya, serta risiko dan pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum mencoba terapi ini.

 

Baca Juga :   5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Manusia

 

Apa itu Akupuntur?

Akupuntur adalah salah satu bentuk pengobatan tradisional China yang telah dipraktikkan selama ribuan tahun. Terapi ini melibatkan penggunaan jarum yang sangat tipis untuk menstimulasi titik-titik tertentu pada tubuh yang terletak di sepanjang jalur meridian.

Akupuntur Asam Lambung – Meridian sendiri adalah jaringan energi yang mengalir di dalam tubuh dan dikaitkan dengan organ-organ dan sistem fisiologis tertentu, agar badan lebih sehat.

Akupuntur Asam Lambung

 

Cara Kerja Akupuntur untuk Asam Lambung

Pada akupuntur untuk asam lambung, terapis akan menstimulasi titik-titik akupunktur yang terkait dengan organ-organ yang terlibat dalam produksi asam lambung, seperti lambung, pankreas, dan usus.

Hal ini dapat membantu meningkatkan aliran darah dan sirkulasi energi di area tersebut, serta merangsang tubuh untuk memproduksi zat-zat yang membantu mengurangi produksi asam lambung.

Beberapa titik Akupuntur Asam Lambung yang umumnya digunakan untuk mengobati asam lambung adalah:

  1. Zhongwan (Ren-12) – titik di tengah-tengah perut yang terletak di atas pusar. Titik ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan memperbaiki fungsi pencernaan.
  2. Neiguan (PC-6) – titik di pergelangan tangan, sekitar dua jari di atas pergelangan tangan. Titik ini dikaitkan dengan organ-organ yang terlibat dalam produksi asam lambung dan dapat membantu meredakan mual dan muntah.
  3. Zusanli (ST-36) – titik di bagian bawah lutut, sekitar satu jari di bawah tulang lutut. Titik ini dapat membantu meningkatkan energi dan kekuatan tubuh, serta meningkatkan fungsi pencernaan.

 

Baca Juga :   Beda Anak Speech Delay dan Autis, Orang Tua Wajib Tahu!

 

Manfaat Akupuntur untuk Asam Lambung

Asam Lambung

Beberapa manfaat dari akupuntur untuk asam lambung adalah:

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan – Terapi akupunktur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan energi di organ-organ pencernaan, sehingga membantu mengurangi produksi asam lambung dan meningkatkan fungsi pencernaan secara keseluruhan.
  2. Meredakan gejala asam lambung – Akupuntur dapat membantu meredakan rasa sakit, mual, dan muntah yang seringkali terkait dengan asam lambung.
  3. Meningkatkan kualitas tidur – Beberapa studi menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga memberikan dampak positif bagi kesehatan secara keseluruhan.
  4. Mengurangi stres dan kecemasan – Terapi akupunktur dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang seringkali menjadi faktor pemicu asam lambung.
  5. Alternatif pengobatan yang aman dan non-invasif – Akupuntur tidak melibatkan penggunaan obat-obatan atau prosedur invasif, sehingga risiko efek samping yang berbahaya dapat dikurangi.

 

Risiko dan Pertimbangan

Meskipun akupuntur dianggap sebagai terapi yang relatif aman, ada beberapa risiko dan pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum mencoba terapi ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Efek samping – Meskipun jarum akupunktur yang digunakan sangat tipis, ada kemungkinan terjadinya efek samping seperti rasa sakit atau memar di area yang ditusuk. Selain itu, terdapat juga risiko infeksi jika jarum yang digunakan tidak steril.

 

  • Kontraindikasi – Terdapat beberapa kondisi medis tertentu yang dapat menjadi kontraindikasi bagi terapi akupunktur, seperti kondisi perdarahan atau penggunaan obat pengencer darah.

 

  • Pengalaman terapis – Penting untuk memilih terapis akupunktur yang berpengalaman dan terlatih secara profesional, untuk meminimalkan risiko efek samping dan memastikan hasil terapi yang maksimal.

 

Akupuntur dapat menjadi alternatif pengobatan yang efektif untuk mengatasi masalah asam lambung. Terapi ini bekerja dengan menstimulasi titik-titik akupunktur tertentu pada tubuh untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan energi, serta mengurangi produksi asam lambung.

Namun, sebelum mencoba terapi akupunktur, penting untuk memperhatikan risiko dan pertimbangan yang terkait dengan terapi ini. Memilih terapis akupunktur yang berpengalaman dan terlatih secara profesional juga sangat penting untuk memastikan keamanan dan efektivitas terapi ini.

 

Baca Juga :   5 Masalah Kesehatan Saat Puasa Sering Terjadi Ini Solusinya

 

Referensi:

“Acupuncture for Acid Reflux.” Healthline, healthline.com

“Acupuncture for GERD.” Medical News Today, medicalnewstoday.com

“Acupuncture for Heartburn.” Verywell Health, verywellhealth.com

Share :

Baca Juga

Apa itu Sinus Jenis-jenis dan Fungsi Pentingnya Bagi Manusia

KESEHATAN

Apa itu Sinus? Jenis-jenis dan Fungsi Pentingnya Bagi Manusia
Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan

KESEHATAN

Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan
5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

KESEHATAN

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi
Obat Luka Bakar Alami Agar Cepat Pulih

KESEHATAN

Obat Luka Bakar Alami Agar Cepat Pulih
Jadwal MPASI 6 Bulan dr Tiwi Sebagai Referensi

KESEHATAN

Jadwal MPASI 6 Bulan dr Tiwi Sebagai Referensi
Novel Santri Pilihan Bunda PDF

KESEHATAN

Novel Santri Pilihan Bunda PDF Novel Wattpad Terpopuler
15 Jenis Cairan Infus dan Fungsinya dalam Bidang Kesehatan

KESEHATAN

15 Jenis Cairan Infus dan Fungsinya dalam Bidang Kesehatan
Ciri Madu Bajakah Borneo Asli

KESEHATAN

Wajib Tahu, Ciri Madu Bajakah Borneo Asli Biar Tidak Tertipu